Reviews

Konsumsi BBM Honda BR-V, Agresif Tapi Bisa Sampai 21 Km Per Liter

konsumsi bbm honda br-v

Jakarta – Layaknya sebuah mobil hasil produksi pabrikan asal Jepang terutama Honda, BR-V punya konsumsi BBM yang terbilang sangat irit. Di tengah persaingan low SUV yang naik daun, efisiensi bahan bakar pun menjadi senjata Honda BR-V untuk menarik minat masyarakat.

Selain konsumsi BBM Honda BR-V yang irit, ternyata mobil ini juga punya performa oke. Kami setuju kalau Honda BR-V punya performa yang cukup baik diantara para pesaing di kelasnya.

Honda BR-V tak sendirian, beberapa lawannya di kelasnya yaitu Daihatsu Terios, Toyota Rush, Mitsubishi Xpander Cross dan Suzuki XL7.

Bagi sebagian orang, Honda BR-V sebenarnya adalah sebuah LMPV yang dibuat bergaya SUV. Ada benarnya juga sih orang yang berkata demikian. Karena basis yang digunakan oleh Honda BR-V memang memakai basis dari Honda Mobilio.

konsumsi bbm honda br-v

New Honda BR-V

Kembali kepada bahasan utama. Bagaimana konsumsi BBM Honda BR-V ini? Apakah sebaik Honda Mobilio atau malah lebih boros?

Bahasan ini cukup menarik apalagi buat mereka yang baru mau membeli Honda BR-V.

Reviewer dan test driver kami, Fransisus Rosano setuju kalau mobil ini punya karakter mesin yang agresif. Tapi, yang hebatnya konsumsi BBM-nya irit banget. Bahkan melebihi LCGC.

Mesin Honda BR-V

Soal dapur pacu, Honda BR-V memakai mesin berkode L15 berkapasitas 1.497 cc, 4 silinder, SOHC, i-Vtec bertenaga 120 hp dengan torsi maksimal 145 Nm.

Buat pilihan transmisinya ada 2 pilihan, nih; manual 5 percepatan dan otomatis CVT. Harga yang ditawarkan buat Honda BR-V ini mulai dari Rp248 juta sampai Rp291 jutaan.

Kalau kalian pikir tenaga mobil ini kurang, coba dulu lihat data tes yang sudah kami lakukan. Berdasarkan pengujian, mobil ini punya karakter mesin yang cukup agresif.

Jadi lumayan cocok buat mereka yang suka sedikit ugal-ugalan karena mesinnya cukup responsif di beberapa putaran mesin.

konsumsi bbm honda br-v

Mesin Mobilio. (Foto: Carmudi Indonesia/Dony).

Berdasarkan data pengujian, Honda BR-V sanggup melesat dari 0 sampai 60 km per jam dalam waktu 5,3 detik. Sedangkan 0 sampai 100 km per jam dapat dicetak dalam waktu 11,5 detik.

Sedangkan pas lagi jalan santai 40 km per jam lalu di-kick down menuju 80 km per jam bisa diraih dalam waktu 4,9 detik. Angka ini lumayan bagus banget buat sebuah LSUV.

Performa sprint jarak jauh dari 0 sampai 402 meter bisa ditempuh dalam waktu 18,2 detik. Data performa ini kami dapatkan di lokasi yang sudah disiapkan dengan pencatatan yang akurat.

Walaupun karakter mesinnya lumayan agresif, bukan berarti konsumsi BBM Honda BR-V ini boros padahal bisa dibilang lebih baik dibanding LCGC.

Konsumsi BBM Honda BR-V

Terus gimana soal konsumsi BBM-nya? Oh iya, sampai lupa.

Kebetulan unit yang kita pakai test adalah Honda BR-V tipe Prestige CVT yang jadi varian tertingginya.

Buat dipakai di dalam kota, konsumsi BBM mobil ini lumayan oke, yah. Tapi harus ingat, kalau konsumsi BBM mau bagus pastiin kalian bisa berkendara ECO driving dan pakai bahan bakar oktan bagus.

Kedua hal tersebut berpengaruh banget sama konsumsi BBM. Nah, di dalam kota sendiri kita mencatatkan angka konsumsi BBM di 1:13 km per liter.

konsumsi bbm Honda BR-V

New Honda BR-V

Jarak perjalanan selama pengujian ini mencapai 400 km. Perpaduan tipe jalannya pun dicampur antara rute kombinasi dalam kota, tol, macet, idle, dan tes akselerasi.

Angka ini masih lumayan okelah buat mobil yang bakalan dipakai harian kena macet Jakarta.

Yang lebih bikin melongo lagi, konsumsi BBM Honda BR-V pas dipakai ECO driving ternyata jauh lebih irit lagi.

Kita bisa mencatatkan angka di atas 20 km per liter buat gaya berkendara ECO driving. Lebih tepatnya kita dapat angka 1:21 km per liter buat jarak 40 km selama berkendara ECO driving.

konsumsi bbm honda br-v

Tapi kalau mobilnya memang dasarnya irit kalau ditambah pengemudinya yang irit pasti bakalan jadi tambah irit. Makanya, gaya berkendara itu berpengaruh banget ke konsumsi bahan bakar.

So, jangan pelit-pelit deh buat isi bahan bakar berkualitas di mobil kesayangan kalau mau irit. Oktan yang sesuai bisa ngebuat mobil jadi bertenaga, dan pastinya jadi lebih irit.

Modal Honda BR-V Menggaet Konsumen

Kadang suka muncul pertanyaan kayak begini: ”Apa, sih, modal BR-V buat menggaet konsumen?”

Salah satu yang jadi jawaban adalah ground clearance yang tinggi. Sudah bukan rahasia lagi kalau orang Indonesia suka sama mobil yang bisa dibawa ke mana aja dan kapan aja.

Apalagi kalau mobil itu bisa muat kapasitas penumpangnya juga banyak. Dan yang paling penting, mobilnya harus irit.

Terus, Honda BR-V punya semua hal itu enggak? Jawabannya jelas punya dong. Ground clearance mobil ini mencapai 201 mm, artinya lumayan tinggi.

New Honda BR-V

New Honda BR-V

Ground clearance ini cuma beda sedikit dibanding Xpander Cross yang punya ground clearance tertinggi di kelas LSUV yang mencapai 205 mm.

Kapasitas penumpang mobil ini 7 orang, sama lah kayak Honda Mobilio. Soal konsumsi bahan bakar, hasil data di atas sudah menjawab. Jadi mobil ini emang irit banget.

Karakter mesinnya lemot? Eits, jangan salah. Honda BR-V ini punya performa mesin terbaik di antara para kompetitor di kelasnya. Jadi kalian enggak bisa sepelein begitu aja.

Kesimpulan

Buat dipakai di dalam kota, Honda BR-V punya konsumsi BBM yang bagus.

Tapi semuanya akan kembali ke beberapa faktor seperti pakai konsumsi BBM yang sesuai apa tidak, apa gaya berkendaranya sudah ECO, atau mobilnya selalu dipakai buat ngebut atau tidak?

Beberapa aspek ini sangat berpengaruh kepada konsumsi BBM Honda BR-V. Kalau tidak percaya, coba aja dibuktikan pakai bahan bakar dengan oktan bagus dan berkendara ECO driving.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga: Harga Mitsubishi Xpander Cross Vs Low SUV, Mana yang Paling Ekonomis?

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts