Home » Reviews » Kredit Mitsubishi Xpander, Cicilan Ringan Mulai Rp 3 Jutaan

Kredit Mitsubishi Xpander, Cicilan Ringan Mulai Rp 3 Jutaan

Xpander tol
Kredit Mitsubishi Xpander cicilannya mulai Rp 3 jutaan (Foto: Carmudi)

Jakarta – Mitsubishi Xpander berhasil menjadi primadona baru di segmen MPV Indonesia. Minibus besutan kubu tiga berlian berhasil menyaingi eksistensi Toyota Avanza, Honda Mobilio, serta Suzuki Ertiga yang lebih dulu keluar. Membeli Mitsubishi Xpander melalui kredit juga cukup ringan cicilannya.

Calon pembeli harus membayar sebesar Rp 61.673.485 bila mengambil tenor 60 bulan termasuk uang muka, untuk tipe GLX bensin M/T atau tipe yang paling murah. Besar cicilannya mulai dari Rp 3.598.252 untuk kredit selama 60 bulan. Besaran tenor akan semakin besar apabila tenor kredit semakin singkat.

Bila mengambil tenor selama lima tahun, maka calon pembeli harus melakukan pembayaran awal sebesar Rp 57.475.667, termasuk cicilan pertama sebesar Rp 4.133.894. Pembelian Mitsubishi Xpander secara kredit ini bisa dinegosiasikan kepada pihak sales untuk besaran DP dan cicilannya. Apabila ingin DP rendah untuk Xpander GLX M/T mulai dari Rp 20 jutaan, maka cicilannya sebesar Rp 4.508.000 untuk tenor 60 bulan atau lima tahun.

Bila itu tadi merupakan skema untuk varian termurah, sekarang kita bahas soal skema kredit Mitsubishi Xpander tipe Ultimate yang termahal. Sebagaimana diketahui, Mitsubishi Xpander Ultimate dijual seharga Rp 245.350.000 di wilayah DKI Jakarta. Untuk cicilan termurahnya sebesar Rp4.669.829 dengan tenor 60 bulan. Pembeli harus membayar sebesar Rp75.915.766 di awal yang juga mencakup cicilan pertama dan asuransi.

Perhitungan pembayaran awal paling murah dari tipe Ultimate ini apabila kita mengambil cicilan selama 12 bulan dengan besaran Rp 57.754.680. Setelah itu, pembeli harus membayar cicilan sebesar Rp17.347.881 setiap bulan.

Kredit Mitsubishi Xpander dengan Cicilan 0% Mustahil Dilakukan

Mitsubishi Xpander
Mitsubishi Xpander Foto/Carmudi.

Menurut peraturan Otoritas Jasa Keuangan, minimum cicilan yang disarankan yaitu sebesar 30 persen dari harga jual kendaraan. Namun, beberapa sales atau dealer memberi keringanan kepada para pelanggan tetap mereka untuk perhitungan uang muka atau cicilan tiap bulan.

Di sisi lain, usulan uang muka nol persen untuk kredit kendaraan bermotor tidak bisa dilakukan oleh pihak dealer dan leasing. Alasannya, skema kredit ini jauh lebih berisiko apabila terjadi kredit macet di kemudian hari.

Dalam penawaran, pihak sales akan mengajukan nilai angsuran dengan uang muka sebesar 30% dari harga jual. Negosiasi yang bisa dilakukan itu sebatas besaran uang muka minimum dan cicilan per bulan. Selain itu, sales akan memberikan gimmick bonus aksesoris atau asuransi kendaraan.

Saat akan membeli mobil, Carmudian juga bisa meminta diskon lebih kepada sales dalam proses negosiasi harga. Ini bisa digunakan untuk meringankan uang muka yang harus dibayar. Jangan lupa, pertegas bonus-bonus yang akan diberikan oleh sales di mobil yang akan kita terima nantinya.

Perhitungan Harga Mobil

Pihak dealer akan memberikan harga on the road yang berbeda di setiap daerah. Harga yang ditawarkan biasanya belum termasuk diskon pembelian yang diberikan pihak sales. Perhitungan selanjutnya yang perlu kalian perhatikan yaitu soal besaran pajak progresif dan biaya administrasi plat nomor apabila memakai nomor pilihan.

Saat memutuskan beli mobil secara kredit, biasanya pembeli akan mendapat fasilitas asuransi dari pihak leasing. Hitungan Kredit sudah termasuk Asuransi All risk selama masa kredit yang dipilih. Pastinya, akan ada selisih cukup besar untuk bunga cicilan apabila kita membeli mobil secara cash dengan saat kita membeli mobil secara kredit.

Soal diskon ini perhitungannya cukup bervariasi, bisa sangat besar tapi tidak ada bonus atau sebaliknya. Apabila pihak sales menawakan bonus, perhatikan secara cermat apa saja yang akan diberikan dan berapa harga di pasaran. Kadang, pihak sales tidak berkata jujur soal nilai aksesoris yang diberikan agar pembeli percaya bila ia telah diberi bonus besar sebagai pengganti diskon.

Previous post
GM Indonesia Belum Terpikir untuk Bekerja Sama dengan Wuling Motors
Next post
Sebelum Resmi Dijual DFSK Tampilkan Mobil Listrik Konsep di GIIAS 2019