Reviews

Konsumsi BBM Daihatsu Sigra, Irit Apa Boros Sih?

Banyak pertanyaan yang masuk ke email redaksi Carmudi, “Konsumsi BBM Sigra itu boros atau tidak, ya?”

Pertanyaan seperti itu membuat kami memutuskan untuk membuat review-nya.

Sebelum menghakimi soal irit-boros konsumsi BBM Daihatsu Sigra, coba kita lihat dulu data tes yang sudah kami lakukan.

Spesifikasi Mesin Daihatsu Sigra

Sebelum ke data konsumsi BBM mobil Daihatsu Sigra, ketahui dulu spesifikasi mesinnya. Daihatsu menawarkan dua pilihan mesin Sigra kepada konsumen di Indonesia.

Pertama ada mesin berkode 1KR-VE dengan kapasitas 998 cc, 3 silinder segaris, DOHC, VVT-i. Tenaga yang dihasilkan mencapai 66 hp @6.000 rpm dengan torsi maksimal di angka 89 Nm @4.400 rpm.

Pastinya tenaga tersebut disalurkan ke roda depan menggunakan transmisi manual 5 percepatan. Ingat, Sigra dengan tipe 1.0 seluruhnya hanya ada transmisi manual saja.

Harga Daihatsu Sigra konsumsi bbm sigra irit apa boros?

Harga Daihatsu Sigra mulai dari Rp120 juta (Foto: Daihatsu)

Spesifikasi Mesin Daihatsu Sigra 1.0

Kode mesin1KR-VE
Jenis mesin 3 silinder sejajar
Kapasitas 998 cc
Teknologi mesin DOHC, VVT-i
Tenaga 66 hp @6.000 rpm
Torsi 89 Nm @4.400 rpm
Transmisi Manual 5 percepatan

Untuk pilihan kedua ada mesin berkode 3NR-VE dengan kapasitas 1.197 cc, 4 silinder, DOHC, VVT-i. Tenaganya mencapai 87 hp @6.000 rpm dengan torsi maksimal 108 Nm @4.200 rpm.

Transmisi yang ditawarkan untuk mesin ini ada dua jenis; manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan.

Keduanya sama-sama menggunakan model penggerak roda depan. Sehingga sangat disarankan untuk lebih berhati-hati dalam melahap jalan saat berkendara.

konsumsi bbm sigra irit apa boros?

Jumlah tipe yang beragam ini menjadi keunggulan tersendiri dari Daihatsu Sigra. (Foto: Daihatsu)

Spesifikasi Mesin Daihatsu Sigra 1.2

Kode mesin3NR-VE
Jenis mesin4 silinder sejajar
Kapasitas 1.197 cc
Teknologi mesinDOHC, VVT-i
Tenaga 87 hp @6.000 rpm
Torsi 108 Nm @4.200 rpm
Transmisi Manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan

Konsumsi BBM Daihatsu Sigra, Irit Apa Boros?

Dari kedua mesin, di atas kertas memang varian dengan mesin 1.2 lebih dipilih oleh kebanyakan konsumen Tanah Air. Kapasitas mesin yang lebih besar membuat performanya juga jauh lebih baik.

Bagi kami pribadi, konsumsi BBM Sigra ini cukup irit dan bisa dibilang tidak ada boros-borosnya. Hanya saja tidak semua orang menilai dari kacamata yang sama.

Ada sebagian orang yang menilai jika konsumsi mobil dengan kapasitas 7 penumpang ini malah boros.

Lalu, berdasarkan apa Carmudi menilai Daihatsu Sigra adalah mobil yang irit?

Sigra Mobil Terlaris konsumsi bbm sigra irit apa boros?

Sigra berada di posisi kedua sebagai mobil Daihatsu terlaris sepanjang kuartal 1 2021 (Foto: Carmudi)

Pada saat PT Astra Daihatsu Motor (ADM) meluncurkan Daihatsu Sigra facelift, Carmudi mendapatkan kesempatan test drive di kawasan Bandung, Jawa Barat.

Rute yang dilalui terbilang cukup layak untuk menguji konsumsi BBM sebab melewati tanjakan terjal, tikungan, dan turunan tajam di kawasan Cikole dan Lembang.

Kami pun cukup yakin untuk menilai konsumsi BBM Sigra di kawasan tersebut. Berdasarkan pengetesan, konsumsi BBM yang bisa dicatatkan oleh Sigra ada di angka 1:14 km/liter.

Dengan catatan, mobil yang kami kendarai saat itu diisi dengan kapasitas empat orang saja. Gaya mengemudinya pun terbilang kombinasi. Mulai dari ECO hingga urakan (agak sedikit mengebut) ketika memasuki area Lembang yang dipenuhi dengan tanjakan.

Irit Walau Dipakai Nanjak

Kami pun sesekali dihadapkan dengan tanjakan yang amat terjal. Di titik ini kami berusaha mematahkan stigma mobil berpenggerak roda depan yang kerap tak kuat menanjak. Buktinya saya bisa dengan mudah menanjak tanpa halangan.

Penjualan Daihatsu Sigra konsumsi bbm sigra irit apa boros?

Penjualan Daihatsu Sigra menduduki posisi teratas (Foto: Carmudi)

Untuk melewati tanjakan terjal memang harus dibutuhkan skill berkendara. Salah satunya adalah tahu kapan waktunya memindahkan gigi dari D menuju 2 atau 1. Hal tersebut agar mobil tidak kehilangan momentum saat menanjak.

Angka konsumsi BBM Sigra yang ada di 1:14 km/liter ini menurut kami sangat irit dan tidak boros sama sekali. Justru kami amat heran bagi sebagian orang yang menilai kendaraan ini boros.

Cara Berkendara Irit BBM

Mungkin masih banyak orang yang belum tahu tentang cara berkendara yang irit BBM. Sebenarnya caranya cukup mudah jika Carmudian sabar.

Ya, kuncinya hanya sabar. Berkendara yang irit BBM memang amat susah dipraktikkan. Bahkan bagi mereka yang setiap hari menyetir pun belum tentu terbiasa.

Mesin New Daihatsu Sigra tak mengalami ubahan apapun

Mesin New Daihatsu Sigra tak mengalami ubahan apapun

Untuk mendapatkan konsumsi BBM Sigra yang irit, harus berkendara dengan gaya ECO driving. Kami tak henti-hentinya memberikan cara dan rahasia agar konsumsi BBM ini tak boros bahan bakar.

  • Tidak menginjak gas lebih dari 2 ribu rpm
  • Menggunakan bahan bakar sesuai yang dibutuhkan
  • Mengganti gigi sesuai dengan kecepatan
  • Tidak membiarkan mesin meraung
  • Selalu menjaga tekanan angin yang sesuai

Beberapa poin di atas sangat wajib diikuti bagi mereka yang ingin mencoba berkendara irit bahan bakar. Usahakan tidak ada satu poin pun yang dilewatkan, sehingga mobil bisa irit maksimal.

Terkadang poin kedua merupakan poin yang paling sering dilanggar. Banyak orang tidak mengisi bahan bakar yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan mobil.

Misalnya mobil membutuhkan bahan bakar dengan oktan minimal 90 atau 92. Tetapi pemilik mobil mengisi bahan bakar dengan oktan di bawah 92.

Sehingga pembakaran pada mesin menjadi kurang sempurna. Konsumsi BBM nya pun jelas bisa tak sebaik ketika menggunakan bahan bakar yang sesuai anjuran.

Penyebab Konsumsi BBM Sigra Boros

Selain poin kedua di atas, ada beberapa poin yang juga berpengaruh terhadap borosnya bahan bakar. Apa saja hal yang menjadi penyebab konsumsi BBM menjadi boros?

Jarang Servis

Mobil yang jarang diservis biasanya punya konsumsi BBM yang lebih boros. Sebab mobil tersebut kurang terawat dari segi mesin.

Daihatsu Servis

Manjakan Konsumen Daihatsu Berikan Servis Gratis untuk 990 Mobil. Foto/Carmudi Indonesia.

Padahal servis mobil sebenarnya punya banyak manfaat. Yang pertama adalah membersihkan komponen mesin dari kotoran.

Misalnya filter udara, busi, oli mesin diganti sesuai waktunya dan pembersihan filter bensin. Beberapa komponen tersebut biasanya dibersihkan ketika sedang melakukan servis.

Gaya Berkendara

Gaya berkendara setiap orang amatlah berbeda. Bahkan antara Carmudian dengan saya pun belum tentu sama walaupun jarak tempuhnya sama, rutenya sama dan jam berkendaranya sama.

Performa Mobil

Gunakan teknik mengemudi eco driving agar performa mobil tetap prima (Foto: ADM)

Intinya untuk mendapatkan gaya berkendara yang irit BBM dibutuhkan adaptasi yang tak sebentar. Memang ada sebagian orang yang bisa langsung mengadopsi gaya berkendara ECO.

Tetapi tidak semua orang bisa dengan hal tersebut. Setiap orang sudah punya gaya berkendara berbeda-beda tanpa disadari.

Kesimpulan

Pertanyaan seperti konsumsi BBM Sigra itu irit apa boros menurut kami cukup relatif. Level boros bagi setiap orang berbeda-beda.

Ada yang menyebut angka konsumsi BBM di 1:10 sampai 1:12 itu boros. Ada juga yang menyebut jika konsumsi BBM di angka 1:10 hingga 1:12 itu sangat irit.

Namun bagi kami pribadi, Daihatsu Sigra ini merupakan mobil yang amat irit. Bahkan untuk dijadikan mobil harian pun rasanya mobil ini tak ada boros-borosnya.

Kami setuju jika Sigra punya konsumsi BBM yang irit, bukan boros. Kalau menurut Carmudian, definisi boros itu yang angka konsumsi BBM-nya berapa, ya?

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *