Modifikasi

Kumpulan Referensi Keren Modifikasi Motor BeAT

modifikasi motor beat

Modifikasi Honda BeAT mengusung gaya sporty dengan stang telanjang. (Foto: IG Honda Modif Contest)

Jakarta – Modifikasi motor BeAT bisa diwujudkan dengan berbagai macam gaya atau aliran. Jika dieksekusi dengan benar maka hasilnya pun pantas mendapat acungan jempol.

Masalahnya, terkadang menentukan konsep modifikasi bukan hal mudah. Salah satu jalan keluarnya ialah melihat referensi sebanyak-banyaknya.

Khusus untuk motor Honda, halaman Instagram resmi event Honda Modif Contest bisa dijadikan acuan. Di sana kita bisa melihat banyak contoh modifikasi motor BeAT yang inspiratif.

Dari segi estetika cukup enak dilihat, walaupun hal ini dikembalikan lagi pada selera masing-masing orang.

Tapi yang terpenting adalah aspek fungsi dan keselamatan tetap menjadi perhatian.

Kali ini, Carmudi pun coba memilih sejumlah contoh modifikasi motor Honda terlaris itu. Harapannya bisa menjadi inspirasi bagi mereka yang akan mendandani Honda BeAT kesayangannya.

Spesifikasi Honda BeAT

Untuk sebuah skuter matik, Honda BeAT memiliki ukuran body yang tergolong mungil. Terkait ukuran, hal tersebut bisa jadi poin tersendiri dalam menentukan ide modifikasi.

Misal, dari hal itu pemilik ingin membuat tampilan BeAT jadi lebih berisi. Maka bisa fokus pada penggarapan sektor kaki-kaki dengan ban gambot.

Desain body yang mungil ini dipertahankan sejak Honda BeAT generasi pertama yang masih menggunakan karburator. Sampai sekarang konsep “compact sport matic” itu masih diterapkan.

Honda BeAT juga menggendong mesin yang tergolong kecil. Sumber tenaganya berasal dari mesin 109,5 cc dengan tenaga tertinggi 9 Ps dan torsi 9,3 Nm.

Pada Honda BeAT generasi baru yang sudah menggunakan injeksi PGM-FI, mesin ini terkenal sangat irit bahan bakar.

Baca Juga:

Honda BeAT 2020

Tampilan Honda BeAT generasi terbaru. (Foto: AHM)

Referensi Modifikasi Motor BeAT

Sekarang giliran kita lihat contoh modifikasi motor BeAT dari berbagai macam gaya.

O iya, untuk modelnya tidak terbatas hanya pada satu generasi. Kita bisa contoh modifikasi dari Honda BeAT karbu sampai model yang lebih modern.

Konsepnya pun bermacam-macam. Ada yang memaksimalkan tampilan memanfaatkan cutting sticker atau decal. Walau terkesan simpel, modifikasi semacam ini cukup berhasil membuat penampilan motor terlihat berbeda.

Kemudian kita juga bisa melihat hasil modif yang fokus pada sektor kaki-kaki. Di mana penggunaan ban gambot menjadi andalan.

Tak ketinggalan penerapan konsep adventure pada skuter matik. Konsep ini bisa dibilang cukup menarik karena bukan hanya bermain pada estetika, tapi juga membuat motor jadi lebih bisa diandalkan untuk melewati medan jalan sulit.

Modifikasi Honda BeAT Supermoto

Ilustrasi modifikasi Honda BeAT aliran supermoto. (Foto: IG Honda Modif Contest)

1. Modifikasi Honda BeAT Supermoto

Seperti sudah disinggung sebelumnya, penggunaan cutting sticker atau decal bisa membuat tampilan motor sangat berbeda. Buktinya bisa dilihat pada hasil modifikasi Honda BeAT yang satu ini.

Berbalut livery Rockstar, wujud motor menjadi cukup meriah dan mencolok. Hal ini memang selaras dengan konsep yang nampaknya mengejar gaya ala supermoto.

Bagian kaki-kaki dibuat lebih jenjang baik untuk sisi depan maupun belakang. Sang pemilik nampaknya menggunakan shockbreaker belakang aftermarket yang sudah dilengkapi tabung.

Tak kalah menarik adalah pelek yang dibuat menjadi dua warna. Benar-benar sentuhan yang biasa ditemui pada motor-motor supermoto.

Di bagian cockpit nampak penggunaan stang dengan model telanjang. Ada dua kemungkinan, bisa jadi modifikasi ini mengambil basis Honda BeAT Street atau sang pemilik “menelanjanginya” sendiri dari BeAT model biasa.

modifikasi motor beat

Penggunaan ban dengan profil lebar bikin motor lebih berisi. (Foto: IG Honda Modif Contest)

2. Honda BeAT Karbu dengan Ban Lebar

Sentuhan modifikasi tak harus dilakukan secara menyeluruh. Bisa juga hanya bermain pada bagian tertentu dari sepeda motor.

Hal ini tercermin dari Honda BeAT karbu berwarna putih ini. Kalau diperhatikan, bagian body tidak banyak mengalami perubahan.

Livery-nya pun nampak masih sama dengan bawaan pabrikan. Tak ketinggalan kelengkapan berkendara, seperti kaca spion masih tetap menempel.

Hal yang membuat motor ini tampil spesial ada bagian kaki-kakinya. Di mana ban yang digunakan jauh lebih besar dari ukuran bawaan.

Kalau dilihat sekilas ban yang digunakan adalah Michelin City Grip Scooter. Ubahan lain yang juga bisa dilihat adalah shockbreaker belakang model tabung bawah.

Selain itu knalpot terlihat juga sudah tidak standar lagi. Modifikasi ini membuktikan kalau motor yang usianya sudah tak muda lagi pun masih terlihat keren.

modifikasi motor beat

Modifikasi Honda BeAT mengusung gaya sporty dengan stang telanjang. (Foto: IG Honda Modif Contest)

3. Motor BeAT Modif Gaya Sporty

Lanjut pada contoh modifikasi motor BeAT yang selanjutnya. Kali ini kita bisa melihat garapan yang terbilang cukup sederhana.

Dapat dilihat bagian kaki-kaki masih menggunakan ban dan pelek bawaan pabrik. Begitu juga dengan shockbreaker-nya.

Bagian body pun demikian. Tapi sang pemilik melakukan pemangkasan spakbor belakang yang membuat tampilan terlihat jadi lebih sporty.

Tak dipangkas habis, melainkan masih ada tempat untuk memasang plat nomor.

Perubahan yang membuat motor ini kelihatan berbeda bisa jadi dari permainan warnanya. Pelek dibalut warna merah yang terlihat kontras dengan body silver.

Selebihnya, perubahan bisa dilihat pada knalpot yang sudah menggunakan model racing. Selain itu juga penggunaan spion bar end yang membuat motor ini lebih kekinian.

modifikasi motor beat

Honda BeAT karbu yang masih digemari penyuka modifikasi. (Foto: IG Honda Modif Contest)

4. Honda BeAT Karbu Racing

Meski usianya sudah tak muda lagi, Honda BeAT karbu belum kehilangan penggemar. Sebagian pemilik justru rela merogoh kocek lebih untuk membuat tampilannya terlihat lebih spesial.

Kalau kamu juga tertarik untuk melakukannya, modifikasi Honda BeAT karbu berwarna kuning ini mungkin bisa jadi salah satu inspirasi.

Ubahan yang ada cukup simple. Mulai dari depan, motor ini mendapat tambahan windshield mungil sehingga terlihat lebih modern.

Kemudian kesan racing terasa dari penggunaan spion bar end. Konsep ini dipertegas ban yang lebar dan juga knalpot yang tak lagi standar.

Tongkrongannya juga tambah keren dengan tutup kipas berwarna krom pelangi.

Tinggal pasang plat nomor di depan dan belakang, motor puni siap untuk diajak gaul.

Modifikasi Motor BeAT Adventure

Salah satu contoh modifikasi motor BeAT dengan gaya adventure. (Foto: IG Honda Modif Contest)

5. Modifikasi Motor BeAT Adventure

Skuter matik mungil seperti Honda BeAT juga bisa tampil sangar. Tentunya setelah mendapat sentuhan modifikasi yang menunjang hal itu.

Konsep adventure atau motor petualangan bisa dipilih. Body motor dibuat jangkung dengan kaki-kaki lebih tinggi dari standar.

Ground clearance bertambah, otomatis motor makin bebas kalau mau diajak kotor-kotoran.

Untuk melengkapi tampilannya, bagian stang dipasang handguard selayaknya motor-motor trail. Spakbor depan dan belakang juga mengadopsi gaya yang sama.

Tak ketinggalan pelek menggunakan model spoke wheel alias jari-jari. Bukan cast wheel seperti bawaan pabrik.

Penggunaan spoke wheel memang lebih umum pada motor adventure. Salah satu alasannya karena lebih mudah diperbaiki jika mengalami bengkok akibat benturan.

Baca Juga:

Harga Honda BeAT Bekas

Sampai saat ini BeAT masih menjadi produk terlaris dari Honda. Jadi tak sulit untuk menemukan unit bekasnya di pasaran. Tapi karena peminatnya cukup banyak maka harga jual sekennya pun bertahan.

Dari halaman motor bekas Carmudi, terpantau harga Honda BeAT tahun 2015 ada di rentang Rp6,7 jutaan sampai Rp8,5 jutaan. Sedangkan untuk tahun yang lebih muda, seperti keluaran 2018 harganya sekitar Rp10 jutaan.

Menariknya, Honda BeAT generasi terbaru juga sudah muncul di pasar motor bekas dengan harga sekitar Rp13,3 jutaan. Tinggal pilih dan langsung modif!

 

Penulis: Mada

Editor: Lesmana/Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts