Berita

Luhut Sambangi Pabrik Wuling, Cicipi E100 dan Mini EV

Cikarang – Pabrik Wuling Motors di Cikarang, Jawa Barat, Kamis (30/9/2021), mendadak ramai karena Menteri Koordinasi Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan hadir mengunjunginya.

Kehadiran Menko Marves ditemani oleh Menteri Perhubungan (Menhub) Ir. Budi Karya Sumadi, dan Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin.

Ketiganya melakukan kunjungan guna memberikan dukungan kepada Wuling untuk memasuki era elektrifikasi kendaraan listrik di Indonesia.

luhut sambangi pabrik wuling

Ketiga menteri tersebut disambut oleh Shi Guoyong, President Director Wuling Motors dan Arif Pramadana selaku Vice President Wuling Motors. Mereka menemani untuk melihat proses produksi kendaraan yang ada di pabrik tersebut.

“Realisasi investasi Wuling di Indonesia dimulai dari pembangunan fasilitas produksi dan supplier park dengan standar kualitas global. Kemudian, Wuling hingga kini telah menghadirkan lini produk berkualitas di pasar otomotif Indonesia, bahkan menjadi komoditas ekspor,” jelas Shi Guoyong.

Bicara Infrastruktur Kendaraan Listrik

Selain melihat pabrik, agenda utama Luhut Binsar Panjaitan dan Budi Karya Sumadi adalah untuk membicarakan pengembangan kendaraan listrik. Bahkan termasuk juga mengenai infrastruktur kendaraan listrik ke depannya.

luhut sambangi pabrik wuling

Shi Guoyong pun memaparkan rencana pengembangan kendaraan listrik Wuling yang saat ini sudah dijual di China. Beberapa di antaranya adalah Wuling E100, E200, E300 dan Mini EV yang di negara asalnya mencetak penjualan nomor 1 untuk kendaraan listrik di tahun 2021.

Ia pun menjelaskan jika kendaraan listrik Wuling juga telah terjual sebanyak 200 ribu unit dalam periode Januari-Juli 2021.

Teknologi yang ada di platform GSEV tersebut terdiri dari kendaraan penumpang dan logistik tanpa pengemudi, konektivitasi 5G, serta komputasi awan.

Usai memaparkan produk, ketiga Menteri tersebut juga diperkenankan mencicipi mobil listrik Wuling E100 dan Mini EV di area terbatas.

Luhut Binsar Panjaitan mencoba Wuling E100 dan Mini EV di pabrik Wuling, Cikarang.

“Kami serius untuk membawa teknologi dan juga berinvestasi dalam rangka memasuki era elektrifikasi kendaraan. Tentunya, Wuling juga membutuhkan dukungan dari pemerintah untuk bersama-sama mengembangkan ekosistem EV di Indonesia,” tambah Shi Guoyong.

Bahkan kabarnya pabrikan berlogo W dengan lima berlian tersebut juga akan memproduksi mobil listrik dalam waktu dekat di Tanah Air. Kehadiran Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan ini menjadi salah satu tanda jika Wuling akan segera memproduksi Mini EV dan E100 di Indonesia.

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts