Berita Sepeda motor Sumber informasi

Langkah Mudah Merawat Sepeda Motor Agar Tetap Prima

Jakarta – Anda yang punya sepeda motor luangkanlah sedikit waktu untuk merawatnya, agar biaya perawatan yang lebih tinggi terhindarkan. Jika ingin motor lebih awet mesinnya sehingga tidak banyak mengeluarkan biaya banyak untuk perawatan, lakukan perawatan berkala.

Biasanya komponen sepeda motor makin lama akan mengalami kerusakkan atau penurunan kinerja. Apalagi kalau tidak dilakukan perawatan dengan teratur.

Sangat penting untuk melakukan servis atau tune up tunggangan secara berkala. Purwanto kepala mekanik AHASS Benjoyo Motor di kawasan Cipayung Depok menyarankan rutinitas servis sebaiknya dilakukan.

Menurutnya setiap bengkel mempunyai standard operating procedure (SOP) sebagai panduan mengenai tahapan tune up. Semuanya sudah pasti sesuai dengan standart Honda dalam melakukan layanan perawatan motor.

“Pastinya beberapa kendaraan ada aturan dan urutan servis masing-masing, namun tetap saja ada beberapa hal yang umum dilakukan untuk semua sepeda motor,” ujar Purwanto.

Disinggung terkait apa saja hal yang dilakukan saat melakkan tune up, Purwanto mengungkapkan prosedur yang dilakukan untuk membuat mudah sepeda motor dihidupkan. Selain itu kerja mesin normal (langsam), serta sistem pengereman yang bekerja dengan baik.

Tahapan saat Perawatan Sepeda Motor

Ada beberapa tahapan yang harus dilakukan saat melakukan perawatan motor. Ini semua untuk lebih memudahkan mekanik dalam bekerja. Meninjau Buku Jurus Kilat Jadi Montir Profesional Secara Otodidak, dari Asep Yulirianto, disebutkan urutan-urutan servis sepeda motor.

Ada 20 hal yang harus dilakukan oleh seorang mekanik, saat melakukan servis yaitu:
1.  Pemeriksaan dan mengganti oli mesin
2.  Pembersihan, pemeriksaan dan penyetelan karburator
3.  Pemeriksaan dan penyetelan celah klep
4.  Pembersihan, pemeriksaan dan pengukuran atau celah busi, jika sudah tidak memungkinkan bisa diganti dengan yang baru
5.  Membersihkan saluran udara
6.  Pemeriksaan dan penyetelan jarak main bebeas kopling
7.  Pemeriksaan dan penyetelan jarak bebas rem tromol
8.  Pemeriksaan aki
9.  Pemeriksaan dan menambahkan tekanan angin ban
10. Pemeriksaan suspensi depan dan belakang
11. Penyetelan rantai roda
12. Pemeriksaan sstem kelistrikan
13. Pemeriksaan dan penyetelan putaran gas tangan
14. Pemeriksaan pergerakan bebas stang kemudi
15. Pemeriksaan saluran bahan bakar
16. Pemeriksaan dan pembersihan saringan oli
17. Pemeriksaan air radiator
18. Pemeriksaan dan pengencanan baut mesin
19. Pemeriksaan dan penambahan oli samping pada motor dua tak
20. Pemeriksaan dan penyetelan switch rem

Diluar hal itu jangan lupa biar rangka motor lebih awet,rajin rajinlah mencuci motor anda agar tidak cepat berkarat dan keropos.Apalagi jika habis dipakai hujan hujanan.

Dengan melaksanakan beberapa tips diatas, semoga motor anda bisa menjadi lebih awet dan tetap prima.Dan yang terpenting,harga jual kembali akan tetap tinggi jika ingin ganti motor yang baru. (Dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts