Konsumsi BBM Honda City Hatchback RS Bikin Penasaran, Lebih Irit dari Jazz?
Setelah resmi meluncur pada awal Maret lalu, Honda City Hatchback RS masih menawarkan rasa penasaran. Tak terkecuali untuk tingkat efisiensi bahan bakarnya. Apakah konsumsi BBM Honda City Hatchback RS bisa lebih irit dibanding Jazz?
Bukan hal mudah untuk mendapat jawabannya lantaran populasi mobil ini di jalan raya masih sangat terbatas.
Di satu sisi PT Honda Prospect Motor (HPM) selaku agen pemegang merek memang sudah mulai mendistribusikannya ke tangan konsumen. Menurut informasi, sampai pada awal April ini PT HPM telah menerima sekitar 800 pemesanan.
Honda City Hatchback RS sendiri hadir ke tengah-tengah konsumen Tanah Air untuk menggantikan posisi Honda Jazz yang sudah mengaspal sejak 2003.
Hal ini membuat Honda City Hatchback RS memiliki tugas yang cukup berat. Pasalnya dengan begitu mobil ini harus bisa memenuhi segala ekspektasi konsumen terhadap model yang digusurnya. Bahkan kalau perlu menjadi yang lebih baik.
Untuk beberapa aspek Honda City Hatchback RS memang sudah terbukti unggul. Sebut saja untuk fitur-fitur yang dimilikinya. Sebagai contoh produsen membekali mobil ini dengan remote engine start.
Dengan fitur ini pengguna bisa menyalakan mesin mobil hanya dengan menekan tombol yang terdapat di remote. Tak semua mobil Honda memiliki fitur ini. Selain City Hatchback RS, konsumen hanya bisa mendapatkannya di Accord, Civic, dan CR-V.
Fitur itu memang cukup keren karena membuat mobil jadi terkesan lebih canggih.
Walaupun tak ada hubungannya dengan performa yang bagi sebagian orang menjadi faktor prioritas dalam memilih kendaraan. Maksudnya performa bukan hanya soal tenaga yang bisa dihasilkan.
Karena pada praktiknya tingkat konsumsi bahan bakar juga sering menjadi penilaian apakah sebuah mobil layak dibeli atau tidak.
Isi Konten
Mesin Honda City Hatchback RS Vs. Honda Jazz
Konsumsi BBM Honda City Hatchback RS nantinya tentu tak akan lepas dari mesin yang digunakan.
Untuk hal ini konsumen Indonesia mendapat sumber tenaga yang berbeda dari mobil sejenis di negara lain. Seperti diketahui mobil ini juga dipasarkan di Thailand. Di sana produsen membekalinya dengan mesin 1.000 cc 3-silinder VTEC Turbo DOHC.
Faktanya, Honda City Hatchback RS lebih dulu meluncur di Negeri Gajah Putih tepatnya pada November 2020. Dengan begitu wajar jika konsumen Tanah Air juga mengira akan mendapat mesin yang sama.
Tapi sayangnya hal itu sebatas harapan. Alih-alih menggunakan mesin turbo yang juga sudah memenuhi standar Euro 5, model yang dipasarkan di Indonesia menggunakan mesin 1.500 cc naturally aspirated alias non turbo.
Mesin tersebut menggunakan konfigurasi 4-silinder yang diposisikan sejajar. Pada titik ini nampak mesin yang digunakan tak jauh berbeda dengan Jazz GK sebagai model yang terakhir dipasarkan di Indonesia.
Tapi untuk lebih detailnya mari kita lihat lebih dalam.
Mesin Honda Jazz GK (L15A)
Honda Jazz GK yang diperkenalkan sejak 2014 menggunakan mesin berkode L15A. Memiliki 4-silinder, ruang bakarnya punya kapasitas 1.497 cc. Kemudian untuk tenaga tertinggi ada di angka 118 Hp @ 6.600 rpm dan torsi 145 Nm @ 4.800.
Mesin ini sudah mengadopsi teknologi katup variabel i-VTEC. Hanya saja masih menggunakan Single Over Head Camshaft (SOHC). Itu berarti mesin hanya dilengkapi satu camshaft atau noken as untuk mengatur katup masuk (intake) dan pembuangan (exhaust).
Teorinya mesin semacam ini bisa lebih irit bahan bakar. Selain itu perawatannya juga lebih mudah karena jumlah komponen tak sebanyak mesin Double Over Head Camshaft (DOHC).
Mesin Honda City Hatchback RS (L15ZF)
Di lain sisi, Honda City Hatchback RS juga menggunakan mesin seri L milik Honda tepatnya L15ZF. Honda mengaku mesin ini dikembangkan khusus untuk menjadi sumber tenaga City Hatchback RS.
Sama seperti milik Honda Jazz, mesin ini juga menggunakan konfigurasi 4-silinder dengan kapasitas 1.498 cc. Sementara itu tenaganya unggul tipis dengan figur 119 Hp @ 6.600 rpm dan torsi 145 Nm @ 4.300 rpm.
Di atas kertas output tersebut tak jauh berbeda dengan milik Honda Jazz. Tenaga Honda City Hatchback RS hanya unggul 1 Hp. Torsinya pun setara tapi milik Honda City Hatchback RS dicapai pada putaran mesin yang lebih rendah.
Tapi satu hal yang membuat mesin Honda City Hatchback RS istimewa ialah penggunaan teknologi Double Over Head Camshaft (DOHC). Dengan begitu mesin memiliki dua buah noken as yang masing-masing berguna mengatur katup intake dan exhaust.
Sudah bukan rahasia, mesin DOHC dikenal lebih bertenaga dibanding SOHC. Tapi di sisi lain Honda meracik mesin ini tetap irit bahan bakar sehingga konsumsi BBM Honda City Hatchback RS diklaim 3% lebih hemat dibanding Jazz.
Honda Jazz | Honda City HB RS | |
Mesin | L15A 4-silinder i-VTEC SOHC | L15ZF 4-silinder i-VTEC DOHC |
Kapasitas | 1.497 cc | 1.498 cc |
Tenaga | 118 Hp @ 6.600 rpm | 119 Hp @ 6.600 rpm |
Torsi | 145 Nm @ 4.800 | 145 Nm @ 4.300 rpm |
Konsumsi BBM Honda City Hatchback RS
Mesti diakui Carmudi masih menunggu kesempatan mencoba mobil ini guna melakukan pengetesan langsung konsumsi BBM Honda City Hatchback RS yang secara spesifik dipasarkan di Indonesia.
Tapi sebagai gambaran kasar, Carmudian bisa menengok data konsumsi bahan bakar Honda Jazz GK. Menurut hasil pengetesan yang Carmudi dilakukan pada 2018, mobil ini memiliki perbandingan bahan bakar 11,7 km/liter untuk rute dalam kota dan 18 km/liter untuk rute luar kota.
Seperti sudah disinggung sebelumnya, pabrikan mengklaim mesin L15ZF yang digunakan Honda City Hatchback RS punya tingkat efisiensi lebih baik 3% dibanding mesin Jazz.
Klaim tersebut nampak cukup realistis. Kalaupun benar Honda City Hatchback lebih irit kemungkinan selisihnya tak akan jauh berbeda.
Di lain sisi, akan menjadi sebuah keistimewaan jika model yang dipasarkan di Indonesia punya tingkat efisiensi bahan bakar mendekati Honda City Hatchback RS “spek” Thailand.
Menurut laporan sebuah media otomotif India konsumsi BBM model tersebut bisa mencapai 23,3 km/liter.
Dalam penggunaan sehari pemilik Honda City Hatchback RS di Indonesia disuguhi sejumlah fitur yang bisa dimanfaatkan untuk membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih irit. Apa saja?
ECON Mode
Lembar spesifikasi menunjukkan Honda City Hatchback RS sudah dilengkapi ECON Mode. Penting diingat fitur ini berbeda dengan eco indicator yang hanya berupa lampu indikator. ECON Mode hadir dalam bentuk tombol.
Saat diaktifkan maka komputer pada kendaraan akan menerapkan pengaturan tertentu agar mobil lebih hemat bahan bakar. Fitur ini bekerja dengan memanfaatkan sistem drive by wire yang dimiliki Honda City Hatchback RS.
Fitur ini menjadi salah satu kelebihan Honda City Hatchback RS yang tak dimiliki Honda Jazz.
Cruise Control
Untuk fitur yang satu ini tentunya sudah tidak asing lagi karena juga bisa ditemui pada Honda Jazz. Pada dasarnya cruise control berguna untuk menjaga mobil melaju pada kecepatan yang stabil. Dengan begitu bahan bakar yang dibutuhkan juga lebih terjaga.
Bermodal semua itu, akankah konsumsi BBM Honda City Hatchback RS lebih baik dibanding Jazz? Walau sebenarnya lebih penting lagi untuk bisa lebih irit dibanding rival dari brand lain, seperti halnya Toyota Yaris.
Harga Honda City Hatchback RS*
Harga | |
Honda City RS Hatchback MT | Rp289.000.000 |
Honda City RS Hatchback CVT | Rp299.000.000 |
*Harga per 7 April 2021 dan dapat berubah sewaktu-waktu.
Simak juga video review Honda City Hatchback dari Carmudi berikut ini:
Baca Juga:
- Harga Honda City Hatchback RS Vs Jazz, Mana Paling Murah?
- Komparasi Honda City Hatchback dan Jazz, Bisakah Melanjutkan Tongkat Estafet?
Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas