Mobil

Konsumsi BBM Honda BR-V Gen 2 Lebih Irit 3%

Jakarta – Terlepas dari penampilannya yang berubah menjadi lebih elegan, All New Honda BR-V juga siap menjadi pilihan kendaraan yang ekonomis. Konsumsi BBM Honda BR-V gen 2 disebut lebih irit dibandingkan pendahulunya.

Konsumsi BBM Honda BR-V Gen 2

(Foto: Honda)

Hal ini tak lepas dari penggunaan mesin baru pada Low Sport Utility Vehicle (LSUV) tersebut. Kini, All New Honda BR-V menggunakan mesin 1.500 cc yang mengadopsi teknologi DOHC. Berbeda dengan generasi sebelumnya yang masih SOHC.

Mesin pada generasi terbaru ini identik dengan sumber tenaga yang menempel di City Hatchback. Hal itu terbukti dari tenaga dan torsi puncaknya yang sama-sama berada di angka 119,3 hp (121 ps) serta 145 Nm.

Menurut lembar spesifikasinya, performa Honda BR-V gen 2 juga sedikit lebih tinggi dibandingkan pendahulunya yang memiliki tenaga maksimum 118 hp (120 ps).

Tak ketinggalan, mesin Honda BR-V terbaru telah memenuhi standar Euro 4.

Mesin All New Honda BR-V

(Foto: Honda)

Perkiraan Konsumsi BBM All New Honda BR-V

Mengingat mobil ini membawa nilai-nilai Multi Purpose Vehicle (MPV) maka konsumsi bahan bakar juga menjadi perhatian dalam pengembangannya.

Dalam keterangan resmi yang diberikan PT Honda Prospect Motor (HPM), disebutkan konsumsi BBM Honda BR-V gen 2 bakal lebih irit sekitar 3%.

Pada Oktober 2020 lalu Carmudi sempat melakukan test drive Honda BR-V Prestige CVT (gen 1). Dari hasil pengetesan itu diketahui mobil tersebut memiliki konsumsi bahan bakar 13 km/l untuk rute kombinasi dan 21 km/l ketika dikendarai dengan gaya eco driving.

Honda BR-V Gen 1

Honda BR-V Gen 1 pada sesi pengetesan. (Foto: Carmudi)

Hasil pengetesan tersebut dapat dijadikan landasan untuk mengetahui kisaran konsumsi BBM Honda BR-V gen 2.

Berdasarkan klaim peningkatan tingkat efisiensi 3% maka perkiraan konsumsi BBM BR-V gen 2 ialah 13,39 km/l untuk rute kombinasi dan 21,63 km/l pada penerapan gaya berkendara eco driving.

Namun, itu semua hanya perhitungan di atas kertas. Angka sesungguhnya akan dibuktikan ketika kesempatan mencoba langsung Honda BR-V gen 2 tiba waktunya nanti.

Performa mobil ini memang memancing rasa penasaran. Pasalnya bukan hanya mesin yang baru, melainkan juga transmisi CVT-nya. Dalam hal ini, sistem transmisi dirancang lebih minim gesekan yang pada akhirnya diharapkan turut membantu mobil menjadi lebih irit.

Baca Juga:

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts