Home » Berita » Makin Canggih, Nissan Leaf Dibekali dengan ProPilot

Makin Canggih, Nissan Leaf Dibekali dengan ProPilot

Makin Canggih, Nissan Leaf Dibekali dengan ProPilot (Foto: Paultan)

Tokyo – Nissan Leaf baru akan diluncurkan di Indonesia pada 2020. Tapi di negara lain seperti Jepang kehadirannya sudah ada sejak 2010. Seiring perjalannya, Nissan telah beberapa kali melakukan pembaruan ke mobil lima penumpang itu.

Terakhir kali pembaruan dilakukan  Nissan menambahkan beberapa teknologi terbaru yang dikembangkan sendiri oleh perusahaan. Sebut saja satu di antaranya yaitu pemasangan fitur semi-otonom ProPilot. Fitur ini masuk dalam bagian Nissan Intelligent Mobility.

Dengan fitur semi-otonom ProPilot memungkinkan kendaraan melaju dengan kecepatan tertentu yang sudah diatur oleh pengemudi. Menariknya mobil akan berjalan sesuai jalur sehingga pengemudi bisa melepaskan tangannya dari lingkar kemudi.

Fungsi lain yang dijalankan oleh fitur semi-otonom ProPilot yaitu memarkirkan kendaraan. Nissan mengkalim dengan menggunakan fitur tersebut parkir mobil bisa lebih cepat atau hemat waktu sekira 20 persen. Demikian seperti dilansir dari Paultan.

Selain fitur tersebut, Nissan juga memasangkan Canto, sebuah teknologi suara yang bisa memberikan peringatan kepada pejalan kaki ketika mobil mendekat atau akan melintas. Sementara itu bagian kabin dari mobil listrik ini dibekali dengan sistem NissanConnect navigation dengan layar sentuh sembilan inci.

Kemudian ada pula fitur door-to-door navigation dengan jadwal pengisian daya baterai, pencarian lokasi tujuan dengan Google dan hotspot WiFi Docomo.

Mobil ini juga kompatibel dengan aplikasi smartphone Remote My Car Check / Remote Door Lock dari Nissan yang tidak hanya memungkinkan pemilik Leaf untuk menguncinya dari jarak jauh, tetapi juga menegetahui kecepatan kendaraan, lokasi, dan peringatan jam malam ketika sedang dikendarai oleh orang lain.

Terakhir, dua warna baru telah ditambahkan ke tubuh mobil ramah lingkunga ini, yaitu Vivid Blue dan Stealth Grey. Antena sirip hiu juga telah ditambahkan.

Makin Canggih, Nissan Leaf Dibekali dengan ProPilot (Foto: Paultan)

Jantung mekanis kendaraan tidak mengalami perubahan. Nissan Leaf masih ditawarkan dalam dua varian, untuk varian standar dilengkapi baterai 40 kWh yang berfungsi untuk menyuplai daya ke motor listrik sehingga mobil ini mampu mengeluarkan tenaga 148 hp dan torsi 320 Nm serta melaju sejauh 270 kilometer (km). Varian kedua yaitu e + dengan baterai 62 kWh bertenaga 215 hp pada 340 Nm dan mampu menjangkau jarak sejauh 385 km.

Nissan Indonesia Siap Membawa Leaf

PT Nissan Motor Indonesia (NMI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Nissan di Indonesia berkomitmen untuk mendukung program pemerintah yaitu mempercepat pengembangan mobil listrik. Salah satunya ditunjukkan lewat rencana NMI untuk memasarkan mobil listrik Nissan Leaf di Indonesia tahun depan.

Sambil menunggu kedatangannya, pihak Nissan tengah mempersiapkan infrastruktur dan lainnya yang dibutuhkan leaf.

Nissan Leaf diperkenalkan di IEMS 2019. (Foto: Carmudi/Santo)

Tak hanya mempersiapkan infrastruktur, NMI juga gencar mempromosikan Nissan Leaf melalui acara seminar, pameran dan kegiatan lainnya.

Nissan Leaf telah dilengkapi dengan teknologi terdepan yang memberikan pengalaman berkendara yang lebih percaya diri, menyenangkan dan terhubung. Teknologi ini mencakup e-Pedal, yang memungkinkan pengemudi hanya menggunakan satu pedal saja.

Teknologi-teknologi ini adalah bagian dari visi Nissan untuk masa depan mobilitas. Nissan mempertunjukkan Nissan Leaf sejak 2010, Nissan telah menjual lebih dari 430 ribu unit Leaf di seluruh dunia.

Penulis: Santo

Editor: Lesmana

Honda Brio Satya
Previous post
Mobil LCGC Kini Kena PPnBM, Bukan Lagi Mobil 'Murah'
Next post
IRSA Tetap Fokus Kurangi Angka Kecelakaan