Mobil

Konsumsi BBM Hyundai Santa Fe 2021 Setelah ‘Digeber’ Habis-habisan

PT Hyundai Motors Indonesia (HMDI) ajak kalangan media mencoba Hyundai Santa Fe 2021, Kamis (21/4/2021). Mengambil rute Jakarta-Bogor-Jakarta, menarik untuk disimak konsumsi BBM Hyundai Santa Fe baik varian bensin 2.500 cc sekaligus diesel 2.200 cc.

Seperti diketahui, generasi baru SUV 7-seater ini telah mendapat cukup banyak pengembangan. Termasuk penggunaan mesin anyar yang disebut-sebut memiliki tingkat efisiensi lebih baik.

Konsumsi BBM Hyundai Santa Fe 2021

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Bonar Pakpahan, Product Expert PT HMDI mengatakan pengembangan yang dimaksud antara lain pengurangan friksi atau gesekan pada komponen-komponen di dalam mesin. Hal ini berlaku untuk mesin bensin ataupun dieselnya.

Tapi khusus mesin diesel ada pengembangan lain yang didapat, yakni penggunaan kepala silinder berbahan aluminium dari yang sebelumnya cast iron. Hasilnya bobot mesin diesel Hyundai Santa Fe 2021 bisa lebih ringan hampir 20 kg.

“Kemudian fuel rail pressure yang tadinya 2.000 bar itu juga ditingkatkan menjadi 2.200 bar. Makanya efisiensi meningkat, pengabutan juga lebih bagus,” jelasnya.

Walhasil, tingkat konsumsi diperkirakan bisa lebih irit antara 3-5% secara akumulatif.

“Angkanya mungkin tidak begitu besar tapi cukup untuk membawa mesin ini menjadi lebih baik,” sambungnya.

Konsumsi BBM Hyundai Santa Fe Bensin dan Diesel

Dalam kesempatan test drive kali ini mobil menghadapi situasi jalan yang cukup beragam. Sempat dihadang kemacetan Ibukota, kemudian digeber habis-habisan saat menjumpai situasi lengang di jalan tol.

Tak jarang jarum pada spidometer digital menunjukkan angka 170 km per jam. Jadi bisa dikatakan perilaku berkendara yang diterapkan jauh dari istilah eco driving.

Hyundai-Santa-Fe-2021-Bensin-05

(Foto: Carmudi/Mada Prastya)

Sesampainya di kawasan Gunung Geulis, Bogor rombongan telah menghabiskan jarak 119 km. 

Dari situ nampak konsumsi BBM Hyundai Santa Fe bermesin diesel adalah 13,5 Km per liter. Sementara itu untuk model yang menggunakan mesin bensin angkanya 8,5 Km per liter.

“Pasti bisa lebih irit lagi kalau nyetirnya enggak seperti tadi,” ujar salah satu jurnalis. Dirinya membuktikan hal tersebut pada perjalanan kembali ke Jakarta dengan Santa Fe diesel.

“Pas pulang lari konstan 100-120 km per jam,” ujarnya sambil menunjukkan foto MID yang mencatat konsumsi bahan bakar 18 Km per liter.

Wah, irit juga ternyata!

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts