Berita

Land Cruiser FJ40 Punya Tom Hanks Cari Pemilik Baru, Cek Modifikasinya

Jakarta – Tom Hanks merupakan satu dari sekian banyak aktor Hollywood yang punya koleksi mobil klasik. Pemeran utama di film Forest Gump tersebut diketahui memiliki Toyota Land Cruiser FJ40 dengan modifikasi jempolan.

Land Cruiser FJ40 Tom Hanks

(Foto: Silodrome)

Perlu diketahui, mobil ini merupakan Land Cruiser FJ40 buatan 1980 yang telah dibangun ulang untuk memenuhi keinginan sang aktor.

Performa menjadi tujuan utama pada setiap ubahan mobil berkelir hijau tersebut.

Kini mobil tiga pintu ini menggendong mesin 6 silinder sejajar bawaan pabrik kena subtitusi dengan mesin General Motors (GM) L35 4.3-litre Vortec V-6 yang punya tenaga 180 Hp. Mesin semacam ini biasa ditemukan pada mobil-mobil pikap truk GM.

Tenaga dari mesin itu sendiri disalurkan ke roda lewat transmisi 5 percepatan.

Land Cruiser FJ40

(Foto: Silodrome)

Selain itu, kapabilitas mobil untuk digunakan pada lintasan off road juga dipastikan telah membaik dibanding Land Cruiser FJ40 standar. Ini berkat perombakan pada sektor kaki-kaki.

Selain itu, suspensi menggunakan produk lansiran Old Man Emu dengan dikombinasikan hub roda dari Warn.

Kemudian, aktor gaek ini juga telah menambahkan power steering dan power brake guna memastikan mobil lebih aman dikendarai.

Kemampuan off road tersebut juga masih ditunjang dengan penggunaan ban Toyo Open Country.

Menariknya, walaupun mobil ini dibangun dengan berorientasi pada performa, bukan berarti kenyamanan kabin dilewatkan. Sorotan utama di interior ialah menempelnya jok elektrik copotan dari Porsche.

Selain itu, penumpang juga tak perlu kegerahan saat off road, karena di kabin mobil sudah ada air conditioner (AC).

Supaya nuansa klasik dari mobil ini tetap ada, Tom Hanks memutuskan untuk tetap mempertahankan sistem hiburan kabin menggunakan head unit Sony dengan pemutar kaset sekaligus radio FM/AM.

Interior Land Cruiser FJ40

(Foto: Silodrome)

Dilelang dengan Harga Menarik

Dikutip dari Silodrome, Senin (26/7/2021) setiap ubahan pada mobil ini ditujukan untuk penggunaan sehari-hari yang berarti pemilik berikutnya tidak perlu khawatir soal ketangguhan.

Dikatakan “pemilik berikutnya” sebab mobil ini akan segera dilelang pada pertengahan Agustus mendatang melalui balai lelang Bonhams yang berlokasi di London, Inggris.

Harga Land Cruiser FJ40 eks Tom Hanks diprediksi berada di kisaran 75.000 – 125.000 dolar AS atau sekira Rp1 sampai 1,8 miliar.

Dalam artikelnya, Silodrome menyebut angka tersebut cukup menarik untuk mobil dengan spesifikasi sekelasnya. Belum lagi status sebagai tunggangan bintang Hollywood tier satu.

Baca Juga:

 

Penulis: Mada Prastya

Editor: Santo Sirait

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts