Mobil

Konsumsi BBM Innova Bensin, Sulit Menyaingi Versi Diesel

Konsumsi BBM Innova bensin tak bisa dibilang irit. Hal tersebut membuat versi dieselnya lebih banyak dilirik. Lantas kenapa masih ada orang yang membelinya?

Hal tersebut dapat dijawab dengan melihat stigma negatif yang menempel pada mesin diesel dan bahan bakar solar.

Konsumsi BBM Innova Bensin

(Foto: Toyota)

Mesin diesel modern memang sudah berevolusi menjadi lebih canggih, bertenaga, irit, dan ramah lingkungan. Tapi di luar sana masih ada kalangan yang justru memandang sebaliknya.

Singkat kata tak semua orang suka mesin diesel.

Mesti diakui bau asap knalpot yang khas dan suara mesin cenderung kasar menjadi beberapa hal yang kerap bikin orang ogah memiliki mobil diesel.

Karena itu wajar saja jika pabrikan masih mempertahankan Innova versi bensin.

Konsumsi BBM Innova Bensin

Konsumsi BBM Innova bensin menjadi salah satu faktor yang harus dipertimbangkan jika Carmudian hendak membeli mobil ini baik dalam kondisi baru atau bekas.

Di pasar mobil bekas sendiri Anda bisa bisa menjumpai Innova bensin dari berbagai tahun kelahiran. Karena faktanya model ini sudah ada sejak nama Innova pertama kali digunakan pada tahun 2004.

Mesin Innova bensin memiliki kapasitas 2.000 cc. Tapi selain itu sebenarnya Innova juga punya model dengan mesin bensin 2.700 cc.

Tapi mungkin Carmudian akan cukup sulit menemukan unitnya di pasar mobil bekas. Lantaran model ini hanya dipasarkan sekitar dua tahun (2005-2007) karena sepinya peminat.

1TR-FE

Mesin Innova bensin 1TR-FE (Foto: Toyota)

Spesifikasi Mesin Innova Bensin

Innova bensin 2.000 cc menggunakan mesin dengan kode 1TR-FE. Mesin tersebut sudah digunakan sejak Innova pertama kali hadir tahun 2004.

Sedangkan untuk tipe bensin 2.700 cc kode mesinnya adalah 2TR-FE. Tapi dalam ulasan kali ini fokusnya hanya pada mesin 1TR-FE mengingat populasinya yang lebih banyak.

Teknologi mesinnya cenderung sama dari dulu sampai sekarang. Pada versi terbarunya 1TR-FE sudah dilengkapi dengan teknologi katup variabel Dual VVT-i, DOHC, dan memiliki 16 katup.

Adapun tenaga tertinggi yang bisa dihasilkannya mencapai 137 Hp dan torsi maksimum 183,3 Nm. Tenaga dari mesin tersebut disalurkan ke roda belakang.

Ya, sejak masih menggunakan Kijang, produk Toyota yang satu ini masih setia dengan sistem Rear Wheel Drive (RWD) karena alasan ketangguhan

Pada saat ini pilihan transmisi yang tersedia untuk Innova bensin, antara lain 6 kecepatan otomatis dan 5 kecepatan manual.

Dari segi tampilan sosok Innova bensin terlihat cukup mewah terlebih sejak generasi Innova Reborn alias All New Innova hadir pada 2016.

Mengusung nama all new, perubahan yang dibawa generasi tersebut cukup banyak. Bahkan untuk versi diesel ikut berganti mesin, tapi sayangnya untuk mesin bensin hanya mendapat penyempurnaan.

Nah, untuk konsumen yang menginginkan tampilan lebih sporty maka bisa melirik varian Venturer yang kebetulan juga tersedia dalam pilihan mesin bensin.

Eksterior Venturer lebih sangar dibanding Innova dengan tambahan body kit, spoiler, dan pelek yang lebih besar dengan diameter 17 inci.

Mesin1TR-FE, 4 silinder segaris, 16 katup, DOHC, Dual VVT-i
Kapasitas Mesin 1.998 cc
Diameter x Langkah86 x 86 mm
Tenaga Maksimum137 hp
Torsi Maksimum183,3 nm
Sistem Bahan BakarInjeksi
Tipe Bahan BakarBensin
Dimensi Panjang4.735 mm
Dimensi Lebar1.830 mm
Dimensi Tinggi 1.795 mm
Wheelbase2.750 mm
Jarak Pijak Depan1.540 mm
Jarak Pijak Belakang1.540 mm
Suspensi DepanDouble wishbone, coil spring, stabilizer
Suspensi Belakang4 Link with coil sping and lateral road
Rem DepanCakram berventilasi
Rem BelakangTromol
Ukuran Ban205/65 R16 alloy

Spesifikasi di atas diambil dari Innova bensin generasi terbaru khususnya tipe Innova V Luxury AT. Tipe ini merupakan varian Innova bensin tertinggi pada saat ini. Spesifikasi dapat berubah sewaktu-waktu.

Toyota Recall

Toyota Kijang Innova (Foto: Carmudi)

Berapa Konsumsi BBM Innova Bensin?

Sejak pertama kali hadir, Innova bensin menggunakan mesin yang sama, yakni 1TR-FE. Berdasarkan informasi, pada generasi awalnya konsumsi BBM mobil ini sekitar 8 km/liter.

Tapi ketika Innova Reborn diperkenalkan tahun 2015, pabrikan menyampaikan salah satu pengembangan yang didapatnya ialah sektor konsumsi bahan bakar.

Walau tak disebutkan secara pasti angka perbandingannya, disampaikan bahwa konsumsi BBM Innova bensin lebih irit sekitar 10%.

Jika dihitung dari angka sebelumnya maka mendekati 9 km/liter.

Peningkatan konsumsi bahan bakar ini tak lepas dari penyematan teknologi Dual VVT-i pada Innova Reborn.

Selain itu Carmudi juga coba melihat sejumlah penuturan mereka yang mengaku sebagai pengguna mobil ini di forum Quora.

Salah satu pengguna yang mengaku memiliki Innova bensin generasi awal mengaku konsumsi BBM mobil ini berada di kisaran 8-10 km/liter untuk penggunaan di rute dalam kota. Sedangkan untuk penggunaan rute luar kota antara 12-14 km/liter.

Perlu diingat tingkat konsumsi bensin dapat berbeda-beda antara satu pengemudi dengan yang lainnya karena cara berkendara atau kondisi kendaraan itu sendiri.

Apakah Toyota Innova Reborn Bensin Boros?

Sudah bukan rahasia lagi, dengan tingkat konsumsi BBM seperti yang dijelaskan di atas Innova bensin dicap sebagai mobil yang boros.

Kesan tersebut makin kuat ketika membandingkannya dengan versi diesel.

Sebagai informasi, konsumsi BBM Innova diesel yang menggunakan mesin 2GD-FTV 2.400 cc bisa mencapai 13 km/liter untuk di dalam kota dan 15-18 km/liter untuk penggunaan luar kota.

Bukan hanya lebih irit, Innova diesel juga lebih bertenaga. Mesin yang digunakannya bisa menghasilkan tenaga 146,9 hp dan torsi maksimum 359,9 nm.

Nah, berbeda dengan model bensin yang menggunakan mesin sama dari awal sampai sekarang. Model diesel sempat menggunakan mesin yang berbeda.

Mesin 2GD-FTV baru digunakan pada tahun 2016 untuk Innova Reborn. Sebelumnya Innova diesel menggunakan mesin 2KD-FTV yang punya kapasitas lebih besar, yaitu 2.500 cc, tapi tenaganya justru lebih kecil.

Skema Kredit Toyota Innova

Toyota Kijang Innova terbaru. (Foto: TAM)

Berapa Harga Innova Bensin Sekarang?

Untuk saat ini Innova bensin masih bisa ditemui dalam kondisi baru. Pada dasarnya model ini dibagi dalam dua varian, yakni G dan V. Masing-masing tersedia dalam pilihan transmisi otomatis ataupun manual.

Di samping itu, setiap varian juga memiliki tipe Luxury. Sesuai namanya, tipe Luxury punya tawaran kemewahan yang lebih banyak, misalnya bangku baris tengah model captain seat.

Selain pada tipe Luxury, jok semacam ini juga bisa ditemui pada Venturer. Interiornya pun terlihat lebih elegan dengan adanya aksen kayu yang ikut menghiasi.

Bagi konsumen dengan bujet terbatas maka Innova bensin memang cukup menggoda. Hal itu dikarenakan harganya yang lebih terjangkau dibandingkan versi diesel.

Berdasarkan informasi di situs web Toyota, Innova bensin dipasarkan mulai dari Rp321,1 juta sampai Rp390,5 juta.

Coba saja bandingkan dengan versi dieselnya yang dijual mulai dari Rp349,8 juta sampai Rp417,2 juta.

Informasi selengkapnya mengenai harga Innova terbaru baik versi bensin atau diesel bisa Carmudian simak di bawah ini.

Innova 2.0 G M/T BSNRp321.100.000
Innova 2.0 G M/T BSN LUXURYRp326.900.000
Innova 2.0 G A/T BSNRp339.500.000
Innova 2.0 G A/T BSN LUXURYRp345.300.000
Innova 2.0 V M/T BSNRp366.700.000
Innova 2.0 V M/T BSN LUXURYRp372.500.000
Innova 2.0 V A/T BSNRp384.700.000
Innova 2.0 V A/T BSN LUXURYRp390.500.000
Innova 2.4 G M/T DSLRp349.800.000
Innova 2.4 G A/T DSLRp369.300.000
Innova 2.4 V M/T DSLRp399.000.000
Innova 2.4 V A/T DSLRp417.200.000

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts