Tips dan Trik

Kunci Motor Hilang dan Setang Terkunci, Begini Solusinya

Jakarta – Kunci motor hilang dengan posisi setang terkunci. Situasi ini bisa menimpa siapa saja yang memiliki kendaraan roda dua.

Lantas bagaimana solusinya?

Kunci Motor Hilang, Tidak Ada Solusi Praktis

Kejadian kunci motor hilang memang cukup sering terjadi di kalangan bikers. Bahkan belum lama ini seorang rekan dari tim Carmudi juga mengalaminya.

Kejadian berawal ketika ia pergi untuk membeli makan malam menggunakan Honda BeAT kesayangan. Awalnya semua baik-baik saja. Ia baru menyadari kunci motornya hilang ketika hendak kembali pulang.

“Kejadiannya sudah hampir tengah malam. Jadi bingung juga karena kayaknya tukang ahli kunci sudah pada tutup,” kenangnya.

Pikiran pria yang kerap dipanggil Radit itupun semakin tak karuan. Pasalnya ia tak yakin akan keberadaan kunci cadangan. “Dulu belinya kondisi bekas, lupa, deh, dapat kunci cadangan atau enggak,” ungkapnya.

Malam semakin larut dan posisi Honda BeAT milik Radit masih terparkir dengan posisi setang terkunci. Radit pun terus mencari kunci sepeda motornya dibantu pelayan restoran yang ia kunjungi.

Kunci Motor Hilang

Ilustrasi rumah kunci motor (Foto: iStock Photo)

Situasi yang dialami Radit sebenarnya tidak perlu terjadi seandainya ia lebih cermat menyimpan kunci motornya. Tapi apa mau dikata, sial sudah terlanjur menimpa.

Harapannya situasi seperti itu juga tak perlu dialami Carmudian. Pasalnya, bisa dibilang tak ada cara praktis yang bisa dijadikan solusi kunci motor hilang.

Apalagi sekarang teknologi keamanan sepeda motor semakin canggih. Mulai dari adanya cover lubang kunci, penggunaan keyless, sampai immobilizer.

Fitur-fitur tersebut hadir agar sepeda motor semakin sulit digondol maling. Tapi di lain sisi juga akan merepotkan pemilik jika mengalami kehilangan kunci kontak.

Bahkan khusus kunci dengan teknologi immobilizer konon satu-satunya solusi adalah mendatangi diler resmi untuk dibuatkan serep. Hal ini menarik dibahas, tapi kita akan mengulasnya dalam artikel terpisah.

Kunci-Motor-Hilang

Sering kali pemilik kehilangan kunci motor di area parkir. (Foto: Toko Mobil ID)

Langkah Darurat Kunci Motor Hilang

Usahakan tetap tenang ketika menghadapi situasi seperti ini. Dengan begitu Carmudian akan berpikir lebih jernih dan siapa tahu jadi teringat di mana terakhir kali menaruh kunci motor yang dicari.

Jika posisi sepeda motor yang terkunci berada di luar rumah, misalnya parkiran mall, kantor, atau semacamnya berikut adalah langkah-langkah yang bisa Carmudian lakukan.

1. Komunikasi dengan Pihak Keamanan

Area parkir di tempat-tempat umum biasanya memiliki pihak keamanan untuk mengawasinya. Dalam kondisi seperti ini tak ada salahnya untuk memberitahu situasi yang Carmudian alami kepada mereka.

Alasan pertama, sering kali sebenarnya pemilik motor sendiri yang meninggalkan kunci motornya secara tidak sengaja di area parkir. Jika kasusnya demikian ada kemungkinan kunci disimpan pihak keamanan.

Alasan kedua, harapannya pihak keamanan menaruh perhatian ekstra pada sepeda motor Carmudian mengingat kunci bisa saja dipegang orang jahat. Apalagi ada kemungkinan Carmudian mesti meninggalkan lokasi untuk mengambil kunci cadangan.

2. Manfaatkan Kunci Cadangan

Pada saat-saat seperti inilah kunci cadangan sangat diperlukan. Coba ingat lagi di mana Carmudian menaruh kunci cadangan sepeda motor.

Jika masih berada di dalam kota, saat ini rasanya bukan hal sulit untuk mengirimkan barang sekecil itu dari rumah ke lokasi Carmudian berada.

Mengingat fungsinya yang sangat penting maka disarankan juga untuk mempersiapkan keberadaannya sejak jauh-jauh hari. Setiap sepeda motor baru yang keluar dari diler pasti dilengkapi kunci cadangan.

Sehingga Carmudian yang membeli sepeda motor dalam kondisi bekas juga wajib menanyakan keberadaan barang ini kepada pemilik sebelumnya.

Terakhir, jika saat ini sepeda motor Carmudian tidak memilikinya, membuat kunci serep sendiri juga bisa dilakukan.

3. Panggil Ahli Kunci

Memanggil ahli kunci umum dilakukan mereka yang kehilangan kunci motornya. Tingkat keberhasilannya pun cukup tinggi. Carmudian tinggal menyediakan biaya untuk membayar jasa dan pembuatan kunci duplikat.

Adapun kisaran biaya bikin kunci motor sekitar Rp20.000 hingga Rp35.000 untuk kunci model biasa. Tapi untuk kunci yang menggunakan model laser cut harganya lebih mahal, mencapai Rp50.000 sampai Rp70.000.

Perlu diingat, harga bisa saja berbeda-beda untuk setiap ahli kunci.

Di bawah ini Carmudian juga bisa melihat sejumlah nomor ahli kunci yang Carmudi kumpulkan dari hasil pencarian Google. Mayoritas berada di wilayah DKI Jakarta. Carmudian bisa coba menghubunginya jika memang dibutuhkan.

Tapi perlu ditegaskan, Carmudi tidak menjamin kualitas layanan yang diberikan oleh masing-masing ahli kunci ini karena hanya bersifat referensi semata.

  • Ahli Kunci Jakarta 089644422523 & 089644422523
  • Doctor Kunci 085888588878
  • Ahli Kunci Dua Saudara 082213257852
  • Samsul Saga Kunci 081310170767
  • Ahli Kunci Kemayoran 08179801533

Jika kunci motor yang Carmudian miliki masih menggunakan model biasa (bukan immobilizer) mayoritas ahli kunci akan bisa mengatasinya. Termasuk untuk jenis kunci yang menggunakan cover pada lubangnya.

Cover tersebut memang harus dibuka menggunakan magnet dengan kombinasi khusus. Tapi hal itu bukan masalah karena tinggal dicari anak kunci yang sesuai.

Beberapa ahli kunci memang mengklaim juga bisa menangani pembuatan duplikat kunci immobilizer. Tapi untuk hal ini disarankan tetap memilih bengkel resmi sebagai prioritas karena mesti dilakukan reset memori yang ada di Engine Control Unit (ECU).

4. Membongkar Rumah Kunci Sendiri

Cara ini memang sangat merepotkan. Tapi ada kalanya menjadi solusi satu-satunya untuk masalah kunci motor hilang.

Ketika tidak ada ahli kunci yang bisa dipanggil untuk membantu, maka Carmudian bisa membongkar rumah kunci sendiri. Setelah terlepas maka Carmudian bisa membawanya ke ahli kunci.

Idealnya cara ini hanya dilakukan jika motor berada di lokasi yang aman, misalnya tempat tinggal pribadi. Selain alasan keamanan, Carmudian juga akan lebih nyaman melakukan proses bongkar pasang.

Tingkat kesulitan untuk melepas rumah kunci motor berbeda-beda. Tapi untuk sepeda motor jenis skuter matik relatif mudah.

Rumah kunci bisa diakses dengan melepas tameng depan bodi motor. Kemudian kendorkan baut yang mengikat rumah kunci dengan rangka. Sebelum benar-benar melepasnya, jangan lupa cabut soket kabel yang menghubungkan rumah kunci dengan sistem kelistrikan.

Ilustrasi-gantungan-kunci-motor

Ilustrasi gantungan kunci motor. (Foto: Pinterest)

Tips Kunci Motor Anti Hilang

Itulah cara-cara yang bisa Carmudian jadikan solusi kunci motor hilang. Biar tak terulang, ada beberapa trik yang bisa dilakukan.

Misalnya menggunakan gantungan kunci yang cukup mencolok bentuknya. Tapi perlu diingat, jangan menggunakan gantungan kunci dengan bobot yang terlalu berat karena bisa bikin rumah kunci cepat rusak.

Kemudian Carmudian juga disarankan agar selalu menaruh kunci di tempat yang sama setiap waktu. Misal, ketika bepergian maka selalu taruh kunci motor di bagian tertentu pada tas yang dibawa.

Lalu, sebisa mungkin jangan menaruh kunci di kantung terbuka karena rawan jatuh. Atau memegangnya terlalu lama karena bisa saja tanpa sadar menaruhnya di sembarang tempat kemudian lupa.

Seperti halnya yang dialami Radit. Setelah dicari ke mana-mana, ternyata kunci motornya tertinggal di minimarket yang berada di depan tempat ia makan malam.

“Baru ingat sempat mampir ke sana buat beli rokok. Ternyata kuncinya saya taruh di meja kasir. He he he,” kelakarnya.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts