Mobil

Konsumsi BBM Toyota Kijang Innova Zenix Kombinasi Eco Driving dan Ugal-ugalan

Konsumsi BBM Toyota All New Kijang Innova Zenix bisa dibilang membaik dibandingkan generasi sebelumnya.

Catatan kami dalam perjalanan test drive yang digelar oleh PT Toyota Astra Motor (TAM) setidaknya mendapatkan kesimpulan mengenai konsumsi BBM Kijang Innova Zenix.

konsumsi bbm innova zenix

Konsumsi BBM Innova Zenix

Pada Senin (19/12/2022) lalu Toyota menggelar sesi test drive All New Innova Zenix dengan memulai perjalanan dari Jakarta menuju Semarang, Jawa Tengah dan berakhir di Yogyakarta.

Dalam perjalanan yang menempuh jarak lebih kurang 450 km ini, kami disuguhi oleh 2 tipe Innova Zenix yang terdiri dari V Modellista dan Q TSS Hybrid.

Tipe V Modellista

Pada sesi pertama, kami memulai perjalanan dari kawasan Cilandak, Jakarta Selatan menuju rest area Cirebon sebagai checkpoint pertama.

Setidaknya jarak tempuh yang harus dihadapi berkisar 220 km, yang mana dirasa cukup untuk mendapatkan gambaran mengenai konsumsi BBM untuk rute kombinasi jalan tol.

Memulai perjalanan sejak pukul 09.00 WIB pagi, kami menggunakan Toyota All New Kijang Innova Zenix tipe V Modellista berkelir putih.

Sebagai gambaran, kondisi tol sejak masuk Pintu Tol Ampera, Jakarta Selatan hingga keluar di Ciperna Barat terpantau ramai lancar.

konsumsi bbm innova zenix

Sepanjang perjalanan kami menerapkan kondisi mengemudi kombinasi yang terdiri dari stop and go sembari asal injak pedal gas untuk menguji performa.

Kecepatan rata-rata yang kami tempuh dari Cilandak hingga Cirebon terpantau ada di kisaran 100 km/jam hingga 120 km/jam dalam posisi di 3.000—4.000 rpm.

Salah satu alasan mengapa kami cukup keji menginjak pedal gas agar mendapatkan gambaran nyata mengenai cara pemakaian yang ugal-ugalan.

Kami penasaran seberapa boros Kijang generasi ke-7 ini jika dipakai ugal-ugalan?

Hasilnya pun ternyata di luar dugaan, konsumsi BBM Innova Zenix tipe V non hybrid ada di angka 1:10 km/liter.

Pada saat test drive, penumpang hanya terdiri dari 4 orang tanpa adanya barang di bagasi.

Sepanjang perjalanan, kami juga menggunakan AC dengan posisi angin di 3 bar baik di depan dan belakang.

Itu pun kami tidak menggunakan eco mode sama sekali lantaran ingin menguji performa.

Namun, sebagai catatan juga, angka tersebut kami dapatkan dari MID bukan metode pengisian full to full.

Selepas dari Cirebon, kami baru mencoba menggunakan eco mode untuk menuju rest area KM379A Gringsing.

Sepanjang perjalanan kami menjaga agar putaran mesin tak melewati 2.000 rpm dengan kecepatan konstan di 100 km/jam.

Mode Eco

Sebelum memulai pengujian, kami tentunya melakukan reset MID agar penghitungan lebih akurat.

Sebagai gambaran, dari Cirebon menuju KM379A menempuh jarak lebih kurang 179 km yang mana dirasa cukup untuk mendapatkan hasil.

Ketika menggunakan metode eco driving, kami ternyata dibuat takjub dengan angka konsumsi BBM Innova Zenix tipe V ini.

konsumsi bbm innova zenix

Siapa sangka yang dulunya mobil rakyat kini menjelma menjadi mobil keluarga mewah ini bisa mendapatkan angka di kisaran 1:20-21 km/liter untuk gaya berkendara eco.

Tipe Q Hybrid

Ketika memasuki rest area KM379A, kami mendapatkan giliran untuk menguji konsumsi BBM Toyota All New Kijang Innova Zenix tipe Q Hybrid.

Bagaimana hasilnya?

Dari rest area tersebut, kami menuju Hotel Padma Semarang dengan jarak tempuh 51,3 km.

Walaupun rutenya cukup pendek, setidaknya kami bisa mendapatkan gambaran bagaimana konsumsi BBM Innova Zenix bermesin hybrid ini.

Tiba di hotel, pada keesokan harinya, Selasa (20/12/2022) kami melanjutkan perjalanan menuju Yogyakarta masih menggunakan Innova Zenix Q Hybrid.

Rute yang dilalui pun terbilang agak sulit menggunakan metode eco driving lantaran kontur jalan yang harus dilalui banyak menanjak.

Dari Semarang kami menuju Yogyakarta via Salatiga dan Magelang dengan jarak tempuh 131 km.

Sepanjang perjalanan layar di MID mencatatkan angka konsumsi BBM di kisaran 1:11-12,6 km/liter untuk gaya mengemudi yang sedikit ugal.

Jika mengacu pada hasil ini, maka harus diakui Innova generasi terbaru seharga Rp601 jutaan ini jauh lebih irit.

Daftar Harga Toyota All New Kijang Innova Zenix*

Berikut ini daftar harga lengkap Toyota All New Kijang Innova Zenix terbaru dari tipe mesin bensin dan hybrid.

Bensin

  • Kijang Innova Zenix Tipe 2.0 G CVT (Non Premium Color): Rp419 juta
  • Kijang Innova Zenix Tipe 2.0 G CVT (Premium Color): Rp422 juta
  • Kijang Innova Zenix Tipe 2.0 V CVT (Non Premium Color): Rp467 juta
  • Kijang Innova Zenix Tipe 2.0 V CVT (Premium Color): Rp470 juta

Hybrid

  • Kijang Innova Zenix 2.0 Tipe G HV CVT (Non Premium Color): Rp458 juta
  • Kijang Innova Zenix 2.0 Tipe G HV CVT (Premium Color): Rp461 juta
  • Kijang Innova Zenix 2.0 Tipe V HV CVT Modellista (Non Premium Color): Rp532 juta
  • Kijang Innova Zenix 2.0 Tipe V HV CVT Modellista (Premium Color): Rp535 juta
  • Kijang Innova Zenix 2.0 Tipe Q HV CVT TSS Modellista (Non Premium Color): Rp611 juta
  • Kijang Innova Zenix 2.0 Tipe Q HV CVT TSS Modellista (Premium Color): Rp614 juta
  • Kijang Innova Zenix 2.0 Tipe V HV CVT Non Modellista (Non Premium Color): Rp522,15 juta
  • Kijang Innova Zenix 2.0 Tipe V HV CVT Non Modellista (Premium Color): Rp525,15 juta
  • Kijang Innova Zenix 2.0 Tipe Q HV CVT TSS Non Modellista (Non Premium Color): Rp601,15 juta
  • Kijang Innova Zenix 2.0 Tipe Q HV CVT TSS Non Modellista (Premium Color): Rp604,15 juta

*) Harga on the road Jakarta

Simak juga video ulasan Toyota Kijang Innova Zenix dari Carmudi.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play StoreDownload Carmudi di App Store

Rizen Panji

Pikirannya selalu dipenuhi oleh mobil buatan asal Jerman, Swedia, dan Prancis dengan tahun produksi di bawah 2000. Jangan lupa, mesin yang bersemayam di dalam kap mesin tentunya harus 6 silinder guna memompa adrenalin ketika mengendarainya

Related Posts