MobilTips dan Trik

Mau Ikut Lelang Mobil di Jakarta, Begini Caranya

Lelang KPK

Lelang mobil oleh KPK di Jakarta Foto/Carmudi Indonesia.

Jakarta – Salah satu cara mendapatkan mobil bekas dengan harga miring yaitu dengan mengikuti lelang. Kini telah banyak perusahaan yang menyediakan lelang mobil baik secara online atau on the spot. Karena harga yang lebih terjangkau, rata-rata peserta lelang biasanya dari kalangan pedagang mobil bekas baik dari Jakarta atau kota-kota sekitar seperti Tangerang atau Bekasi.

Ada beberapa keuntungan saat membeli mobil lewat jalur lelang, salah satunya harga yang murah dengan unit yang masih rapi. Namun, tentu saja kita tidak bisa berharap semua unitnya dalam kondisi mulus. Sebab, mobil-mobil yang dijual melalui lelang biasanya adalah unit yang ditarik oleh leasing karena gagal bayar.

Perusahaan lelang mobil bekas di Jakarta atau kota-kota besar biasanya mencantumkan kondisi mobil secara transparan di website atau saat open house. Kondisi mobil bekas yang akan dilelang perlu periksa secara menyeluruh agar kita tak kecewa. Sebab, mobil yang dilelang bisa saja dalam kondisi mulus dan siap pakai, namun ada juga yang kondisinya juga perlu mendapat perbaikan terlebih dahulu.

Ada beberapa perusahaan yang berfokus pada layanan lelang mobil di Jakarta, seperti Ibid yang dinaungi oleh grup Astra dan PT JBA Indonesia. Masing-masing perusahaan sudah menyediakan jadwal lelang berikut unit-unit mobil yang akan dijual dalam lelang itu.

Calon peserta pun bisa memilih dan memilah unit kendaraan yang akan menjadi incaran saat open house digelar beberapa hari sebelum lelang. Dengan demikian, kita bisa menghitung harga yang cocok dan estimasi biaya perbaikan bila ternyata unit yang kita incar perlu didandani. Biasanya, semakin mulus kondisi mobil yang di lelang maka harga dasar atau open bid juga lebih tinggi.

“Untuk lelang di Ibid, tidak ada batasannya dan bisa ikut cuma untuk satu unit. Kami merekomendasikan untuk cek unit terlebih dahulu di pool kami,” ucap Alfath, staff Customer Center lelang Ibid saat dihubungi oleh Carmudi.

Tidak hanya itu, perhatikan juga kelengkapan surat-suratnya karena tidak jarang unit yang ikut lelang STNK-nya hilang. Mengurus STNK hilang juga tidaklah mudah dan butuh biaya. Bagi kalian yang masih awam, pastikan unit yang jadi incaran memiliki grade tertinggi dan surat-suratnya lengkap.

Persyaratan Ikut Lelang Mobil di Jakarta

Blue Bird gandeng Mitsubishi resmikan Balai Lelang Terbesar di Indonesia. Foto/Carmudi.

Masyarakat yang akan mengikuti lelang mobil tentu perlu melakukan pendaftaran terlebih dahulu dan menyerahkan deposit uang sebagai tanda jadi. Baik JBA ataupun Ibid menentukan besaran deposit untuk satu lot mobil sebesar Rp 5 juta. Calon peserta bisa menyetorkan deposit saat open house atau melalui transfer.

“Di Ibid depositnya sebesar Rp 5 juta untuk satu NPL (nomor pokok lelang) dan berlaku untuk satu slot kendaraan. Untuk pembayarannya bisa melalui transfer dan melalui loket kami yang satu lokasi dengan lokasi lelang. Untuk lelang kami memang lelang terbuka di Jakarta, jadi untuk registrasi bisa langsung ke loket kami,” jelas Alfath.

Untuk kalian yang berencana mengikuti lelang, bisa melihat review unitnya di web jba.co.id atau ibid.astra.co.id. Pada website dari perusahaan lelang tersebut biasanya mencantumkan grade kendaraan, mulai dari A, B, C, D, hingga F. Untuk mobil dengan grade A kondisinya paling baik dan grade F kondisinya mengalami kerusakan yang lumayan dan butuh perbaikan.

Kalian dapat mendaftarkan diri sebagai peserta lelang baik secara online atau ke panitia lelang di masing-masing kota. Bagi yang mendaftar via online, wajib menyerahkan slip setoran jaminan asli dan foto copy KTP atau tanda pengenal lainnya untuk memperoleh NPL di loket registrasi.

Untuk lelang di Ibid, kalian bisa datang ke Jl Ciputat Raya No.100 Kebayoran lama, Jakarta Selatan. Sementara untuk JBA Indonesia berlokasi di area Lottemart Meruya, Jl. Topaz BT No 77 , Meruya Utara, Jakarta Barat.

Jika kalian memenangkan kendaraan atau objek lelang lain yang dipilih, maka uang pembelian NPL akan terakumulasi dalam nilai pelunasan atas total tagihan pemenang.

Tidak usah khawatir soal jaminan uang deposit apabila kita kalah lelang. Jika kalian belum berhasil memenangkan objek lelang yang dipilih, uang pembelian NPL akan dikembalikan 100% tanpa potongan apapun tiga hari kerja usai lelang.

Pengecekan Unit Lelang Saat Open House

mobil88

Cek dulu kepastian status dan surat-surat mobil bekas saat lelang

Perusahaan lelang akan secara terbuka menilai kondisi mobil yang akan mereka jual ke dalam beberapa grade. Sekalipun mobil incaran kalian masuk klasifikasi grade B atau A, kalian tetap perlu datang mengeceknya secara teliti saat open house berlangsung.

Pengecekan perlu dilakukan untuk mengetahui kondisi objek yang akan dilelang, mulai dari interior, eksterior, mesin, sampai rangka. Selama acara open house ini, kalian diberikan kesempatan untuk memeriksa fisik dan dokumen unit yang akan dilelang. Peserta diharap memahami dan menyetujui bahwa unit yang dilelang adalah “sebagaimana adanya” pada saat dilelang.

Penyelenggara lelang tentunya menyediakan daftar lot yang berisi informasi tentang kondisi unit lelang yang dapat dijadikan bahan panduan dalam memilih mobil yang dicari. Kegiatan open house ini biasanya dilakukan sekitar tiga hari sebelum tanggal lelang berlangsung.

Sebab pada saat lelang berlangsung, sudah tidak diperkenankan lagi untuk melihat kondisi objek lelang. Kalian dilarang komplain dengan kekurangan unit yang dimenangkan akibat tidak mengecek langsung. Jika terdapat kekurangan atau cacat baik yang terlihat maupun tidak terlihat sepenuhnya menjadi resiko pemenang lelang.

Setelah dirasa yakin, maka kita selanjutnya mengajukan lot unit mobil yang kita incar untuk ikut dalam lelang tersebut. Peserta yang memiliki NPL berhak ikut lelang dan mengajukan penawaran dengan sistem naik-naik. Pemenang lelang ditentukan dari harga penawaran tertinggi yang ditetapkan oleh pemandu lelang dengan ditandai ketukan palu.

Prosedur Lelang dan Pelunasan Unit Lelang Mobil yang Dimenangkan

Mercedes-Benz Car Clinic

Skema pengecekan kondisi mobil

Untuk perusahaan lelang ternama seperti Ibid atau JBA Indonesia biasanya menyertakan fitur Market Auction Price (MAP) adalah fitur untuk mengetahui harga pasaran terkini kendaraan. Harga tersebut mengacu dari nilai lelang yang digelar sebelumnya dengan melihat kondisi dan grade mobil.

Dari sini, kita bisa memperkirakan harga yang bisa dimenangkan nantinya untuk unit yang akan kita incar. Dalam menentukan bidding atau penawaran saat lelang tentunya kita juga harus mengetahui harga umum dari mobil tersebut di pasaran mobil bekas. Ini bertujuan agar nilai penawaran kita masih tetap di bawah pasaran umum dan kita mendapat keuntungan dari unit yang harganya lebih murah.

Setelah memenangkan lelang, peserta diberikan waktu selama 5 hari kerja setelah hari lelang untuk melunasi kendaraan yang sudah dimenangkan. Pemenang lelang akan diberikan informasi jumlah nominal rupiah yang harus dibayar pada formulir Konfirmasi Pemenang Lelang (KPL), disertai dengan nomor Virtual Account (VA) atas unit yang dimenangkan. Mekanisme pembayarannya yaitu untuk satu mobil mendapat satu nomor VA.

Jika melebihi waktu yang telah ditentukan namun pembayaran unit lelang tidak dilunasi, pemenang dinyatakan wanprestasi alias gugur. Dengan demikian, uang deposit pembelian NPL yang sudah disetorkan sebesar Rp 5 juta dinyatakan hangus. Pihak penyelenggara lelang juga akan membebani ‘biaya parkir’ untuk kendaraan lelang yang sudah dibayar namun tidak kunjung diambil.

Nah, sudah mengerti kan prosedur untuk mengikuti lelang mobil. Jadi, tidak usah takut soal keabsahan dari jual beli kendaraan melalui lelang resmi karena prosesnya legal di mata hukum. Setelah menang lelang, tak ada salahnya membawa mobil ke bengkel terpercaya untuk melakukan pengecekan ulang atau beberapa perbaikan supaya kondisi mobil lebih prima.

Penulis: Yongki

Editor: Lesmana

Tutus Subronto

Tutus Subronto memulai karirnya di dunia otomotif sebagai jurnalis di Media Indonesia. Sejak 2008, telah meliput beragam kegiatan otomotif nasional. Terhitung Januari 2014 masuk sebagai tim Content Writer di Carmudi Indonesia. Kini terlibat di tim editorial Journal Carmudi Indonesia untuk mengulas dan publikasikan berita-berita otomotif terbaru. Email: [email protected]

Related Posts

Comments are closed.