Komersial

Manfaatkan Fitur Telematika, Hino Kembali Gelar Kompetisi Keselamatan Berkendara

Purwakarta — PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) kembali menggelar kompetisi keselamatan berkendara rutinnya yang pada 2022 mengusung nama Hino Telematic Safety Driving Competition (HTSDC).

Sebelumnya, kompetisi tersebut menggunakan nama Hino Safety Driving Competition (HSDC). Perubahan nama dilakukan seiring konsep baru yang digunakan, yakni memanfaatkan fitur telematika dari perangkat Hino Connect yang terdapat pada truk-truk Hino.

Kompetisi Keselamatan Berkendara Hino

Kompetisi keselamatan berkendaraan Hino mengalami perubahan konsep (Foto: Hino)

Digelar secara virtual, nantinya pengemudi yang mengikuti kompetisi ini dapat melihat sendiri hasil evaluasi score card miliknya. Di dalamnya akan terlihat apakah pengendara truk mengemudi dengan aman dan sudah sesuai aturan.

Ketika pengendara mengemudi dengan baik, maka nilai yang dikantonginya makin baik pula dan berpotensi menjadi pemenang.

“Dengan peserta yang mengetahui hasil penilaian mengemudi aman atau tidak dari data score card, tentunya ini menjadi bahan evaluasi bagi mereka dalam mengemudi,” kata Santiko Wardoyo, COO Director HMSI, Kamis (27/1/2022) di Purwakarta, Jawa Barat.

Dari sisi pemilik truk, kegiatan ini dapat melindungi bisnis operasional angkutan pengiriman barangnya menjadi lebih aman dan jauh dari kendala di perjalanan atau hal-hal yang merugikan. 

Di samping itu, HTSDC juga menjadi upaya HMSI memperkenalkan manfaat besar penggunaan fitur telematika Hino Connect terhadap bisnis para pelanggan. 

HTSDC juga akan menjadi upaya HMSI memperkenalkan manfaat besar penggunaan fitur telematika Hino Connect terhadap bisnis para pelanggan. (Foto: Hino)

Gencar Kampanyekan Keselamatan Berkendara

Sejak 2017 hingga 2019, HMSI gencar mengkampanyekan keselamatan berkendara melalui gelaran HSDC. Totalnya ada 31 event digelar di 23 kota besar di seluruh Indonesia.

Kegiatan tersebut sukses menyedot ribuan peserta yang terdiri dari 2.275 pengemudi truk dan bus dari 1.687 perusahaan yang ikut ambil bagian.

Pada awalnya, kompetisi keselamatan berkendara tersebut terbagi dalam dua bagian tes, yakni tes tertulis mengenai keselamatan berkendara pada hari pertama kemudian disusul tes keterampilan dan tes inspeksi.

Sayangnya, pandemi Covid-19 yang terjadi memaksa kegiatan ini terhenti pada 2020 dan 2021. Pada tahun ini kembali lagi dengan konsep yang berbeda.

Penulis: Mada Prastya
Editor: Santo Sirait

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts

/