Home » Mobil » Mau Beli BMW Bekas? Tampering Dot Bisa Tunjukkan Odometer Palsu

Mau Beli BMW Bekas? Tampering Dot Bisa Tunjukkan Odometer Palsu

Tanda tampering dot atau titik terlihat di sebelah tulisan miles
Tanda tampering dot atau titik terlihat di sebelah tulisan miles

Jakarta – Bagi kamu yang hendak membeli mobil BMW bekas, khususnya BMW tua ada baiknya mempelajari beberapa hal. Salah satunya adalah tampering dot.

Tampering dot adalah kode atau tanda adanya ketidak cocokan antara odometer. Singkat kata, odometer mobil BMW tua ini sudah pernah diubah sebelumnya.

Sehingga odometer yang ditampilkan bukanlah odometer atau jarak yang sesungguhnya. Tampering dot ini akan muncul dengan sendirinya jika seseorang telah memundurkan odometer.

Bagi kalangan pedagang mobil bekas, memundurkan odometer kerap dilakukan. Hal ini dianggap mampu mendongkrak harga mobil karena mobil dinilai memiliki jarak tempuh yang rendah.

Padahal, memundurkan odometer ini bisa dibilang sangat merugikan oleh pembeli mobil. Pembeli mobil tidak dapat mengetahui kondisi asli odometer atau jarak tempuh dari mobil itu sendiri.

Hal ini berdampak pada kurangnya informasi untuk mengganti suku cadang sesuai jarak tempuh yang sudah dilewati. Untuk mengetahui tanda titik ini, caranya cukup mudah. Dikutip dari laman BMWCCI dan Bimmerforums, ada satu tanda yang dapat dilihat.

Tampering Dot Bisa Dilihat di Instrumen Cluster Digital

Tanda ini merupakan tanda titik (.) yang ada pada instrumen cluster digital. Tanda ini akan muncul di sebelah kanan tulisan miles sebelum angka di sebelah kanan. Jika terdapat tanda titik ini, lebih baik ditanyakan kepada sang penjual mobil.

Karena tanda ini dapat memberikan arti banyak hal. Mulai dari adanya penggantian parts elektronik copotan dengan mobil lain, modul pernah di servis, atau terparah speedometer pernah dimundurkan.

Hal ini jelas sangat merugikan pembeli mobil bekas. Untuk membuktikan tampering dot, kamu hanya perlu melakukan scan pada sistem elektrikal di bengkel resmi atau spesialis BMW. Usai di scan, hasil pada komputer nantinya akan menunjukkan adanya ketidakcocokan. Dari situ semua akan terlihat sangat jelas, bagian apa yang tidak cocok.

Tanda tampering dot atau titik terlihat di sebelah tulisan miles
Tanda tampering dot atau titik terlihat di sebelah tulisan miles

Cara ini dapat menjadi salah satu cara yang bisa digunakan sebelum kamu membeli BMW tua. Biasanya BMW tua yang dapat dilihat dari tanda ini adalah keluaran antara akhir tahun 1980-an hingga era 2.000-an. Misalnya BMW e30, e36, e46, e90, e92 dan beberapa mobil BMW yang memiliki sistem elektrikal yang belum serumit saat ini.

Penulis: Rizen

Editor: Lesmana

Previous post
Kawasaki ZX-25R Meluncur di Indonesia April 2020, Benarkah?
Next post
Pesaing Suzuki XL7 di Filipina Sama dengan Indonesia