Sepeda motor

Mau Modifikasi Motor dengan Biaya Murah? Ini Panduannya

Bukan berarti modifikasi sepeda motor harus mahal, ada beberapa komponen atau aksesori berharga murah yang bisa dimanfaatkan untuk bikin sepeda motor tambah ganteng.

Banyak pemilik sepeda motor yang kurang puas dengan penampilan standar kendaraannya. Pada titik inilah modifikasi memainkan peran. Tetapi, sejak dahulu modifikasi selalu membawa dilema.

Decal Bodi

(Foto: Gpvinyls)

Misalnya, terbentur peraturan yang berlaku, seperti Undang-Undang Republik Indonesia No. 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Umum. Peraturan tersebut mengatur secara detail kelengkapan berkendara yang harus dimiliki sepeda motor.

Tentu akan banyak orang yang mengira, jangan-jangan, modifikasi yang dilakukan nanti justru menjadi sebuah pelanggaran yang bisa berujung sanksi serius.

Tentunya Carmudian tidak mau mengalami hal tersebut, bukan? Maka itu ada baiknya modifikasi dilakukan sewajarnya.

Dilema selanjutnya adalah terkait dana. Saat ini semakin banyak komponen atau aksesori aftermarket yang bisa dipilih untuk melakukan modifikasi. Keuntungan dari hal ini ialah para pemilik jadi lebih mudah berkreasi mendandani sepeda motornya.

Tapi biasanya kendala akan muncul setelah bicara dana. Pemilik sepeda motor berkantong tebal mungkin tak perlu pusing memilih komponen yang akan digunakan. Sayangnya tak semua orang kondisinya demikian.

Modifikasi Motor Murah

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk modifikasi sepeda motor dengan cara murah. Salah satunya ialah memanfaatkan komponen tangan kedua.

Dalam dunia modifikasi, menggunakan komponen bekas merupakan sesuatu yang lumrah, terlebih jika sifatnya kosmetik semata.

Cara lainnya adalah membeli komponen yang dijual dalam satu paket. Tetapi hal ini hanya berlaku seandainya Carmudian sudah tahu betul arah modifikasi yang akan diterapkan.

Berdasarkan pantuan, Carmudi, kini banyak bengkel menawarkan komponen modifikasi dengan cara ini. Terkadang paket yang ditawarkan juga mengacu pada gaya modifikasi atau custom tertentu. Misalnya, modifikasi cafe racer, scrambler, jap style, dan sebagainya.

Tapi kalau Carmudian lebih suka melakukan modifikasi secara bertahap atau sedikit demi sedikit, maka pilihannya memang membeli komponen satu per satu.

Berikut ini adalah beberapa komponen yang bisa jadi sasaran modifikasi sepeda motor murah.

Pakai Spion Aftermarket

Modifikasi Motor Murah Spion Aftermarket

(Foto: Bukalapak)

Kaca spion merupakan komponen penting untuk menunjang keselamatan berkendara. Sayangnya, terkadang kaca spion yang diberikan pabrikan terlihat kurang sedap di mata.

Carmudian bisa melakukan modifikasi kecil-kecilan lewat komponen ini.

Sekarang ini ada banyak model kaca spion aftermarket yang beredar di pasaran dan bisa menjadi pilihan, mulai dari model tomok sampai bar end.

Sebagai saran, pastikan memilih kaca spion sesuai dengan ulir baut di sepeda motor Carmudian. Walaupun mayoritas kaca spion menggunakan baut 14 mm, tapi ulirnya berbeda-beda dari setiap brand.

Dalam memilih kaca spion juga ada baiknya mempertimbangkan visibilitas yang disajikannya. Spion jalu atau bar end boleh jadi terlihat keren dari segi tampilan, tapi kacanya yang tergolong kecil agak sulit untuk dipakai melihat ke belakang.

Bujet yang perlu disiapkan untuk penggantian kaca spion aftermarket sekira Rp150 ribuan sampai Rp200 ribuan, tergantung model yang Carmudian pilih.

Modifikasi Kulit Jok

Modifikasi Motor Murah Ganti Kulit Jok

(Foto: Unsplash)

Modifikasi kulit jok sepeda motor bukan sebatas urusan tampilan, melainkan juga bisa menyangkut kenyamanan.

Ada beberapa sepeda motor memiliki jok standar yang terasa lebih keras daripada umumnya. Jika hal ini yang Carmudian rasakan, maka bisa juga sekalian modifikasi busa di dalamnya.

Umumnya modifikasi jok sepeda motor dilakukan dengan penggunaan material kulit aftermarket yang memiliki kualitas atau pola lebih menarik.

Ada beberapa konsep modifikasi jok yang belakangan ini berkembang. Contohnya untuk skuter maxi, modifikasi jok yang cukup sering terlihat adalah tema comfort.

Untuk konsep seperti itu jok mendapat tambahan busa semacam lumbar support agar posisi duduk lebih nyaman, terutama saat berkendara jarak jauh.

Harga kulit jok aftermarket itu sendiri sekira Rp70 ribuan sampai Rp150 ribuan tergantung pola dan bahannya. Selain itu, biasanya untuk penambahan busa dikenakan biaya lagi sekira Rp50 ribuan sampai Rp80 ribuan.

Pasang Decal Bodi

Decal Bodi

(Foto: Gpvinyls)

Belakangan ini pemasangan decal pada bodi sepeda motor juga semakin diminati. Pasalnya, dengan modifikasi yang tergolong sederhana ini tampilan sepeda motor bisa berubah drastis. Tentunya Carmudian juga bisa menerapkannya pada sepeda motor kesayangan.

Mayoritas produk decal tersebut sudah disesuaikan untuk jenis-jenis sepeda motor tertentu. Jadi Carmudian tak perlu repot menyesuaikan potongan dengan panel bodi motor.

Sebagai contoh, untuk ukuran Yamaha NMax biasanya decal dibanderol seharga Rp200 ribuan.

Meski lebih terbilang praktis dan mudah dalam pemasangan, tapi umumnya desain yang ditawarkan cenderung generik alias pasaran.

Tapi tenang saja, kini sudah banyak bengkel spesialis decal yang bisa membuat desain ekslusif. Tetapi jangan kaget kalau harganya bisa tiga kali lipat lebih mahal.

Mengganti Handgrip Aftermarket

Handgrip aftermarket

(Foto: Trip Machine)

Mengganti handgrip dengan komponen aftermarket adalah opsi modifikasi sepeda motor murah selanjutnya.

Modifikasi yang satu ini memang terdengar sepele dan jarang dilirik. Hal itu dikarenakan banyak orang yang tak sadar handgrip aftermarket bisa menyuguhkan kenyamanan lebih baik. Terlebih lagi jika kondisi handgrip bawaan pabrikan kondisinya sudah menua.

Selain itu, pada aliran modifikasi tertentu, penggunaan handgripaftermarket juga bisa memperkuat konsep yang diusung.

Adapun harga handgripaftermarket dari brand aksesori semacam RCB, KYT, atau Domino berkisar antara Rp60 ribu sampai Rp100 ribuan. Salah satu jenis yang cukup banyak dicari adalah model handfat.

Pasang Cover Shockbreaker

Cover Shockbreaker

(Foto: Lazada)

Pemasangan cover shockbreaker belakang juga tengah banyak diminati. Pada awalnya penggunaan komponen ini hanya ditemui pada sepeda motor yang memakai shockbreaker mahal.

Tujuan utamanya tentu untuk menjaga shockbreaker terbebas dari kotoran. Tapi belakangan ini penggunaannya juga diadopsi oleh motor-motor yang menggunakan shockbreaker standar bawaan pabrik.

Hal itu tak ada salahnya mengingat manfaat yang juga bisa didapat. Pasalnya, seperti diketahui bukan hal mudah membersihkan shockbreaker dari kotoran-kotoran yang menempel di balik pernya.

Ada macam-macam desain yang menyertai wujudnya. Kebanyakan memang menampilkan nama brand tertentu. Tapi Carmudian juga bisa mencari yang polos saja.

Harga pembungkus shockbreaker ini bisa dibilang paling murah di antara komponen atau aksesori modifikasi yang sudah disebutkan tadi.

Berdasarkan pantauan Carmudi di sejumlah toko online banderolnya mulai dari Rp30 ribuan.

Ganti Windshield

Windshield NMax Modifikasi Motor Murah

(Foto: Brain Study)

Saran memodifikasi sepeda motor dengan harga murah selanjutnya adalah melakukan penggantian windshield. Hal ini utamanya berlaku untuk skuter-skuter maxi seperti,Yamaha NMax, Honda PCX, atau Honda ADV.

Sebenarnya tak ada yang salah dengan windshield bawaan pabrik. Tapi ada kalanya pengguna akan merasa bosan dengan bentuknya yang begitu-begitu saja.

Untungnya sekarang banyak pilihan windshieldaftermarket yang bisa dijadikan sebagai pengganti. Bentuk yang ditawarkan sangat variatif, begitu juga dengan warnanya.

Harganya yang ditawarkan mulai dari Rp70 ribuan. Makanya tak aneh jika banyak pemilik skuter maxi menjadikannya sebagai salah pilihan dalam mempercantik tunggangannya. Simpel tapi perubahan yang terlihat cukup nyata.

Kesimpulan Modifikasi Motor Murah

Seperti sudah disebutkan di awal, modifikasi sepeda motor tak harus mahal, karena cukup banyak komponen aftermarket dengan harga terjangkau yang bisa digunakan. Carmudian bisa melakukan penggantian kaca spion, memasang decal, mengganti handgrip, kulit jok, dan masih banyak lagi.

Satu hal yang perlu diingat, ialah pada saat ingin melakukan modifikasi tetaplah berpegangan pada peraturan yang berlaku. Dengan begitu sepeda motor bisa jadi tambah ganteng sekaligus aman dan nyaman untuk dikendarai.

Baca Juga:

 

Penulis: Mada Prastya

Editor: Santo Sirait

 

Mada Prastya

Bergabung sebagai penulis di Carmudi Indonesia sejak Februari 2021. Menyukai kendaraan roda dua karena simpel, cepat, dan memberi rasa kebebasan dalam berkendara. Email: [email protected]

Related Posts