Sepeda motor

Pakai Mesin Lama, Konsumsi BBM New Honda Vario 125 Capai 51,7 Km/Liter

Cikarang — New Honda Vario 125 resmi meluncur awal pekan lalu dan diklaim pabrikan memilliki tingkat konsumsi BBM mencapai 51,7 km/liter meski masih menggunakan mesin yang sama dengan generasi sebelumnya.

Di atas kertas, New Honda Vario 125 dibekali mesin 124,8 cc, 1 silinder, 4 tak, SOHC, eSP, berpendingin cairan.

Mesin ini disebut PT Astra Honda Motor (AHM) bertenaga dan irit BBM.

Tenaga yang dihasilkan dari mesin tersebut mencapai 10,9 hp @8.500 rpm dengan torsi maksimum 10,8 Nm @5.000 rpm.

Sompong Sureechairattanakul, Large Project Leader Vario 125 Honda RnD South East Asia Co Ltd mengatakan ada beberapa alasan mengapa Honda tak menggunakan mesin baru.

konsumsi bbm mesin new honda vario 125

Konsumsi BBM mesin New Honda Vario 125 capai 51,7 km/liter

“Kami menyesuaikan pola kegunaan konsumen untuk tetap mempertahankan mesin ini untuk penggunaan di perkotaan. Salah satunya adalah ukuran sepeda motor yang ramping dirasa cukup menggunakan mesin ini,” ujarnya di sela peluncuran.

Konsumsi BBM New Honda Vario 125 di angka 51,7 km/liter ini bisa didapatkan dengan menggunakan metode pengujian WMTC.

Itu pun dengan catatan fitur ISS dalam kondisi on agar mesin bisa bekerja secara maksimal.

Mesin yang sudah lolos uji emisi Euro3 tersebut juga diklaim masih bisa menggunakan BBM dengan oktan RON 88.

Artinya, New Honda Vario 125 tidak membutuhkan BBM dengan kadar oktan terlalu tinggi walaupun angka kompresi mesinnya di angka 11:1.

tangki bbm new honda vario 125

Jika BBM dalam tangki motor tersebut diisi penuh, New Vario 125 setidaknya memiliki daya jelajah hingga lebih dari 260 km karena tangki di bawah jok berkapasitas 5,5 liter.

Melihat kebutuhan BBM di angka RON pada motor terbaru Honda ini, setidaknya ada beberapa pilihan yang bisa digunakan oleh pemilik New Vario 125 yakni Vivo Revvo 89, Pertalite, dan BP90.

“Minimal oktannya RON 88 atau bisa lebih tinggi. Mesin Euro3 ini memang masih bisa pakai RON 88 dengan oktan maksimal 92. Jika pakai oktan lebih tinggi bisa mengelitik mesinnya,” ujar Endro Sutarno, Technical Service Division PT AHM.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts