Home » Berita » Korlantas Akan Ganti Warna Pelat Kendaraan Bermotor Agar Mudah Dilacak CCTV

Korlantas Akan Ganti Warna Pelat Kendaraan Bermotor Agar Mudah Dilacak CCTV

Jakarta – Sebuah wacana baru untuk melakukan perubahan warna pada pelat nomor kendaraan bermotor. Ya, rencana ini akan merubah warna pelat yang semula hitam akan mencadi warna lain.

Rencana perubahan ini akan dilakukan secara bertahap diutamakan untuk kendaraan baru. Sementara untuk kendaraan lama warna pelat nomor mobil akan dipertahankan dengan warna hitam.

Menurut pernyataan Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Royke Lumowa saat memberikan Kuliah Umum di Balairung Universitas Indonesia (UI), Depok, Selasa (26/9), mengungkapkan rencana ini akan dilakukan bertahap tak bisa langsung.

“Wacana ini akan kita lakukan untuk mobil baru dulu, jika sudah lima tahun baru nanti akan diganti ke pelat warna semua,” katanya.

Lebih Jelas untuk Dipantau CCTV

Waktu pelaksaan ini akan dilaksanakan di 2019, seiring bersamaan juga dilakukan pembangunan sarana dan infrastruktur. Seperti langkah untuk melakukan revisi regulasi hingga sarana fisik berupa CCTV.

“Sekarang kita masih tahap wacana menuju ke sana. Realisasi bertahap pastinya kalau tidak ada halangan kita akan berlakukan mulai 2019 rencananya,” kata Royke.

Rencana untuk mengubah warna pelat nomor kendaraan bermotor bertujuan untuk menerapkan penegakan electronic law enforcement (e-lay) atau yang biasanya disebut tilang elektronik.

Permasalahan yang timbul saat ini yang dihadapi CCTV sulit menangkap pelat kendaraan jika warna dasarnya hitam.

Royke menambahkan fungsi TNKB adalah identifikasi kendaraan, bagaimana caranya (menangkap) kalau pelat tidak mudah dikenali oleh elektronik (CCTV). Pasalnya tujuan dilakukan perubahan pelat nomor kendaraan ini adalah untuk mendukung e-tilang. Nah, kedepan sudah semakin tertib peraturan lalu lintas.

Mobil Esemka
Previous post
Melihat Cikal Bakal Perjalanan ESEMKA yang Katanya Mobil Nasional
MPV
Next post
MPV Rajai Pasar Domestik, Apa Kabar Ekspor Sedan di Tanah Air?