Home » Berita » Masih Ragu Beli Mitsubishi Xpander? Lihat Dulu Hasil Test Tabrak ini

Masih Ragu Beli Mitsubishi Xpander? Lihat Dulu Hasil Test Tabrak ini

Jakarta – Kehadiran Mitsubishi Xpander di Indonesia sempat menjadi pro dan kontra, banyak dari masyarakat tanah air terkagum dengan tampang mobil tersebut.

Namun ada pula yang masih ragu dengan ketahanan pesaing berat Toyota Avanza tersebut. Ada saja segelintir pertanyaan dari bibir masyarakat, ‘Apa mobil ini aman buat keluarga?’.

Nah, Daripada kita sibuk bersilat lidah mending langsung lihat saja hasil test tabrak Mitsubishi Xpander di Jepang yang dilakukan oleh ASEAN NCAP.

Hasil Uji Tabrak Mitsubishi Xpander versi ASEAN NCAP

Sejak diluncurkan dalam ajang GIIAS 2017 lalu, akhirnya Mitsubishi Xpander telah membuktikan lolos uji tabrak ASEAN NCAP.

Namun dari video yang beredar, Low MPV Mitsubishi tersebut belum jelas mendapatkan berapa bintang dari test tersebut.

Akan tetapi dengan hasil akhir test ini tampaknya kita bisa menganalisa raihan bintang yang pantas didapatkan Mitsubishi Xpander.

Uji tabrak Xpander tabrak depan
(Youtube)

Pengujian pada gambar pertama ini dilakukan dengan pola tabrak gunting dari arah depan dengan kecepatan 64 km/jam yang sudah menjadi standar pengujian.

Hasilnya pintu depan dan belakang tidak mengalami perubahan dan tentunya masih bisa dibuka. Artinya saat terjadi tabrakan, si supir dan penumpang depan masih bisa terlindungi dengan tidak rusaknya pilar A serta sistem airbag yang berfungsi sempurna.

Xpander

Sedangkan baris penumpang juga mendapatkan perlindungan yang sama. Desain bumper yang besar ternyata tetap aman untuk meredam benturan.

Hampir sebagian orang yang membeli mobil MPV selalu mempertimbangkan tentang keamanan serta kenyamanan penumpang yang ada di baris kedua dan ketiga.

Nah, bagaimana kalo Mitsubishi Xpander ditabrak tepat di bagian baris penumpang?

Pada gambar di bawah ini Mitsubishi Xpander ditabrak dari samping dan belakang dengan kecepatan 50 km/jam. Hasilnya Crumple zone yang dirancang engineer Mitsubishi mampu melindungi kabin penumpang.

Bahkan side impact beam yang merupakan perlindungan penumpang saat benturan samping, juga lolos dengan hasil yang tergolong baik.

Xpander
(Youtube)

Eits, Xpander gak cuma aman ketika ditabrak aja lho. Ternyata Xpander juga mampu melewati genangan air setinggi 0,5 m.

Itu karena Mitsubishi Xpander memiliki ground clearance mencapai 205 mm serta posisi intake manifold yang didesain berada diatas. So, masih ragu untuk beli Mitsubishi Xpander?

Nah, untuk lebih jelasnya lagi kalian bisa lihat langsung video uji tabrak Mitsubishi Xpander yang dilakukan oleh ASEAN NCAP di bawah ini:

Penulis: Gede Widiastra

Airbag
Previous post
Kini Giliran Yaris dan Vios Kena Recall Masalah Airbag Takata
Suzuki Ignis
Next post
Ada Bunyi Aneh dari Transmisi Suzuki Ignis? Ini Solusinya!