Modifikasi

Makin Ganteng, Modif Simpel Honda Vario 125 dengan Cara Ini

Honda Vario merupakan salah satu skuter matik yang banyak diminati oleh para konsumen. Tapi tentunya ada sebagian pengguna yang belum puas dengan penampilannya. Untuk itu modif simpel Honda Vario 125 dapat dilakukan guna meningkatkan aspek estetika bahkan kenyamanan.

Kalau melihat wujud skuter matik ini sebenarnya Honda Vario 125 sudah memiliki tampang yang cukup menarik. Terlebih lagi lewat pembaruan terakhir kali yang didapatnya.

Skuter yang dijual mulai harga Rp21 jutaan tersebut memiliki desain sangat mirip dengan saudara besarnya yakni Vario 150. Walau begitu tetap saja terdapat beberapa perbedaan.

Salah satu yang cukup mencolok ialah desain peleknya. Kedua model memang sama-sama menggunakan pelek palang sepuluh, tapi milik Vario 150 terlihat lebih rapat dan menekuk.

Modif Simpel Honda Vario 125

Terkait penampilan Honda Vario 125, ada banyak jenis modifikasi yang dapat diterapkan. Namun dalam melakukannya perlu diingat untuk selalu memerhatikan faktor keselamatan dan peraturan lalu lintas yang berlaku.

Modifikasi Ban Honda Vario 125

Modif simpel Honda Vario 125 ban

(Foto: motohanoi.vn)

Modifikasi pada sektor kaki-kaki terutama ban sangat jamak dilakukan oleh pemilik sepeda motor. Hal tersebut tentunya juga bisa menjadi salah satu opsi modif simpel Honda Vario 125.

Faktanya modifikasi ban sangat berpengaruh pada penampilan sepeda motor. Ubahan yang umumnya dilakukan ialah melakukan upsizing alias mengganti ban dengan yang ukurannya lebih besar.

Walau terlihat sederhana, tapi penggantian tak bisa dilakukan sembarang. Mesti dilakukan perhitungan yang baik agar hasilnya ban tidak “ngedonat” alias kebesaran.

Pada kondisi standar, Honda Vario 125 dilengkapi ban berukuran 80/90 – 14 di depan dan 90/90 – 14 di belakang. Upsize dapat dilakukan dengan ukuran ban maksimal dua tingkat di atas standarnya.

Modifikasi semacam ini akan mendatangkan keuntungan. Selain tampilan makin ganteng, motor juga akan memiliki cekraman ke aspal yang lebih baik. Minusnya, handling dan tarikan mungkin akan terasa lebih berat dari standarnya. Oleh karena itu ban yang dipilih jangan terlampau besar.

Body Wrap Honda Vario 125

Body wrap Vario 125

(Foto: Shopee)

Istilah body wrap bukan hanya dikenal di dunia modifikasi mobil, tapi juga sepeda motor. Malah belakangan ini teknik wrapping makin banyak dilirik oleh para pemilik motor yang doyan gonta ganti tampilan tunggangannya.

Mirip dengan pemasangan decal, body wrap pada intinya ialah melapisi body motor dengan stiker. Cara ini relatif lebih praktis dibanding melakukan pengecatan ulang karena kalau bosan tinggal lepas saja stikernya.

Mayoritas penyedia jasa body wrap mematok harga berdasarkan dimensi motor. Untuk motor dengan dimensi relatif kecil seperti halnya Honda Vario 125 dana yang perlu dipersiapkan antara Rp1,5-2 juta.

Satu hal yang mesti diperhatikan ialah jangan asal dalam menentukan warna body wrap. Sebaiknya warna yang dipillih masih senada dengan yang tertera di STNK. Jika tidak berarti siap-siap saja berurusan dengan pihak berwajib.

Body wrap bukan hanya membuat tampilan motor jadi terlihat berbeda, tapi juga dapat menjadi pelindung body motor.

Modifikasi Ganti Warna Pelek Honda Vario 125

Modif simpel Honda Vario 125

(Foto: motohanoi.vn)

Trik modif simpel Honda Vario 125 yang berikutnya ialah mengganti warna pelek bawaan pabrikan. Memberikan warna berbeda pada salah satu bagian kendaraan memang cara ampuh untuk menghasilkan penampilan yang lebih spesial.

Dalam kondisi standar, Honda Vario 125 menggunakan pelek dengan warna hitam. Kecuali untuk tipe CBS-ISS dengan bodi berwarna biru, peleknya dibalut warna emas.

Warna baru yang dipilih dapat beragam karena pilihannya tergolong bebas. Tidak seperti warna bodi yang mesti memerhatikan warna pada STNK.

Pengguna Honda Vario 125 cukup diuntungkan seandainya akan melakukan repaint pelek. Biaya yang dibutuhkan untuk cat ulang pelek berukuran 14 inci relatif terjangkau, yaitu mulai dari Rp500 ribuan.

Angka sebesar itu berlaku untuk warna-warna yang umum. Warna yang cukup favorit antara lain emas atau silver. Harganya akan lebih mahal jika pemilik menginginkan warna candy alias bunglon.

Modifikasi Kaki-Kaki dengan Suspensi Aftermarket

Suspensi Vario

(Foto: Bukalapak)

Honda Vario 125 sejatinya sudah dirancang nyaman untuk digunakan harian. Pabrikan pastinya memberikan fitur yang dinilai sesuai dengan karakter motor ini. Hal itu termasuk suspensi yang digunakannya.

Tapi mungkin bisa saja ada konsumen yang tak langsung puas terhadap performanya. Solusi yang bisa diambil ialah mengganti suspensi bawaan pabrik dengan produk aftermarket.

Beberapa merek yang menyediakan suspensi aftermarket untuk Honda Vario 125 antara lain Daytona, Ohlins, atau YSS. Suspensi aftermarket yang asli umumnya dilengkapi dengan pengaturan-pengaturan yang tak dimiliki suspensi bawaan pabrik.

Hal tersebut meliputi pengaturan ketinggian, rebound, compression, atau preload. Pengaturan-pengaturan tersebut sangat berguna untuk mendapatkan karakter suspensi yang sesuai dengan kebutuhan.

Harga yang dipatok untuk produk suspensi aftermarket tentunya variatif. Makin lengkap pengaturan yang dimilikinya pasti harganya akan makin tinggi pula.

Tapi dengan begitu pemilik motor akan merasakan pengalaman berkendara yang lebih nikmat baik dari sisi kenyamanan atau performa.

Bereksperimen dengan Aksesori

Modifikasi Honda Vario

Honda Vario dengan penambahan aksesori resmi. (Foto: AHM)

Di antara beberapa opsi modif simpel Honda Vario 125, cara ini bisa dibilang adalah yang paling mudah, yakni bereksperimen dengan aksesori-aksesori yang tersedia luas di pasaran.

Bahkan PT Astra Honda Motor sendiri menyediakan sejumlah aksesori yang dapat dimanfaatkan oleh pemilik Honda Vario 125 untuk mendandani motornya.

Aksesori resmi tersebut meliputi garnish headlight, visor, garnish back mirror, garnish radiator, garnish muffler, wheel list sticker, dan rubber step floor.

Di luar itu tentunya masih banyak jenis aksesori yang dapat dipilih oleh pemilik motor. Salah satu keuntungan modifikasi “kecil-kecilan” dengan aksesori semacam ini ialah biayanya tidak terlalu menguras kantong.

Tantangannya ialah melakukan pemilihan aksesori yang pas alias tidak terlalu berlebihan. Karena jika terlalu banyak aksesori menempel bisa-bisa malah bikin tampilan motor jadi kurang sedap di mata.

Modif Simpel Honda Vario 125 dengan Airbrush atau Repaint

airbrush vario

(Foto: Pinterest)

Walaupun penggunaan body wrap atau decal makin booming tapi airbrush atau pengecatan ulang bodi motor masih menjadi pilihan banyak modifikator.

Airbrush kerap dipilih oleh mereka yang ingin memberikan sentuhan grafis secara detail atau hingga ke bagian-bagian yang kecil.

Di luar sana tak terhitung jumlah bengkel spesialis airbrush yang bisa ditemui. Tapi tahukah Carmudian jika Honda pun memiliki bengkel spesialis semacam itu?

Bernama Astra Motor Painting Shop, tempat ini berlokasi di Astra Motor Centre, Dewi Sartika, Jakarta Timur. Di tempat ini para pemilik motor Honda bisa meminta pengecatan ulang berdasarkan warna yang disukainya.

Bukan hanya cat polos, tapi Astra Painting Shop juga bisa melayani konsumen seandainya ingin membalut motor dengan sentuhan airbrush.

Sedikit tips tambahan. Untuk bodi motor, pengecatan ulang sebaiknya hanya dilakukan pada bagian yang terbuat dari plastik ABS (Akrilonitril Butadiena Stiren) atau yang biasa disebut plastik halus.

Bagian tersebut memiliki karakter yang cukup keras sehingga cat tidak akan mudah mengelupas.

Pengecatan tidak disarankan untuk bagian yang terbuat dari plastik PP (Polypropylene) atau yang biasa disebut plastik kasar. Biasanya ditemui untuk bagian dasbor atau dek tengah.

Plastik semacam ini cenderung lebih lentur sehingga cat akan mudah mengelupas.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Dimas

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play Store Download Carmudi di App Store

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: mada.prastya@icarasia.com

Related Posts