Sepeda motor

KTM RC 8C Resmi Meluncur, Mesinnya Besar dan Berbobot Ringan

Jakarta – KTM resmi merilis sepeda motor sport fairing terbarunya yakni RC 8C. Sepeda motor ini dibangun secara khusus untuk penggunaan di lintasan sirkuit dan dijual dalam jumlah sangat terbatas.

KTM RC 8C

(Foto: KTM)

Lahirnya KTM RC 8C tak lepas dari pengalaman yang didapat pabrikan asal Austria tersebut di sejumlah ajang balap, termasuk MotoGP dan Moto2.

Diberitakan Visor Down, Rabu (21/7/2021), rangka sepeda motor sport fairing ini dibuat dengan mengacu pada sasis yang digunakan sepeda motor balap KTM Moto2.

Hasilnya, RC 8C punya bobot yang sangat ringan, yaitu 140 Kg.

Sebagai perbandingan, Yamaha R25 dengan mesin yang jauh lebih kecil punya bobot 166 Kg.

Dengan bobot seringan itu sepeda motor ini memiliki power to weight ratio 1:1, yang berarti akan membuatnya sangat kompetitif, bahkan dengan sepeda motor lain bermesin lebih besar.

KTM RC 8C Track Only

(Foto: KTM)

Tapi berbeda dengan motor balap KTM di Moto2, KTM RC 8C tentunya tidak menggunakan mesin 3 silinder 765cc dari Triumph. Melainkan mesin LC8c 889 cc parallel twin yang identik dengan jantung pacu 890 Duke R.

Komponen-komponen yang menempel di sepeda motor ini membuatnya sangat siap untuk diajak ke sirkuit. Mulai dari knalpot titanium Akrapovic, rem spesifikasi balap dari Brembo, dedicated airbox filter, hingga pelek ringan dari Dymag yang dibungkus ban Pirelli.

Tak ketinggalan, KTM RC 8C juga dilengkapi winglet seperti yang bisa ditemui pada sepeda motor balap MotoGP, KTM RC 16.

Aspek aerodinamika juga ditunjang dengan keberadaan chin scoop yang bisa ditemui di depan roda belakang.

KTM RC 8C Indonesia

(Foto: KTM)

Sementara itu, panel meter menggunakan AIM MXS 1.2 RACE yang sudah menunjang fungsi data logger sekaligus GPS.

Harga KTM RC 8C

Sepeda motor ini hanya diproduksi sebanyak 100 unit dengan harga 38.999 dolar Amerika Serikat atau setara Rp567 jutaan.

Konsumen yang ingin memilikinya pastikan tidak melewatkan jadwal pemesanan yang dibuka mulai 22 Juli 2021 di situs web resmi KTM.

Sepeda motor baru ini disebut-sebut sebagai penerus KTM RC 8 yang dipasarkan selama periode 2008 hingga 2015. Menggendong mesin 1.190 cc, sepeda motor tersebut terpaksa disuntik mati lantaran dianggap terlalu berbahaya.

Baca Juga:

 

Penulis: Mada Prastya

Editor: Santo Sirait

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *