Mobil

Lebih Mahal dari Fortuner Tipe G, Intip Spesifikasi Toyota Hiace Terbaru

spesifikasi Toyota HiAce Premio

Toyota HiAce Premio di GIIAS 2019. (Foto:Carmudi/Dimas)

Jakarta – Harga dan spesifikasi Toyota Hiace generasi terbaru yang dibandeol Rp537 jutaan memang lebih mahal dari Toyota Fortuner tipe G yang dijual dengan banderol Rp522 jutaan.

Meski demikian, sebenarnya Toyota Hiace terbaru dan Fortuner adalah dua mobil yang sangat berbeda.

Yang satu bermain di segmen komersial, dan satunya lagi mengisi segmen SUV di Indonesia. Soal harga bisa dibilang mirip-mirip, tapi secara spesifikasi jelas berbeda.

Spesifikasi Toyota Hiace terbaru ini lebih oke dan menarik. Bahkan generasi terbarunya memakai layar yang ada pada Toyota Fortuner.

Mobil berkapasitas 12 orang penumpang ini biasanya dijadikan armada travel. Tidak heran banyak perusahaan jasa pengantaran memilih mobil ini.

spesifikasi Toyota HiAce Premio

Toyota Hiace terbaru (Foto: Paultan)

Selain lega, Toyota Hiace terbaru punya spesifikasi yang mumpuni.

Tidak percaya? Coba simak spesifikasi lengkap Toyota Hiace terbaru ini.

Eksterior Toyota Hiace

Toyota Hiace generasi terbaru hadir dengan nama Premio. Wajah depannya lebih tangguh dan modern dibanding mobil komersial lainnya.

Walaupun lampunya masih memakai halogen, tapi desainnya dibuat seperti mobil mewah. Cukup elegan untuk ukuran mobil komersial yang ada di Indonesia.

Biar makin menarik, Toyota Hiace ini dibekali dengan tiga warna pilihan; Silver Metallic, White, dan Beige Metallic.

Spesifikasi Dimensi dan Mesin Toyota Hiace

Dimensi Toyota Hiace memiliki panjang 5.915 mm, lebar 1.950 mm, dengan tinggi 2.280 mm. Ground clearance mobil ini juga mencapai 1.678 mm di bagian depan, sedangkan pintu tengah mencapai 1.671 mm.

Secara ukuran mobil ini lumayan gede dan panjang, dan berefek kepada ruang kaki dan kepala serta yang pastinya bisa dibuat lebih lega.

spesifikasi Toyota HiAce Premio

Mesin yang tertanam pada Toyota Hiace ini merupakan mesin Toyota berkode 1GD-FTV. Bagi yang belum tahu, mesin ini adalah yang juga digunakan di beberapa model Toyota seperti Land Cruiser Prado generasi pertama, Kijang Innova generasi kedua, Fortuner generasi kedua, dan Hilux generasi kedelapan.

Mesin ini dipadukan dengan transmisi manual 6 percepatan. Soal tenaganya banyak yang tidak meragukan dan lagi torsinya yang cukup besar.

Toyota Hiace generasi terbaru dibekali dengan mesin diesel berkapasitas 2.755 cc, 4 silinder segaris, turbo intercooler. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga hingga 155 Hp dengan torsi 300 Nm.

Dengan sistem pengabutan bahan bakar commonrail, tentu tak akan sulit menggerakkan mobil dengan dimensi yang cukup besar dan berat. Apalagi konsumsi BBM mesin dieselnya juga terbilang irit.

Fitur Keren

Walaupun ini adalah mobil komersial, tetapi fiturnya cukup membuat penumpang merasa aman dan nyaman. Misalnya penggunaan rem cakram di depan dan belakang.

Rem cakram tersebut juga sudah dibekali dengan ABS, jadi nggak perlu khawatir ngerem mendadak. Rem ABS ini juga masih dikombinasikan dengan brake assist.

Head unit Toyota HiAce 2020 (Foto: Autoindustriya)

Ada juga dua buah airbag di bagian depan yang bisa menyelematkan penumpang depan dari tabrakan. Setidaknya ini cukup baik, karena sudah terdapat airbag berjumlah 2 buah.

Fitur lain yang tidak kalah keren adalah adanya Vehicle Stability Control (VSC) yang sangat membantu saat mobil bermanuver di tikungan pada kondisi jalan licin. Fitur ini mampu mengontrol mobil agar tetap stabil melahap tikungan.

Masih ada lagi fitur Hill Start Assist yang bisa menahan laju mobil saat di tanjakan agar tidak langsung mundur. Seatbelt 3 titik juga menjadi peranti standar yang terpasang di dalam mobil.

Versi Jepang Punya Layar Seperti Fortuner

Untuk spesifikasi Toyota Hiace versi Jepang ternyata lebih keren. Toyota juga memasangkan head unit baru dengan layar berukuran 4,2 inci, mirip seperti yang ada di Fortuner.

Selain bisa digunakan sebagai perangkat hiburan, head unit ini juga dapat menunjukkan kapan fungsi Toyota Safety Sense digunakan. Di Indonesia, fitur yang terdapat di interior sebenarnya biasa saja.

Misalnya kedua spion Toyota Hiace sudah dapat diatur menggunakan perangkat elektronik dan bisa dilipat secara elektrik.

Tombol pengaturan lainnya adalah pengunci pintu otomatis. Untuk mengunci bagian pintu hanya perlu melalui tombol yang terletak di bagian supir.

Kaca spion kabin Toyota HiAce 2020 (Foto: Autoindustriya)

Di bagian interior, Toyota Hiace memiliki overhead tray, atau penyimpanan bagian atas. Tempat penyimpanan ini berguna untuk menaruh barang berukuran kecil. Dekat spion tengah juga terdapat konsol yang bisa digunakan untuk menyimpan kacamata.

Kerennya lagi, setir Toyota Hiace juga bisa diatur dengan pengaturan tilt dan teleskopik. Jelas hal ini akan membuat nyaman pengemudi saat mengendarai mobil berukuran besar ini.

Kalau dilihat dari spesifikasi Toyota Hiace di atas, rasanya mobil komersial ini jadi salah satu yang terbaik. Apalagi buat membawa banyak penumpang.

 

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Baca Juga: Harga Toyota Hiace Bekas Setara Fortuner, Bisa Cari Uang Pula Nih

Rizen Panji

Hobinya menghabiskan bahan bakar di akhir pekan. Dan pastinya tergila-gila dengan mobil tua apalagi mobilnya model pintu dua. Oiya, dirinya juga senang melihat interior mobil yang sangat rapih dan bersih, lho!

Related Posts