Berita Sepeda motor Sumber informasi Tips dan Trik

Masalah yang Sering Terjadi di Yamaha N-Max

Jakarta – Yamaha N-Max salah satu motor jagoan pabrikan berlogo garpu tala ini menuai kesuksesan di Tanah Air. Sejak pertama diluncurkan langsung menjadi primadona bagi pecinta motor matic di Indonesia.

Namun walau motor matic ini memiliki banyak kelebihan, tapi ada beberapa masalah yang sering timbul saat dikendarai. Seperti bunyi tek…tek… tek pada bagian mesin dan mempunyai shockbreaker  yang keras.

Bermodal rasa penasaran itu,  Carmudi Indonesia langsung menyambangi dealer motor Yamaha di kawasan Ragunan, Jakarta Selatan.

Kami pun menemui Budi Priyanto Head Service Advisor Yamaha dibengkel ini. Budi pun memberikan jawaban atas pertanyaan itu.

“ Yah, sebetulnya sih masalahnya cuma dibagian tensioner dan Shock belakang,” Kamis (19/1).

Sebelum kita lanjutkan, ada yang tau kegunaan Tensioner?

Tensioner / LAT (Lifter Assy Tensioner) adalah part yang berada di bagian mesin, berguna untuk menjaga ketegangan rantai keteng. Agar posisi rantai keteng tetap pas alias tidak terlalu kendor atau kencang.

Cara mengetahui kerusakan yang terjadi di tensioner cukup mudah. Saat kamu memanaskan mesin, tunggu sampai kira-kira 15 menit. Jika mendengarkan suara tek…tek…tek, yang berasal dari arah mesin bisa jadi tensioner kamu bermasalah.

Shockbreaker N-Max Terlalu Keras

Selain itu, masalah yang sering dirasakan oleh para pengguna N-Max adalah kerasnya shock belakang. Carmudi Indonesia juga menayakan perihal ini.

“Karena N-Max memang didesain untuk membawa beban yang berat, jadi terkadang konsumen komplen shock belakang kok keras ya. Tapi untuk masalah tersebut kami sudah menyediakan pilihan kok, untuk shockbreaker belakang. Jika ingin melakukan pergantian shock belakang” jawab Budi.

Berapa sih, kira-kira biaya yang harus dikeluarkan untuk mengganti part-part yang disebutkan diatas. Tim Carmudi Indonesia juga sudah menyediakan list harganya.

Harga Tensioner Berkisar Rp 45.000 – Rp 125.000 (original part)

Stansioner N-Max

Stansioner N-Max/Foto.Istimewa

 

Harga Shock Belakang berkisar Rp 400.000 (original part)

Shockbreaker belakang

Shockbreaker belakang N-Max/Foto.Istimewa

Jadi tidak menebak-nebak lagi kan, jika mengalami masalah tersebut di N-Max Carmudian. Bila ingin mengganti part-part tersebut, juga bisa estimasi biaya yang harus dikeluarkan.

Tinggal kunjungi dealer resmi Yamaha deh, kalau Carmudian ingin sekedar service atau mau ganti part yang rusak. Jangan sembarangan dan jangan pilih sparepart abal-abal ya, biar kendaraan tetap awet. (Dol)

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: tutus.subronto@icarasia.com

Related Posts