Sumber informasi

Manfaat Angin Nitrogen Dibanding Angin Biasa untuk Ban Mobil

Tekanan angin pada ban mobil menjadi salah satu faktor penentu kenyamanan berkendara. Tekanan ini tidak boleh kurang ataupun kelebihan, harus mengikuti anjuran dari spesifikasi ban yang digunakan.

Umumnya para pemilik mobil ini kerap menggunakan dua macam angin, nitrogen dan angin biasa. Angin nitrogen sering dianggap punya banyak kelebihan ketika digunakan.

Dilansir laman Federal Oil, ada beberapa manfaat yang bisa didapatkan ketika menggunakan angin nitrogen.

Apa saja manfaat angin nitrogen ini, ya?

Tidak Mengandung Air

Manfaat pertama dari angin nitrogen adalah tidak mengandung air. Nitrogen merupakan angin yang sudah disaring, sehingga tak mengandung air di dalamnya.

manfaat angin nitrogen

Proses isi angin ban. (Foto: Suzuki)

Walaupun tak mengandung air, tetapi suhu angin ketika di dalam ban bisa menjadi lebih dingin. Sehingga tekanan angin di dalam ban bisa lebih terjaga dan tidak cepat berkurang.

Kandungan udaranya memiliki komposisi 79% nitrogen, 20% oksigen, dan 1 % uap air. Kadar air yang rendah ini mengurangi potensi adanya karat di bagian dalam pelek mobil.

Tekanan Lebih Ringan

Angin nitrogen yang punya kadar air sedikit mampu membuat bobot ban menjadi lebih ringan. Molekul ini lebih mengisi ketika dimasukkan ke dalam ban, sehingga bobot anginnya lebih ringan.

Banyak orang menilai jika bobot yang lebih ringan ini bisa memperbaiki konsumsi BBM.

Meski demikian, menurut Zulpata Zainal, On Vehicle Test PT Gajah Tunggal Tbk hal tersebut belum bisa dibuktikan.

cara berkendara manfaat angin nitrogen

“Kalau (nitrogen) bisa membuat lebih irit ini sebenarnya belum ada pembuktian,” katanya. Namun orang yang meyakini manfaat angin nitrogen bisa membuat mobil lebih irit menurutnya hanyalah sugesti saja.

Harus diakui, biaya mengisi angin nitrogen lebih mahal. Untuk sekali pengisian ban mobil berkisar Rp4 ribu hingga Rp5 ribu, sedangkan untuk kuras total Rp40 ribu untuk semua ban.

Disarankan tidak mencampur angin nitrogen dengan angin biasa. Jika ingin menggunakan nitrogen, sebaiknya dikuras dulu sebelum diisi.

Baca Juga:

Penulis: Rizen Panji

Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts