Berita

Lebih Murah dari Mazda MX-5, Spesifikasi Adik Toyota 86 Terungkap

Keputusan Toyota memamerkan sosok Toyota S-FR Concept di Tokyo Motor Show 2015 pada akhir bulan memicu keriuhan para penggemar mobil sport. Saking menariknya mobil yang digadang-gadang dapat menghancurkan dominasi Mazda MX-5 Miata tersebut, Toyota S-FR sudah memiliki penggemar dan bahkan memiliki forum sendiri.

Di forum tersebut, dibahas berbagai info terkini soal mobil. Termasuk dugaaan spesifikasinya (untuk versi Japanese Domestic Market) yang dijabarkan sebagai berikut:

– Mesin berkode 2NR-FKE (versi modifikasi dari Toyota Corolla di Jepang)
– Kapasitas mesin 1.500cc DOHC empat silinder segaris
– 130 tenaga kuda
– Transmisi Manual Aisin enam percepatan (tidak ada versi transmisi otomatis)
– Konsumsi bahan bakar 20km/liter
– Bahan bakar bensin standar
– Bobot 980kg
– Suspensi: Front struts / double wishbone (belakang)
– Dimensi (3990 mm panjang, 1695 mm lebar, 1320 mm tinggi, 2480 mm jarak sumbu roda)
– Estimasi harga sekitar US$12.500 ribu, lebih murah dari banderol Mazda MX-5 Miata yang memiliki harga di kisaran US$20.800.

Rasio bobot dan tenaga yang seimbang pada mobil diyakini akan membuat S-FR sangat menyenangkan untuk dikendarai. Namun yang paling mengejutkan adalah dugaan banderolnya yang begitu murah, nyaris setengah dari Miata.

Foto-foto yang beredar di forum penggemar S-FR

Foto-foto yang beredar di forum penggemar S-FR

Tata Ruang Kabin Menjadi Pembeda dari Mazda MX-5 Miata

Toyota S-FR Concept adalah mobil sport entry-level dengan konfigurasi penggerak roda belakang. Mengusung desain klasik dan membulat, tampilannya atraktif dan terlihat lebih dari siap untuk memasuki fase produksi. Dimensinya sama persis dengan generasi pertama Mazda MX-5, Miata NA, dan roadster Honda di pasar JDM (Japan Domestic Market) Honda S660. Adapun perbedaan dengan dua mobil yang disebutkan tadi adalah S-FR mengadopsi tata tempat duduk 2+2.

Dengan sosok mobil yang sudah seperti versi produksi, diyakini Toyota bisa meluncurkannya dalam rentang waktu tidak lama setelah versi konsep dipamerkan di Tokyo. Potensi kehadiran Toyota S-FR di pasar dalam waktu dekat dipastikan akan mengganggu tidur nyenyaknya Mazda MX-5 Miata yang saat ini nyaris tidak memiliki pesaing.

Bagaimana, Mazda?

Mana yang lebih menyenangkan untuk dikendarai? Menarik untuk ditunggu.

Mana yang lebih menyenangkan untuk dikendarai? Menarik untuk ditunggu.

Wahyu Perdana Putera

Berkarir di sejumlah online media sejak 2012 sebagai jurnalis teknologi, sains dan otomotif, kini di Carmudi Indonesia sejak Juli 2015 untuk mengulas & mempublikasikan kabar otomotif terkini dari perspektif lain. Menggilai mobil retro era '80-90an, modifikasi & kultur balap jalanan Jepang serta hobi modifikasi dengan aliran oldschool brutal seperti Shakotan, Kyusha & Kaido Racer. Email: wahyu.perdana@carmudi.co.id
Follow Me:

Related Posts