Home » Berita » Lulus Uji Tabrak, All New Suzuki Ertiga Dapat 4 Bintang

Lulus Uji Tabrak, All New Suzuki Ertiga Dapat 4 Bintang

All New Suzuki Ertiga (Foto: Santo/Carmudi)

Jakarta – Lembaga pengujian mobil-mobil baru di Asia Tenggara atau dikenal juga dengan sebutan ASEAN New Car Assessment Program (NCAP) baru saja merilis hasil uji tabrak All New Suzuki Ertiga. Generasi kedua dari Ertiga itu mencetak skor yang lumayan bagus yaitu 4 bintang dari maksimal 5 bintang. Skor serupa juga pernah diraih oleh Ertiga generasi pertama yang sudah lebih dulu menjalani proses uji tabrak pada 2016 lalu.

Sebagaimana diberitakan Paultan, hasil tes tabrak Suzuki Ertiga generasi pertama untuk kategori perlindungan penumpang dewasa di kabin atau adult occupant protection (AOP) mendapat nilai 35.66 poin. Pada kategori perlindungan penumpang anak-anak di kabin atau child occupant protection (COP), ASEAN NCAP memberikan nilai 18.85 poin. Sedangkan untuk ketersedian fitur keselamatan, Ertiga generasi pertama meraih skor 10.90 poin.

Lantas bagaimana dengan Suzuki Ertiga generasi kedua? Berdasarkan hasil akhir yang disampaikan ASEAN NCAP tercatat pada kategori perlindungan penumpang dewasa, All New Suzuki Ertiga meraih total poin sebesar 25,67 poin dari maksimal 36.00 poin. Sedangkan pada kategori perlindungan penumpang anak-anak di Ertiga mencetak skor 36,95 poin dari skor maksimal 49.00 poin.

Sementara itu pada kategori fitur keselamatan All New Ertiga meraih nilai 7,85 dari maksimal 18.00. Hasil tersebut membuat All New Suzuki Ertiga bernasib baik sebab mobil keluarga ini sudah dibekali beberapa fitur keselamatan standar seperti airbag ganda, anti-lock brake system (ABS), pengingat penggunaan sabuk pengaman, serta Electronic Stability Control (ESC) yang hanya tersedia di negara tertentu saja. Bila seandainya fitur-fitur tersebut tidak ada kemungkinan besar All New Ertiga tidak lulus uji tabrak.

Setelah melewati beragam proses uji tabrak, ASEAN NCAP mengeluarkan hasil akhir, di mana Multi Purpose Vehicle (MPV) satu ini mencetak 65,41 poin. Dengan begitu All New Suzuki Ertiga memenuhi syarat untuk mendapatkan empat bintang dari ASEAN NCAP. All New Suzuki Ertiga yang diuji tabrak merupakan buatan Indonesia varian 1.5 MT GX model 2019.

Hasil Uji Tabrak Ertiga Buatan India Mengecewakan

Awal bulan lalu Global New Car Assessment Program (Global NCAP) juga merilis hasil uji tabrak terhadap Suzuki Ertiga model 2019 buatan India. Hasilnya sangat mengecewakan, di mana Suzuki Ertiga hanya bisa meraih bintang tiga. Sayangnya tidak disebutkan varian apa yang menjalani uji tabrak.

Suzuki Ertiga hanya meraih tiga bintang pada kategori perlindungan terhadap penumpang dewasa. Sedangkan pada kategori perlindungan penumpang anak-anak, Ertiga juga meraih skor yang sama.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Carry dan Ertiga Jadi Penyelamat Suzuki di Tengah Lesunya Pasar Otomotif

Simak arti kode kerusakan pada Yamaha Vixion.
Previous post
Jangan Panik Dulu, Kenali Kedipan Kode Kerusakan Yamaha Vixion
Next post
Membuat SIM untuk Difabel, Prosesnya Tidak Terlalu Sulit