Home » Sepeda motor » Kurang Terkenal, Bagaimana Harga Yamaha Freego Bekas? 

Kurang Terkenal, Bagaimana Harga Yamaha Freego Bekas? 

Harga Yamaha FreeGo bekas masih stabil dan tinggi (Foto: YIMM)

Jakarta – Yamaha FreeGo merupakan salah satu model skutik yang mengisi segmen kelas 125 cc. Freego oleh Yamaha tidak masuk ke dalam klan Maxi Family sebagaimana Lexi. Dengan kemampuan akomodasi terbaik, bagaimana harga Yamaha Freego bekas sekarang ini?

Sudah umum menjadi hukum pemasaran bila kendaraan yang kurang terkenal atau kurang diminati maka harga jualnya akan jatuh atau sangat terjangkau. Untuk saat ini, Yamaha mengandalkan Maxi Family sebagai jualan utama di segmen skutik. Namun demikian, model-model yang lain tidak sampai dianaktirikan.

Yamaha Freego diluncurkan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) pada Oktober 2018 lalu bertepatan dengan ajang IMOS 2018. Freego hadir sebagai skutik yang mengutamakan aspek akomodasi dan fitur, namun kurang mementingkan gaya.

Freego tercatat memiliki kapasitas bagasi 25 liter, sepantar Aerox dan NMax. Untuk kendaraan sehari-hari, jelas sangat praktis karena skutik ini mengadopsi gaya flatdeck.

Kita bisa menyimpan helm half face di balik jok Freego, ditambah jas hujan dan barang kecil lain. Bahkan, kita bisa menyimpan sebuah helm full face di bagasi Freego saking besarnya.

Berdasarkan pantauan di beberapa laman jual beli online untuk Freego dengan tahun rakitan 2019, harganya masih bertahan di Rp12 jutaan dan paling mahal Rp16 juta. Namun ada juga yang menjualnya di bawah Rp10 jutaan.

Harga Yamaha Freego Bekas Masih Tinggi

Yamaha Freego bekas di listing Carmudi

Membahas harga motor bekas, biasanya sangat dipengaruhi oleh popularitas alias seberapa laku motor tersebut di pasaran. Selain itu, masih ada beberapa aspek lain seperti biaya perawatan dan fitur yang dimiliki, sebagai faktor yang juga membuat harga tetap stabil. Melihat poin di atas, harga bekas Yamaha Freego tampaknya dipengaruhi oleh biaya perawatan dan juga fitur yang akomodatif.

Bagaimana tidak, Yamaha Freego masih kalah tenar dibandingkan Yamaha Lexi. Tapi, harga jual kembali Freego bisa tetap tinggi. Berdasarkan listing Carmudi, Yamaha Freego bekas keluaran 2019 dijual berkisar antara Rp14-16 jutaan. Lebih spesifik lagi, ada yang menjual dengan harga Rp9,5 juta namun dengan kondisi STNK hilang.

Melihat fakta tersebut, bisa kita ketahui kalau depresiasi harga Yamaha Freego termasuk sedikit. Untuk menghitungnya, kita harus tahu berapa harga jual Yamaha Freego baru di tahun lalu.

Varian terbawah ada FreeGo tipe standard dengan harga Rp18,5 juta, kemudian FreeGo S Rp19,7 juta dan versi termahal yaitu FreeGo S ABS dengan harga Rp22,5 juta. Pada tipe termahal, Yamaha Freego dibekali fitur keyless dan start stop button, termasuk fitur rem ABS di bagian roda depan.

Yamaha Freego tipe standar (Foto: Carmudi)

Untuk Yamaha Freego S bekas misalnya, harga bekas skutik tersebut di listing Carmudi dijual Rp15,75 juta. Artinya, penurunan dari harga barunya tahun lalu sekitar Rp6,75 juta atau 30 persen.

Sementara itu, harga bekas Freego tipe standar dijual Rp14 jutaan, atau mengalami depresiasi sekitar Rp5,7 juta. Penurunannya juga berkisar 30 persen dari harga baru. Persentase tersebut relatif kecil karena cukup banyak motor bekas berusia setahun yang penurunannya di atas 30 persen.

Beli Yamaha Freego Bekas Harga Murah

Yamaha Freego dengan kondisi STNK hilang (Foto: Carmudi)

Apabila kalian hanya punya dana terbatas tapi ingin skutik tahun muda, bisa saja membeli unit yang STNK hilang. Ambil contoh untuk Freego di listing Carmudi yang dijual dengan kondisi STNK hilang, dijual seharga Rp9,5 juta. Harga tadi pasti masih bisa dinegosiasikan atau ditawar.

Untuk mengurus STNK hilang, biayanya berkisar antara Rp500-600 ribu di biro jasa. Itu baru biaya mengurus dan penerbitan STNK saja, namun biasanya kita juga diminta untuk sekalian membayar pajak kendaraan atau balik nama.

Untuk mengurus biaya balik nama melalui biro jasa, sekitar Rp1,5-1,8 juta. Harga yang diminta tersebut sudah mencakup semuanya, mulai dari balik nama, hingga penerbitan STNK dan BPKB baru beserta pajak kendaraan.

Untuk hitungan kasar, dengan harga Yamaha Freego bekas Rp9,5 juta ditambah biaya balik nama Rp1,8 juta, maka totalnya Rp11,3 juta. Masih jauh lebih murah dibanding harga Freego bekas dengan kondisi surat lengkap.

Bila kita sudah hafal soal biaya administrasi balik nama dan sebagainya, maka membeli unit STNK hilang atau pajak telat, hitungannya bisa jadi lebih murah dari harga normal. Hal yang harus kita perhatikan yaitu soal kondisi motor yang harus sehat dan cukup terawat.

Alasan Harga Yamaha Freego Bekas Masih Mahal

Yamaha FreeGo (Foto: Santo/Carmudi)

Sempat disinggung di atas kalau Yamaha Freego hadir sebagai skutik yang mengutamakan aspek akomodasi. Fitur yang diusung Freego sangat memudahkan pengendara untuk aktivitas sehari-hari.

Skutik ini punya fitur power outlet yang ditempatkan di dek kanan motor. Kalian hanya butuh adaptor berupa lighter mobil untuk menggunakannya. Selain itu, bagasi di balik jok lumayan besar dan mampu menyimpan helm full face. Bagasinya bisa lega karena tangki bensin berada di depan.

Bagasi Freego

Tutup tangki berada di area tebeng sayap sebelah kiri, sehingga memudahkan saat pengisian bensin tanpa harus turun dari motor. Membuka tutupnya pun melalui tombol seperti pembuka jok di Honda Vario 150, meski bukan elektronik.

Yamaha Freego ukuran deknya termasuk standar. Melihat kastanya, Freego ini hanya setingkat di atas Mio dan Soul, dan sejajar dengan Vario 125.

Melihat ukuran deknya juga hanya rata-rata skutik pada umumnya, bukan dek yang bisa selonjoran seperti Lexi. Kalian mungkin hanya bisa membawa sebuah galon atau karung yang dijepit di tengah.

Yamaha Freego ini sebenarnya lebih cocok untuk motornya ibu-ibu atau kaum hawa. Sebab, bagasinya lumayan besar sehingga bisa digunakan membawa barang belanja kemasan, seperti sabun, shampo, bumbu dapur, dan sejenisnya.

Spesifikasi Yamaha Freego, Tenaganya Paling Kecil

Yamaha FreeGo Matte Blue Grey (Foto: YIMM)

Bicara soal desain, Freego ini tidak seagresif skutik Yamaha karena minim sudut tegas. Yamaha Freego didesain dengan sudut tumpul, agar terkesan bongsor. Ban Freego berukuran 110/90 12 inci depan belakang, dengan tapak lebar dan diameter kecil menciptakan perpaduan pas pada desainnya.

Spesifikasi Mesin Freego untuk silindernya yaitu diameter 52,4 dan langkah 57,9 mm. Volume Silinder 125 cc dengan daya maksimum 7,0 kW / 8000 rpm dan torsi maksimum 9,5 Nm/ 5500 rpm.

Bila dibandingkan dengan skutik 125 cc sejenis, tenaga Yamaha Freego bahkan masih kalah. Sebagai perbandingan, Honda Vario 125 volumetrik silindernya memiliki diameter 52,4 dan langkah 57,9 mm. Tenaga yang dihasilkan sebesar 8,2 kW (11,1 PS) / 8.500 rpm dan torsi 10,8 Nm (1,1 kgf.m) / 5.000 rpm.

Sayangnya, Freego hanya dibekali dengan suspensi belakang per spiral biasa. Karakter suspensi Yamaha untuk tipe spiral biasa tanpa subtank ini cenderung kenyal. Untungnya, Yamaha mengkombinasikan dengan busa jok empuk.

Sektor dimensi, Freego juga cukup ramping dan ringan. Dimensi totalnya (PxLxT) 1905 x 690 x 1100 mm, sementara jarak poros roda 1.275 mm, kemudian bobot isi Cuma 102 kilogram. Lumayan ringan seperti skutik biasa, bila dibandingkan Yamaha Lexi yang bobotnya 114 kilogram.

 

Penulis: Yongki Sanjaya

Editor: Dimas

Baca Juga:

Keren, Vespa Sekarang Punya 7 Warna Baru

Previous post
Suzuki Berencana Meluncurkan Beberapa Mobil Baru, Ada Jimny Lima Pintu
Next post
Nih, Cara Gampang Upgrade Performa Kawasaki Ninja ZX-25R