Site icon Carmudi Indonesia

Mantap Diajak “Nekuk”, Honda Beberkan Racikan Handling WR-V

Jakarta — Bermain di segmen SUV kompak, Honda WR-V didaulat sebagai city car beraura sporty dengan handling yang Carmudi nilai mantap.

Handling Honda WR-V terasa mantap saat diajak manuver di tikungan. (Foto: HPM)

Impresi handling Honda WR-V kami dapat setelah mencobanya berkeliling ke beberapa tempat di Bali pekan lalu.

Patut diakui, seperti layaknya produk mobil Honda lainnya, WR-V pun menyajikan sisi fun to drive.

Meskipun memiliki ground clearance 220 mm—tertinggi di kelasnya, tidak menjadikan WR-V ini mudah limbung.

Bahkan, merangkum kegiatan pengetesan jalan WR-V selama 3 hari tersebut kami tidak merasakan gejala bodyroll sama sekali.

Hanya saja, imbas dari setting-an khusus pada suspensi, bantingannya pun kami nilai cukup keras.

Namun, tetap masih tergolong nyaman untuk sekelas mobil kompak 5 penumpang.

Meskipun suspensi WR-V tergolong keras, tapi tidak begitu mengurangi kenyamanan dalam kabin. (Foto: HPM)

Assistant Large Project Leader Performance Test Honda WR-V, Nattawut pun tak segan mengatakan racikan “sempurna” itu.

“Sebetulnya, agar handling WR-V ini sangat baik, kami membuat bodinya dulu, bukan suspensi,” bebernya di Bali pekan lalu.

“Bodi kami buat lebih rigid agar mobil terasa lincah saat manuver,” imbuhnya.

Jika dianalogikan, tim R&D Honda menentukan bentuk kotak (bodi) yang cenderung melebar di atas roda.

Dengan demikian bodi pun akan lebih stabil ketika melaju di tikungan.

Benar saja, di atas kertas, tinggi Honda WR-V yang 1.608 mm menjadi yang terendah dibandingkan rival lainnya seperti Raize-Rocky (1.635 mm) dan Kia Sonet (1.642 mm).

Sedangkan lebar bodi WR-V yang 1.780 mm hanya sedikit lebih kecil dari Sonet yang 1.790 mm.

Honda WR-V dibangun menggunakan platform yang sama dengan All New BR-V dengan beberapa perbedaan setting-an. (Foto: HPM)

Pria asal Thailand itu pun mengungkapkan, meskipun WR-V menggunakan platform yang sama dengan All New BR-V, tapi ada perlakuan khusus pada suspensinya.

“Setelah bodi, baru selanjutnya suspensi di-adjust menyesuaikan karakter mobil (WR-V),” katanya.

Penulis: Dimas Hadi

Download Aplikasi Carmudi untuk Dapatkan Deretan Mobil Baru & Bekas Terbaik serta Informasi Otomotif Terkini!