Reviews

Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Diesel, LMPV Irit yang Terlupakan

Suzuki Ertiga bermesin diesel telah resmi diluncurkan di Indonesia pada 2017 lalu. Mobil ini dihadirkan sebagai wujud komitmen PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) untuk terus menghadirkan mobil dengan spesifikasi unggul di segmen low MPV (Multi Purpose Vehicle). Mungkin ada yang penasaran, berapa konsumsi BBM Suzuki Ertiga Diesel?

Perlu diketahui, mobil tersebut merupakan mobil pertama di segmen low MPV yang sudah menggunakan teknologi hybrid.

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid

Suzuki Ertiga Diesel Hybrid. (Foto: Carmudi)

Namun, keberadaan Suzuki Ertiga Diesel dengan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS) ini tidak bertahan lama.

Meski penjualannya cukup baik, pihak Suzuki menghentikan impor mobil tersebut dari India secara terpaksa karena mesin diesel dinilai sensitif dari segi perawatan hingga penggunaan bahan bakarnya.

Konsumen yang tinggal di kota-kota besar mudah menemukan bahan bakar solar, tapi belum tentu bagi konsumen di luar kota besar.

Kalau pun ada, konsumen yang tinggal di luar kota besar ini harus mengantre panjang saat melakukan pengisian.

Bagi yang tertarik membeli Suzuki Ertiga Diesel Hybrid, satu-satunya pilihan adalah membeli versi bekas. Jika melihat situs web mobil bekas Carmudi Indonesia, Ertiga Diesel Hybrid bekas dijual mulai Rp90 jutaan.

Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Diesel

Suzuki Ertiga

Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Diesel. (Foto: Carmudi)

PT SIS mengklaim bahwa Suzuki Ertiga Diesel Hybrid mempunyai konsumsi BBM yang irit. Dengan catatan, BBM yang dipakai adalah solar Pertamina Dex atau cetane number (CN) 51, serta gaya berkendara eco driving.

Jika mobilnya dibawa berkendara dengan pemakaian normal, konsumsi BBM Ertiga Diesel Hybrid bisa mencapai 22,6 km per liter berdasarkan hasil tes berstandar BT2MP-BPPT.

Pengujian yang dilakukan BPPT dinilai cukup lengkap meski dilakukan secara teknis. internal PT SIS pun juga melakukan pengujian yang mencatat hasil angka lebih tinggi.

Carmudi sempat melakukan test drive mobil ini di Liga Irit Suzuki Ertiga Diesel Hybrid 2017. Rutenya dari SCBD (Senayan Central Business District) Jakarta menuju Rancamaya Bogor, Jawa Barat.

Dengan kecepatan rata-rata 60–80 km per jam, Ertiga diesel Hybrid yang dikendarai Carmudi mencatat angka konsumsi BBM hingga 31,14 km per liter.

Carmudi menjaga putaran mesin mobilnya di bawah 2.000 rpm. Dengan demikian, konsumsi BBM Ertiga Diesel Hybrid ini melampaui syarat konsumsi BBM minimal yang sudah ditentukan oleh Pemerintah Indonesia untuk mobil Low Cost Green Car (LCGC).

Sebagai informasi, Kementerian Perindustrian Republik Indonesia (Kemenperin) menetapkan syarat konsumsi BBM untuk mobil jenis LCGC paling sedikit yaitu 20 km per liter.

Berdasarkan penelusuran yang sudah Carmudi lakukan, jika dibandingkan dengan salah satu pesaingnya seperti Toyota Avanza Veloz CVT, konsumsi BBM Ertiga Diesel Hybrid lebih unggul di mana Avanza Veloz mencatatkan angka konsumsi BBM sekitar 13,5 km per liter.

Selain itu, konsumsi BBM Ertiga Diesel Hybrid juga lebih baik dibandingkan dengan Ertiga versi bensin yang meraih angka berkisar 14,5 km per liter.

Konsumsi BBM Suzuki Ertiga Diesel Hybrid bisa efisien lantaran didukung fitur seperti Integrated Starter Generator (ISG) yang memiliki dua fungsi berbeda.

Fungsi pertama dari fitur ini yakni menangkap serta menyimpan energi ke baterai mobil. Fungsi kedua adalah saat akselerasi, berfungsi sebagai motor untuk memberikan tambahan daya ke mesin.

Spesifikasi Mesin Suzuki Ertiga Diesel

Suzuki Ertiga Diesel resmi meluncur dengan teknologi hybrid. (Foto: Carmudi Indonesia)

Untuk bagian dapur pacu, Suzuki Ertiga Diesel Hybrid dibenamkan mesin berkode D13A dengan kapasitas sebesar 1.248 cc, DOHC serta teknologi Diesel Direct Injection System (DDiS).

Mesin mobil tersebut dapat mengeluarkan tenaga sebesar 89 hp pada putaran mesin 4.000 rpm serta torsi maksimal 200 Nm di putaran mesin 1.750 rpm.

Tenaga mesin ini nantinya disalurkan melalui transmisi manual 5-percepatan. Tak ketinggalan, sistem Hybrid juga disematkan guna menambah efisiensi penggunaan bahan bakar mobil.

Spesifikasi Mesin Suzuki Ertiga Diesel

Jenis mesin4 silinder
Kapasitas1.248 cc
Teknologi mesinDDiS
Tenaga maksimum89 hp @ 4.000 rpm
Torsi maksimum200 Nm @ 1.750 rpm
TransmisiManual 5 percepatan
Konsumsi BBM22,6 km/liter (hasil tes berstandar BT2MP-BPPT)

31,14 km/liter (hasil test drive di liga irit)

Review Singkat Suzuki Ertiga

Desain eksterior Suzuki New Ertiga Diesel Hybrid. (Foto: Carmudi Indonesia)

Suzuki Ertiga sempat mendapat penyegaran. Banyak bagian mobil ini dirombak total, mulai dari bagian depan yang jadi terlihat lebih sporty dengan adanya desain bumper dan lampu baru, hingga desain kap mesin lebih menarik dibandingkan dengan generasi sebelumnya.

Beralih ke bagian samping, Ertiga terbaru mempunyai lekuk bodi yang cukup menarik. Terdapat sedikit lekuk yang menarik garis dari bagian depan hingga belakang.

Di bagian belakang, Ertiga terbaru punya desain yang dinilai kurang bagus. Desain lampu belakang mobil ini terlihat kurang proporsional dan punya ukuran besar hingga memberikan kesan kurang menyatu dengan desain pintu belakangnya.

Dasbor Suzuki Ertiga Diesel Hybrid. (Foto: Carmudi Indonesia)

Melihat ke bagian interior mobil ini, terkesan mewah. Interiornya sudah dibalut dengan wood panel pada sebagian besar dasbornya.

Panel kayu ini memberi kesan mewah serta elegan pada interior Ertiga terbaru. Menariknya, panel kayu dari dasbor tersebut diteruskan hingga ke panel pintu hingga terlihat menyatu.

Di bagian setir kemudi, Ertiga terbaru sudah dilengkapi dengan pengaturan audio steering di bagian kiri setir tersebut, sedangkan di bagian kanan setirnya, dibiarkan kosong.

Duduk di kursi bagian depan pun terasa sangat nyaman berkat penggunaan bahan fabric dengan warna beige yang semakin menambah kesan mewah pada interior mobil ini.

Di bagian tengah, Ertiga terbaru sudah dibekali head unit dengan label Kenwood yang memiliki layar seluas 6,8 inci dan dilengkapi fitur koneksi Bluetooth. Fitur tersebut dapat disambungkan ke handphone pengguna agar dapat mendengar musik kesukaan selama perjalanan.

Memang head unit Ertiga terbaru belum semewah Ertiga Dreza yang memiliki layar berukuran 9 inchi, voice command, navigasi, serta resolusi 1280 x 720 pixel sangat jernih. Tapi, head unit pada Ertiga terbaru dirasa cukup.

Di sisi lain, mobil ini telah dibenamkan beragam fitur yang sebenarnya tidak terlalu banyak. Ertiga terbaru mempunyai fitur-fitur kenyamanan mulai dari double blower dengan 4 ventilasi AC, spion tengah manual, dan lainnya.

Selain itu, Ertiga terbaru telah disematkan fitur-fitur keamanan yang cukup lengkap. Pihak Suzuki sudah memberikan chasis TECT body yang diklaim dapat memberikan handling lebih baik dan juga kekuatan chasis lebih baik pada mobilnya.

Turut disematkan fitur hill hold control, ESP pada tipe GX, ABS, dan EBD, serta dual SRS airbag, parking sensor, ISOFIX untuk penumpang bayi, dan door open stoppers. Semua fitur tersebut menjadi kelengkapan standar yang ditawarkan oleh Suzuki untuk Ertiga terbaru.

Untuk ruang penyimpanan, mobil tersebut mempunyai cup holder yang tersebar mulai dari bagian depan, konsol tengah, pintu baris kedua hingga baris ketiga. Di sisi lain, posisi duduk pada kursi Ertiga terbaru dapat memberikan kenyamanan yang maksimal bagi pengguna mobil ini.

Baca Juga:

 

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts