Sepeda motor

Mulai Main Motor, Brabus Gandeng KTM Buat Produksi 1300 R

Jerman — Rumah modifikasi asal Jerman, Brabus resmi menjalin kerja sama dengan produsen sepeda motor asal Austria KTM untuk memproduksi 1300 R pada tahun 2022 ini.

Proyek ini sendiri merupakan langkah awal Brabus yang mana ke depannya tak hanya fokus melakukan tuning mobil, tetapi juga untuk sepeda motor.

Brabus 1300 R nantinya akan menggunakan basis dari KTM 1290 Super Duke R dengan performa yang sudah didongkrak oleh Brabus.

Diberitakan oleh laman MCN News, Brabus GmbH sudah mengajukan nama Brabus 1300 R sebagai merek dagang ke European Union Intellectual Property Office (EUIPO).

Bahkan setelah terdaftar, motor tersebut dikabarkan juga sudah lulus uji laik jalan sehingga bisa dikendarai di jalan raya.

Lantas, apa yang membedakan KTM 1290 Super Duke dengan Brabus 1300 R?

Secara desain, Brabus 1300 R memiliki dimensi yang sedikit lebih kecil 46 mm dibandingkan KTM 1290 Super Duke.

brabus 1300 r

Jarak dari motor ke tanah pun juga dibuat sedikit lebih pendek 5 mm. Selain itu sepeda motor tersebut juga memiliki bobot yang diklaim lebih ringan hingga 5 kg dari versi 1290 Super Duke, dan lebih berat 5 kg dari Super Duke RR.

Dari segi performa, sepeda motor Brabus ini mampu menghasilkan tenaga hingga 177 hp dengan torsi maksimum 140 Nm. Artinya, performa mesinnya terdongkrak sedikit lebih besar dibandingkan 1290 Super Duke yang 175 hp.

Selain mesin, Brabus juga mendesain pelek yang diberi nama Brabus Monoblock Z Platinum Edition. Pelek tersebut dikhususkan untuk 1300 R yang akan dijual mulai bulan April 2022 mendatang.

Soal harga, sepeda motor jenis naked bike ini nantinya akan dibanderol 21.499 Poundsterling atau setara Rp415 jutaan. Sementara itu KTM 1290 Super Duke yang menjadi basis utamanya hanya memiliki banderol Rp305 jutaan saja.

Artinya, sepeda motor racikan Brabus dan KTM dijual lebih mahal lantaran dianggap spesial. Sayangnya pihak Brabus dan KTM belum memberikan keterangan kapan mereka akan segera menjual sepeda motor tersebut.

>>>> Bukan cuma mobil, Carmudi juga punya daftar sepeda motor terbaik dengan harga terjangkau!

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts