Sumber informasi

Lampu Indikator Mobil Menyala Terus, Cari Tahu Artinya Sebelum Ambil Tindakan

Lampu indikator mobil menyala terus. Hal tersebut tentunya akan menimbulkan tanda tanya bagi pemilik. Jangan-jangan ada sesuatu yang tidak beres pada kendaraannya.

Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

(Foto: Car and Driver)

Seiring perkembangan zaman, mobil hadir dengan teknologi yang makin canggih. Keberadaan lampu-lampu indikator pada panel instrumen atau dasbor mencerminkan hal tersebut.

Kemunculannya memang bukan lagi barang baru. Namun satu hal yang pasti adalah jumlahnya terus bertambah.

Hal ini dikarenakan makin banyak pula fitur atau kelengkapan berkendara yang menempel pada produk-produk mobil baru.

Misalnya saja traction control, tire pressure monitor system, dan sebagainya. Hampir setiap fitur semacam itu memiliki lampu indikatornya masing-masing.

Apa yang Dimaksud Lampu Indikator Mobil?

Secara sederhana, lampu indikator mobil adalah simbol-simbol yang berada di panel instrumen atau dasbor.

Sejumlah sumber menyebutkan lampu indikator merupakan perangkat untuk menunjukkan status komponen atau fitur tertentu pada kendaraan. Baik yang sifatnya elektris atau non elektris melalui sebuah lampu.

Setiap pabrikan mungkin saja mengadopsi pakem yang berbeda. Namun secara umum lampu indikator biasanya menggunakan lima warna, yakni merah, hijau, kuning, biru, dan putih.

Masing-masing warna memiliki artinya masing-masing, seperti halnya dijelaskan pada tabel di bawah ini.

MerahPeringatan terhadap gangguan yang berpotensi menimbulkan bahaya
KuningKerap digunakan untuk menunjukkan nilai batas tertentu atau sebuah peringatan
HijauMenggambarkan pengoperasioan normal
BiruInstruksi khusus
PutihFungsi lain di luar warna-warna sebelumnya

Sampai pada titik ini sudah jelas bahwa lampu indikator berhubungan langsung dengan kinerja fitur atau komponen kendaraan. Maka dari itu sudah semestinya seorang pemilik mobil memahami arti setiap lampu indikator.

Terlebih lagi jika adanya indikasi lampu indikator mobil menyala terus padahal sebelum-sebelumnya tidak seperti itu.

Lampu Indikator Mobil Menyala Terus, Pahami Artinya!

Berikut ini adalah beberapa jenis lampu indikator yang cukup jamak ditemui pada mobil keluaran terbaru.

Peringatan Temperatur Mesin

Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

Seandainya Carmudian melihat lampu indikator berikut ini menyala artinya mesin mobil mengalami overheat. Hal ini biasanya ada hubungan dengan sistem pendingin alias radiator.

Namun, bisa juga terjadi karena disebabkan faktor-faktor lain. Penting untuk mengambil tindakan sesegera mungkin ketika lampu indikator ini menyala.

Lampu Tekanan Oli

Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

Lampu indikator dengan gambar kaleng oli dari zaman dulu tersebut menandakan ada sesuatu yang tak beres pada sistem pelumasan mesin. Sebabnya, bisa jadi volume oli dalam mesin jumlahnya terlalu sedikit.

Jika lampu indikator ini menyala sebaiknya jangan tunda waktu untuk melakukan pemeriksaan karena akibatnya bisa fatal.

Tekanan Angin Ban

Memang tak semua mobil memiliki fitur yang dinamakan Tire Pressure Monitor System (TPMS). Sesuai namanya, TPMS berguna memonitor tekanan angin pada ban.

Lampu indikator TPMS menyala bisa disebabkan dua hal, yakni tekanan angin ban terlalu terlalu rendah atau malah terlalu tinggi. Idealnya ban mobil memiliki tekanan angin antara 30-35 psi.

Traction Control

Saat lampu indikator ini menyala artinya traction control dalam posisi aktif. Fitur traction control berfungsi menjaga agar ban selalu mendapatkan cengkraman ke permukaan aspal.

Caranya dengan memanfaatkan sistem ABS yang terdapat pada pengereman untuk menghentikan putaran ban seandainya terdeteksi mengalami selip.

Indikator ABS

Sistem ABS juga memiliki lampu indikator sendiri. Ada kalanya lampu indikator tersebut menyala sebagai bagian dari pengecekan otomatis yang dilakukan oleh sistem, tapi kemudian mati dengan sendirinya.

Namun, jika ternyata posisinya terus menyala maka sebaiknya segera lakukan pemeriksaan.

Traction Control Malfunction

Lampu indikator ini menandakan adanya ketidakberesan pada sistem traction control. Hal tersebut bisa disebabkan oleh kerusakan sensor atau faktor lain.

Pada mobil tertentu, traction control menggunakan modul yang sama dengan ABS. Jika kasusnya demikian maka ada kemungkinan juga dipicu masalah pada sistem ABS.

Indikator Engine Check

Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

Lampu indikator engine check menyala merupakan kejadian yang cukup umum. Sialnya, lampu indikator ini menandakan permasalahan yang cakupannya sangat luas.

Mulai dari masalah yang sifatnya mekanis hingga elektris. Hal yang sering terjadi ialah gangguan pada salah satu sensor kendaraan.

Sensor itu sendiri jumlahnya cukup banyak, misalnya sensor oksigen, sensor injektor, sensor temperatur intake, sensor air flow meter, dan lain-lainnya.

Bahkan ada kejadian indikator engine check menyala karena tutup lubang pengisian bensin yang tidak rapat sehingga menyebabkan evaporasi.

Langkah paling tepat ialah membawa kendaraan ke bengkel untuk dilakukan pemindaian guna mengetahui kerusakan pastinya.

Indikator Baterai/Aki

Lampu Indikator Mobil Menyala Terus

Dari simbol yang ditampilkannya sudah jelas bahwa lampu indikator ini menandakan masalah pada baterai atau aki. Tapi tidak selalu pada komponen akinya, melainkan bisa juga pada kabel-kabelnya.

Jika memang kondisi aki yang sudah lemah biasanya disertai tanda-tanda seperti lampu depan redup atau klakson mati.

Indikator Bahan Bakar

Mayoritas pemilik mobil mungkin sudah tak asing lagi dengan indikator yang satu ini. Fungsinya cukup sederhana, yaitu memberitahu pengendara bahwa bahan bakar hampir habis.

Keberadaan indikator bahan bakar umumnya disertai fuel gauge yang menunjukkan berapa banyak bahan bakar tersisa di dalam tangki.

Automatic Shift Lock

Jika melihat lampu indikator ini menyala kemungkinan besar pengemudi berusaha memindahkan gigi atau menyalakan mesin tanpa menginjak pedal rem. Lampu indikator ini bisa ditemui pada mobil dengan transmisi otomatis.

Pengingat Sabuk Pengaman

Lampu indikator dengan simbol seperti di atas merupakan pengingat sabuk pengaman. Indikator ini akan menyala seandainya pengemudi atau penumpang depan belum menggunakan sabuk pengaman padahal mobil sudah melaju.

Mengingat pentingnya menggunakan sabuk pengaman, pada saat ini biasanya lampu indikator sabuk pengamanan juga disertai dengan suara “beep”.

Indikator Airbag

Jika indikator airbag menyala itu artinya ada yang tidak beres pada sistem kantung udara secara keseluruhan. Penting untuk segera melakukan pemeriksaan ke bengkel.

Security Light

Pada mobil-mobil yang dilengkapi dengan sistem anti-theft maka indikator ini akan menyala seandainya ada masalah pada sistemnya.

Indikator security light juga akan menyala ketika pengemudi menghidupkan mesin, namun kemudian mati dengan sendirinya. Hal tersebut bukanlah sesuatu yang perlu dikhawatirkan.

Indikator Fog Lamp

Sistem penerangan kendaraan memiliki sejumlah indikator di panel instrumen. Bukan hanya lampu jauh atau sein, tapi termasuk fog lamp alias lampu kabut.

Bahkan keberadaan indikator lampu yang satu ini kerap belum banyak diketahui orang. Jika Anda melihat indikator seperti gambar di atas berarti fog lamp dalam posisi menyala.

Di beberapa negara penggunaan fog lamp memiliki peraturan khusus. Misalnya, fog lamp hanya boleh dinyalakan jika jarak pandang kurang dari 91 meter.

Indikator Carian Wiper

Cairan wiper atau yang disebut washer fluid juga memiliki lampu indikator di panel instrumen. Bentuknya menyerupai gerakan wiper itu sendiri atau seperti yang bisa dilihat pada gambar di atas.

Jika melihat lampu indikator mobil menyala terus dengan gambar seperti itu tandanya cairan wiper sudah mau habis. Walau terkesan sepele, namun sebaiknya segera lakukan pengisian ulang.

Baca Juga:

Penulis: Mada Prastya

Editor: Dimas

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts