ModifikasiSepeda motorSumber informasi

Lakukan Modifikasi Rem, Vespa Lawas Berasa Skutik

kelebihan vespa klasik

Bentuknya yang unik membuat Vespa klasik tetap asik dengan kelebihan lainnya. Foto /carmudi

Jakarta – Eksistensi Vespa yang telah bertahan sangat lama membawa daya tarik tersendiri di hati para scooterist. Tak hanya untuk dilihat saja tapi juga ditunggangi. Hal ini nyatanya tidak hanya berlaku untuk mereka yang berusia tua, tapi juga anak-anak muda ‘jaman now’.

Terkait hal itu, anak muda saat tengah dikepung motor-motor matic asal Jepang, menurut Bono, Ketua Harian Scooter Owner Group (SOG) Bogor, kebiasaan mereka mengendarai motor matic akan memberikan kesulitan sedikit saat mencoba Vespa lawas pertama kali.

“Sekali mereka coba motor Vespa mungkin bisa kewalahan karena posisi rem yang ada di dek kanan,” katanya.

Merunut kebiasaan berkendara motor matic, Bono pun menyayangkan budaya berkendara yang muncul. “Motor matic itu memang gesit dan praktis, tapi jadi bikin orang bisa gampang ugal-ugalan. Apalagi anak muda. Makanya, pakai Vespa biar tobat,” guraunya.

Modifikasi Rem Cakram jadi Solusi

Meskipun begitu, banyak anggota SOG juga yang merupakan anak-anak muda. Mulai dari mahasiswa hingga siswa SMA yang berusia 17 tahun (sudah memiliki SIM). Mereka tertarik mengendarai Vespa lawas karena cerita para orang tua mereka, atau dari segi kenyamanan yang memang mereka rasakan saat mengendarai skuter legendaris tersebut.

Modifikasi rem

Perbandingan rem depan Vespa cakram (kiri) dan tromol (kanan). Foto /carmudi.

“Tapi biasanya mereka bikin modifikasi lagi di rem depan. Rem Vespa itu harus hati-hati menggunakannya, karena tidak sepakem motor Jepang. Namanya anak-anak, mereka tetap ingin yang praktis. Maka itu mereka memodifikasi rem depan Vespa dengan cakram,” terangnya.

Modifikasi rem cakram depan Vespa lawas memang bisa dan sudah cukup biasa dikalangan scooterist. Seperangkat rem cakram biasanya didapatkan dari bengkel modifikasi di Bandung.

Beberapa scooterist yang kebetulan ditemui di bengkel Bonovespa milik Bono ini mengakui kualitas modifikasi Bandung masih jauh lebih baik daripada di daerah lain. Untuk harganya, pihak bengkel enggan memberikan kisarannya.

Modifikasi rem cakram depan diakui tidak ada pengaruh buruk untuk mekanisme Vespa-nya. Tak hanya rem depan saja, rem belakang pun bisa dimodifikasi dengan penambahan cakram. Proses modifikasinya pun tidak rumit, sama seperti motor matik mainstream lainnya. (dol)

Dimas Hadi

Memulai karir sebagai jurnalis otomotif sejak 2016 di Carmudi Indonesia. Sebelumnya aktif menulis bermacam esai sosial-budaya dan beberapa karya tulis lainnya sejak 2009. Email : [email protected]
Follow Me:

Related Posts