Mobil

Konsumsi BBM Suzuki Ignis 2021, Bukan Sekadar Catatan tapi Juga Daya Tarik

Sesak kemunculannya, Suzuki Ignis langsung menyita perhatian publik dan cukup banyak diminati masyarakat Indonesia karena desain yang diusungnya serta testimoni akan konsumsi BBM urban SUV ini.

Suzuki Ignis pertama kali diluncurkan di Tanah Air pada April 2017 lalu. Mobil tersebut mendapat respons yang positif dari konsumen, khususnya kawula muda. Pada 2020, PT SIS memberi penyegaran pada Ignis, di mana kini mobil tersebut jadi terlihat lebih stylish dan fresh.

Suzuki Ignis

Suzuki Ignis sudah mendapat penyegaran pada 2020. (Foto: SIS)

Peluncuran mobil ini dilakukan secara virtual melalui Youtube Suzuki Indonesia pada awal April 2020. Sebelumnya, Ignis terbaru rencananya diluncurkan di ajang IIMS (Indonesia International Motor Show) 2020.

Namun, pameran otomotif tersebut ditiadakan karena adanya pandemi Covid-19, sehingga PT SIS mengubah mekanisme seremonial mobil ini.

Suzuki Ignis sejak kehadirannya di pasar Indonesia sudah beberapa kali mendapatkan beberapa penghargaan, seperti salah satunya penghargaan di kategori Total Cost of Ownership (TCO) karena biaya perawatan mobil tersebut yang dinilai cukup terjangkau.

Selain itu, mobil ini juga pernah mendapat penghargaan sebagai city car pilihan Gen Z paling favorit pada Marketeers XFest 2020. Penghargaan tesebut ditentukan dari survey secara online dari Oktober hingga November 2020.

Responden dijaring dari seluruh Indonesia yang merupakan generasi muda dari usia 18 sampai 25 tahun.

Konsumsi BBM Suzuki Ignis

Suzuki Ignis Indonesia

Konsumsi BBM Suzuki Ignis 2021. (Foto: Carmudi/Badjo)

Pada model sebelumnya, Suzuki Ignis diklaim mempunyai konsumsi BBM yang irit. Klaim ini berdasarkan hasil uji dari laboratorium BT2MP – BPPT di daerah Tangerang dan sempat dicantum pada halaman depan brosur Suzuki Ignis.

Berdasarkan brosur tersebut, konsumsi BBM Ignis sebesar 23,4 km per liter untuk transmisi AGS. Untuk transmisi manual, mencapai 23,6 km per liter.

Ignis model lama dibenamkan mesin K12M berkapasitas 1.197 cc yang dapat mengeluarkan tenaga maksimal 83 hp di putaran 6.000 rpm dan torsi maksimum 113 Nm pada putaran 4.200 rpm.

Bagaimana dengan konsumsi BBM Ignis terbaru?

Dilansir dari berbagai sumber, konsumsi BBM mobil ini tidak berbeda jauh dengan BBM Ignis model sebelumnya.

Ignis terbaru mencatat angka konsumsi BBM sebesar 18,2 km per liter saat berkendara di jalan tol dalam kota yang macet dan mengandalkan cara berkendara ‘stop and go’.

Selain itu, saat mobil ini dibawa berkendara dengan kecepatan 110 km per jam di jalan yang lancar, konsumsi BBM-nya sebesar 22,3 km per liter.

Dengan demikian, konsumsi BBM Ignis terbaru terbilang cukup irit. Perlu diketahui, konsumsi bahan bakar mobil irit atau tidaknya tergantung dari cara mengemudi pengemudinya, serta kondisi lalu lintas jalan yang dilalui.

Jika pengujian konsumsi BBM memakai metode full to full, hasilnya bisa berbeda. Metode tersebut menggunakan perhitungan konsumsi bensin berdasarkan bensin yang diisi dari tangki penuh.

Untuk mendapat hasil konsumsi BBM dengan metode full to full ini, jumlah liter yang dihabiskan dibagi dengan jarak tempuh kendaraan (km).

Spesifikasi Mesin Suzuki Ignis 2021

Tampilan mesin Suzuki Ignis. (Foto: Carmudi)

Suzuki Ignis terbaru masin dibenamkan mesin yang sama dengan model sebelumnya, yakni mesin K12M berkapasitas 1.197 cc, 4 silinder dengan tenaga 83 hp pada 6.000 rpm dan torsi 113 Nm pada 4.200 rpm.

Jika dibandingkan dengan Honda Brio yang merupakan salah satu pesaingnya, tenaga mesin Ignis kalah. Brio memiliki tenaga mesin 88 hp dan torsi 109 Nm.

Untuk transmisi Ignis sendiri di Indonesia, ditawarkan dalam dua pilihan yaitu manual dan Automatic Gear Shift (AGS). Namun sayangnya, banyak orang menilai Ignis yang memakai transmisi AGS mempunyai karakter kurang mumpuni.

Transmisi tersebut menggunakan kopling kering yang mirip seperti transmisi manual, tapi saat perpindahan gigi, pengemudi tidak perlu menginjak pedal kopling.

Perpindahan giginya pun lama berpindah serta cukup menyentak, khususnya dari gigi satu ke gigi dua untuk model manual.

Ini mengakibatkan pengemudi dapat merasa kehilangan tenaga mobilnya saat menaikkan ataupun menurunkan gigi. Dengan demikian, transmisi AGS pada Ignis memiliki proses pemindahan gigi yang kurang cepat alias lamban.

Spesifikasi Mesin Suzuki Ignis
Jenis mesin4 silinder
Kapasitas1.197 cc
Teknologi mesinDuajet VVT
Tenaga maksimum83 hp @ 6.000 rpm
Torsi maksimum113 Nm @ 4.200 rpm
TransmisiManual dan AGS
Konsumsi BBM18,2 km/liter (di jalan macet) dan 22,3 km/liter (di jalan lancar)

Spesifikasi Singkat Suzuki Ignis 2021

Tampilan eksterior Suzuki Ignis GL. (Foto: Suzuki)

Sama seperti India, Suzuki Ignis terbaru yang diluncurkan di Indonesia tidak mendapat pembaruan banyak.

Di bagian eksteriornya, mobil tersebut hanya ditambahkan bumper depan serta diffuser berdesain baru. Selain itu, terdapat fog lamp (lampu kabut) dan bezel yang juga berdesain baru.

Pada bagian belakang, bumpernya kini telah dilengkapi dengan rear reflector dan diffuser. Tak ketinggalan, kunci Ignis sudah hadir dalam bentuk baru yang terlihat keren. Di sisi lain, Ignis terbaru masih mengandalkan fitur yang sama dengan Ignis model sebelumnya.

Tampilan interior Suzuki Ignis GX. (Foto: Suzuki)

Pada bagian interiornya, terlihat tidak ada pembaruan, hanya ada seat cover dengan desain baru. Desain dasbor Ignis terbaru masih terlihat sama dengan model sebelumnya.

Perbedaannya terlihat di bagian trim Ignis baru tipe GX. Gagang penutup pintu dalam dan konsol di bagian tengah Ignis ini mengikuti warna eksterior Ignis terbaru yang terkesan kekinian serta stylish, dan tidak ada di Ignis terbaru tipe GL.

Selain itu, Ignis terbaru tipe GL juga belum disematkan head unit touch screen, tombol pengatur audio di setir kemudi, dan pengatur AC digital climate control.

Kedua tipe Ignis terbaru sudah disematkan layar Multi Information Display (MID) untuk menampilkan beragam informasi penting pada pengguna secara lengkap saat berkendara.

Meski layar LCD yang ada belum full pixel, informasinya cukup lengkap, seperti konsumsi BBM secara real time, konsumsi BBM rata-rata, sisa jarak tempuh berdasarkan sisa BBM di tangki, odometer, posisi gear, tripmeter A dan B, dan lainnya.

Untuk Ignis terbaru tipe GX, telah dilengkapi dengan AC digital dan climate control yang bisa diatur sesuai keinginan pengguna. Fitur AC ini bisa membuat suhu di dalam ruang kabin mobilnya disesuaikan secara otomatis oleh sistem climate control-nya.

Di sisi lain, defogger kaca bagian depan dan belakangnya juga dapat diatur dari sini yang dapat membantu pengemudi saat berkendara.

Terdapat berbagai fitur lainnya, seperti push start/stop button, keyless entry, tilt steering, steering wheel with switch audio control and blue tooth phone connection, 60:40 rear seat fold down, sporty look speedometer, dan sebagainya.

Turut disematkan fitur keamanan pada Ignis terbaru, mulai dari fitur Anti-lock Braking System (ABS), Electronic Brake-force Distribution (EBD), Brake Assist (BA), dual SRS airbag, Side Impact Beam, new generation platform HEARTECT, dan lainnya.

Baca ]uga:

Penulis: Nadya Andari

Editor: Dimas

Nadya Andari

Memulai karir sebagai Content Writer di Carmudi Indonesia sejak awal tahun 2019. Lulusan Desain Komunikasi Visual yang suka sekali menulis, seperti cerpen, artikel, dan sebagainya.
Follow Me:

Related Posts