Mobil

Mantap Diajak “Nekuk”, Honda Beberkan Racikan Handling WR-V

Jakarta — Bermain di segmen SUV kompak, Honda WR-V didaulat sebagai city car beraura sporty dengan handling yang Carmudi nilai mantap.

Handling Honda WR-V di tikungan

Handling Honda WR-V terasa mantap saat diajak manuver di tikungan. (Foto: HPM)

Impresi handling Honda WR-V kami dapat setelah mencobanya berkeliling ke beberapa tempat di Bali pekan lalu.

Patut diakui, seperti layaknya produk mobil Honda lainnya, WR-V pun menyajikan sisi fun to drive.

Meskipun memiliki ground clearance 220 mm—tertinggi di kelasnya, tidak menjadikan WR-V ini mudah limbung.

Bahkan, merangkum kegiatan pengetesan jalan WR-V selama 3 hari tersebut kami tidak merasakan gejala bodyroll sama sekali.

Hanya saja, imbas dari setting-an khusus pada suspensi, bantingannya pun kami nilai cukup keras.

Namun, tetap masih tergolong nyaman untuk sekelas mobil kompak 5 penumpang.

Handling Honda WR-V

Meskipun suspensi WR-V tergolong keras, tapi tidak begitu mengurangi kenyamanan dalam kabin. (Foto: HPM)

Assistant Large Project Leader Performance Test Honda WR-V, Nattawut pun tak segan mengatakan racikan “sempurna” itu.

“Sebetulnya, agar handling WR-V ini sangat baik, kami membuat bodinya dulu, bukan suspensi,” bebernya di Bali pekan lalu.

“Bodi kami buat lebih rigid agar mobil terasa lincah saat manuver,” imbuhnya.

Jika dianalogikan, tim R&D Honda menentukan bentuk kotak (bodi) yang cenderung melebar di atas roda.

Dengan demikian bodi pun akan lebih stabil ketika melaju di tikungan.

Benar saja, di atas kertas, tinggi Honda WR-V yang 1.608 mm menjadi yang terendah dibandingkan rival lainnya seperti Raize-Rocky (1.635 mm) dan Kia Sonet (1.642 mm).

Sedangkan lebar bodi WR-V yang 1.780 mm hanya sedikit lebih kecil dari Sonet yang 1.790 mm.

Handling Honda WR-V (1)

Honda WR-V dibangun menggunakan platform yang sama dengan All New BR-V dengan beberapa perbedaan setting-an. (Foto: HPM)

Pria asal Thailand itu pun mengungkapkan, meskipun WR-V menggunakan platform yang sama dengan All New BR-V, tapi ada perlakuan khusus pada suspensinya.

“Setelah bodi, baru selanjutnya suspensi di-adjust menyesuaikan karakter mobil (WR-V),” katanya.

Penulis: Dimas Hadi

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini! 

Download Carmudi di Google Play StoreDownload Carmudi di App Store

Dimas Hadi

Menjadi jurnalis dan merangkap sebagai penulis konten otomotif di Carmudi sejak 2016. Masih terobsesi Toyota Starlet meski lebih sering mengemudikan Suzuki Ertiga karena cinta keluarga. Email: dimas.hadi@icarasia.com

Related Posts