BeritaSepeda motorSumber informasi

Marc Marquez Bisa Juara Asal Tak Jatuh di Balapan Terakhir

Penulis: Dony Lesmana

Valencia – Meskipun sudah pasti tak bisa meraih juara dunia namun Valentino Rossi tetap ngotot untuk maksimal di putaran pamungkas MotoGP musim 2017. Akan tetapi “kengototan” Rossi tak didukung oleh tunggangannya dalam sesi kualifikasi GP Valencia.

Valentino Rossi hanya mampu berada di posisi ketujuh, padahal usahannya sudah maksimal namun performa motor Yamaha M1 tak ada respon peningkatan. Catatan waktu terbaik yang dibukukan Rossi di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia (11/11) 1 menit 30.848 detik, hanya terpaut 0.951 detik di belakang Marc Marquez.

Menurut pembalab yang berjuluk The Doctor ini motor Yamaha M1 2017 tidak terlalu kompetitif. Hal ini juga terlihat dari capaian rekan satu tim-nya Maverick Vinales yang berada di posisi ke-13 dengan catatan waktu 1 menit 31.030 detik.

“Saya sedikit frustrasi karena sudah tahu dari awal, pasalnya dengan motor ini saya tidak pernah merasa nyaman dari tes pertama. Saya sudah mencoba, mencoba, dan mencoba hal berbeda,” kata Rossi.

Rossi mengaku masih bernafsu menjalani balapan terakhir di musim 2017, senjata pamungkas adalah strategi ban yang setidaknya membuat penampilan memukau di akhir musim.

“Terkadang kami melihat secercah harapan, tapi di sini, di jalur ini sangat sulit. Seperti kami sangat menderita. Anda tidak akan memiliki cukup kepercayaan diri untuk memacu motor 100%,” lanjutnya.

Juara Dunia Tinggal Selangkah Lagi

Sementara peluang Marc Marquez pembalap dari Repsol Honda tampil cukup sempurna saat kualifikasi. Pastinya bila ingin meraih juara dunia dirinya harus tampil maksimal tanpa jatuh di race terakhir di GP Valencia 2017.

Bila melihat statistik yang dilansir dari laporan Crash.net, Marquez cukup banyak mengalami jatuh pada musim ini yaitu sebanyak 27 kali. Masih segar adalah Marquez terjatuh di turn 4, saat menjalani kualifikasi.

“Kecelakaan yang saya alami di kualifikasi terjadi selalu ketika saya memacu motor lebih dari apa yang saya rasakan. Jadi, saat balapan nanti saya perlu lebih memahami tentang motor ini,” kata Marc Marquez.

Seri GP Valencia 2017 menjadi rebutan dua pembalap antara Marquez dan Dovizoso. Bila Marquez tidak terjatuh saat balapan, akan berpeluang besar mendapatkan gelar juara dunia MotoGP 2017. Saat ini, Marquez memimpin 21 poin di atas Andrea Dovizioso.

Dony Lesmana

Dony Lesman memulai karirnya di dunia jurnalis di Jawa Pos Surabaya 2003. Hijrah ke Jakarta bergabung di majalah Otomotif Ascomaxx dan Motomaxx di 2010. Sempat bergabung di portal berita Sindonews.com di kanal Autotekno hingga 2016 yang mengupas perkembangan otomotif dan teknologi. Terhitung Januari 2017 masuk sebagai tim Journal Carmudi Indonesia yang mengulas dan mempublikasikan berita-berita otomotif terbaru di Indonesia maupun dunia.

Related Posts