Home » Sample Blog » Masuknya Yamaha MT-15 di Indonesia untuk Menggantikan Xabre?

Masuknya Yamaha MT-15 di Indonesia untuk Menggantikan Xabre?

Yamaha MT-15 (Foto: Yamaha)

Jakarta – Yamaha MT-15 meluncur di Thailand pada Oktober 2018 sebelum resmi masuk ke Indonesia. Beredar rumor bahwa kedatangan MT-15 di Thailand akan menggantikan M-Slaz atau di Indonesia dikenal juga dengan Xabre. Bila itu benar terjadi berarti Xabre terancam disuntik mati atau dengan kata lain dihentikan penjualannya oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) sepeda motor Yamaha di Indonesia.

Prihal Yamaha MT-15 akan menggantikan keberadaan Xabre, Antonius Widiantoro, Manager Public Relation YIMM membantah. Dirinya mengatakan Yamaha Xabre tetap akan dijual.

“Yamaha MT-15 hadir untuk melengkapi keluarga MT series yang telah ada, Xabre pun masih kami dijual,” kata Anton kepada Carmudi.

Dia menambahkan keduanya memiliki pasar masing-masing sehingga pihaknya tidak mungkin menggantikan posisi Yamaha Xabre dengan Yamaha MT-15. “Prinsipnya selama masing-masing ada permintaan kami akan terus menyediakan,” tutur Anton.

Menurutnya kehadiran Yamaha MT-15 justru untuk menambah pilihan bagi konsumen yang sedang mencari atau ingin mengganti tunggangannya ke sepeda motor sport bermesin 150 cc dengan karakter khas MT series.

Tanpa Seremonial

Mengawali 2019, Yamaha meluncurkan Aerox 155 VVA S dan MX King 150 versi Doxou. Beberapa hari kemudian muncul Yamaha MT-15. Kehadiran Yamaha MT-15 di Tanah Air dilakukan tanpa seremonial. Yamaha menjualnya dalam tiga pilihan warna di antaranya Matte Grey, Matte Blue, dan Metallic Black. Konsumen bisa menebus Yamaha MT-15 dengan harga Rp34,95 juta.

Yamaha Xabre (Foto: Yamaha)

Yamaha MT-15 dibekali dengan mesin berkapasitas 155 cc 4-katup dengan enam percepatan. Mesin ini mampu menyemburkan tenaga sebesar 14,2 kW pada 10.000 rpm dan torsi puncak sebesar 14,7 Nm pada 8.500 rpm.

Tidak hanya itu, dapur pacu MT-15 juga sudah dilengkapi liquid cooled (berpendingin cairan) yang mampu menjaga suhu motor tetap stabi. Serta Variable Valve Actuation (VVA) serta menjadikan torsi merata di setiap putaran mesin.

Sebagai perbandingan, Yamaha Xabre memiliki mesin 150 cc 4 Langkah Berpendingin Cairan, Sohc. Tenaga maksimal yang dikeluarkan mencapai 12.0 Kw pada 8.500 rpm dan torsi 14.3 Nm pada 7500 rpm. Yamaha Xabre dibanderol dengan harga Rp30,7 juta.(dol)

Previous post
Intip Taksiran Investasi Mitsubishi Jika Ingin Membuka Diler Baru
Next post
Dibanderol Rp34 Juta, Yamaha MT-15 Resmi Masuk Indonesia