Home » Berita » Masuk Afrika Selatan, Harga Toyota Rush Lebih Mahal dari Indonesia

Masuk Afrika Selatan, Harga Toyota Rush Lebih Mahal dari Indonesia

Toyota Rush
Toyota All new Rush bocor. (Foto: Carmudi)

Jakarta – Toyota All New Rush pertama kali meluncur di Indonesia pada November 2017. Mobil yang diproduksi oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) dengan menggunakan emblem Toyota itu tidak hanya dipasarkan di dalam negeri saja tapi juga di ekspor ke mancanegara. Sebut saja salah satunya Afrika Selatan.

Lewat akun Instagram milik sebuah diler mobil Toyota di negara Afrika Selatan secara blak-blakkan mengungkapkan akan meluncurkan All New Rush. Rencanannya akan dilakukan pada minggu pertama di bulan Juli.

Tidak cuma itu varian dan harganya juga diberitahu. Demikian seperti dilansir dari Indianautosblog. Dari gambar yang dimasukkan ke Instagram terkuak bila Toyota Afrika Selatan akan menawarkan Rush dalam dua varian yaitu Rush High MT dan Rush High AT.

Harga yang ditetapkan untuk varian Rush High MT sebesar 302,900 ZAR atau sekitar Rp311 juta. Sedangkan Rush High AT dibanderol 316.600 ZAR atau Rp325,4 jutaan.

Berbeda dengan Rush yang dipasarkan di Indonesia, PT Toyota Astra Motor (TAM) selaku Agen Pemegang Merek mobil Toyota menawarkan empat varian. Yaitu G M/T, G A/T, TRD SPORTIVO M/T, dan TRD SPORTIVO A/T.

Selain jumlah varian yang lebih banyak, Rush di Indonesia juga dijual dengan harga di bawah Rp300 jutaan atau mulai dari Rp239,9 juta sampai Rp261,3 juta. Dengan begitu harga Rush di Afrika Selatan lebih mahal dari pada Indonesia.

Hal itu sepertinya wajar-wajar saja, mengingat Toyota All New Rush untuk pasar Afrika Selatan sepertinya akan didatangkan Indonesia, sehingga memerlukan biaya tambahan untuk sampai ke sana.

Spesifikasi Toyota All New Rush di Afrika Selatan

Kemungkinan besar mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) yang di jual di Afrika Selatan akan dibekali beberapa fitur. Yaitu automatic climate control, lampu depan dan belakang sudah LED, dan pelek berukuran 16 inci sebagai standar.

Toyota juga sudah melengkapi Rush dengan AC double blower, console box dan 13 cup holder yang bisa dimanfaatkan untuk menyimpan botol minuman. Selain itu roda kemudi dengan pengaturan audio, tapi khusus TRD ada tambahan berupa tombol untuk pengaturan telepon.

Interior Toyota All New Rush (Foto: TAM)

Sistem hiburan sudah menggunakan monitor 7 inci dengan fitur internet, USB, bluetooth, ipod/iphone connect, physical remote, dan lainnya. Toyota All New Rush memiliki panjang 4.435 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.705 mm dan wheelbase 2.685 mm.

Kini jarak bangku baris ke dua dengan ketiga lebih luas sekitar 700. Sehingga penumpang di bangku baris ketika akan merasa lebih nyaman dan luas.

Bicara performa nampaknya akan sama seperti Rush yang ada di Indonesia. Di atas kertas All New Rush dibekali mesin mesin 2NR-VE, 4 Cylinder In Line, 16 Valves, DOHC, Dual VVT-i, berkapasitas 1.496 cc.

Tenaga yang dihasilkan oleh mesin itu sekuat 104 ps pada 6.000 rpm dan torsi puncak 13.9 Kgm pada 4.200 rpm. Di Indonesia mobil yang bersaing dengan Honda BR-V ini tersedia dalam enam pilihan warna. Diantaranya white, silver mica metallic, black mica,red mica metallic, bronze mica metallic, dan bordeaux mica. (dol)

Liga Irit
Previous post
Konsumsi BBM All New Ertiga Bisa Tembus 27,72 Km/Liter
ganjil genap
Next post
Penggunaan Kendaraan Pribadi Turun, Pemudik Pilih Transportasi Umum