Berita Mobil Sumber informasi

Makin Laris, Toyota Calya Alami Kenaikan Harga

Penulis: Santo Evren Sirait

Jakarta – Bukan rahasia lagi bila harga mobil baru akan bergerak naik setiap tahunnya. Besaran kenaikan tergantung tiap mobil dan tipe, ada yang hanya ratusan ribu saja, ada juga yang sampai puluhan juta.

Biasanya kenaikan harga mobil dilakukan oleh Agen Pemegang Merek (APM) setiap awal tahun sebagai upaya penyesuaian terhadap biaya Bea Balik Nama (BBN) yang selalu berubah tiap tahun.

Fakor lain yang menyebabkan harga sebuah mobil merangkak yaitu, karena biaya produksi, biaya administrasi Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (STNK) mengalami peningkatan, kurs mata uang naik turun, dan lainnya.

PT. Toyota Astra Motor selaku APM monbil Toyota di Indonesia menjadi salah satu produsen yang ikut menaikkan harga beberapa produknya sejak awal tahun. Meski belum secara resmi merilis harga baru, gambaran kenaikan banderol pada Calya, yakni Rp300 ribu. Sementara kenaikan paling tinggi mencapai Rp32,3 juta untuk Land Cruiser.

“Kenaikan harga bervariasi tergantung produknya. Bisa dikarenakan inflasi, kenaikan cost, dan nilai tukar mata uang asing serta penyesuaian BBN. Range kisaran kenaikan 0,3 mio (RP300 ribu) untuk Calya sampai yang paling tertinggi Land Cruiser sebesar 32,3 mio (Rp32,3 juta),” ujar Fransiscus Soerjopranoto, Executive General Manager TAM, dalam keterangannya, Rabu (3/1/2018)

Di sisi lain ada juga produk Toyota yang diawal tahun ini tidak mengalami kenaikan sama sekali. Bisa jadi karena masuk kategori sebagai mobil yang baru saja diluncukan.

“Voxy untuk Pesanan tahun 2017 tidak dikenakan kenaikan harga,” terang pria yang akrab disapa Soerjo itu.

Baca juga: Toyota Calya Paling Laris dan Karimun Wagon Sepi Peminat

Harga Turun Karena Konsumen

Meskipun Toyota All New Rush resmi meluncur jelang tutup 2017, namun harga resminya baru diumumkan Januari 2018. Pihak TAM beralasan ingin melihat terlebih dahulu besaran pajak kendaraan di 2018.

Presiden Direktur TAM Yoshihiro Nakata sempat mengatakan kalau pihaknya melihat dulu dan menunggu dulu seperti apa aturan baru dibuat. Setelah itu baru dengan baru bisa akan menetukan harga yang lebih jelas.

Nah, awal Januari 2018, harga Toyota All new Rush sudah diumumkan dan membuat kejutan. Pasalnya harga yang diberikan tidak akan terpaut Rp3 juta dengan model sebelumnya. Ya Toyota All New Rush tidak mengalami kenaikan bila dibandingkan dengan model lama, malah cenderung turun terutama di tipe tertingi.

Harga All New Rush yang turun, Soerjo mengatakan bahwa apa yang dilakukan oleh pihaknya merupakan salah satu cara menghargai konsumen.

“Rush sangat menarik harganya sebagai bentuk apresiasi ke pelanggan setia Toyota,” pungkas dia. (dol)

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts

/