Home » Berita » Mau Mudik Lebaran, Jangan Lupa Asuransikan Kendaraan

Mau Mudik Lebaran, Jangan Lupa Asuransikan Kendaraan

Inspector Autocillin Siap Membantu Setiap Saat (Foto: Adira Insurance)
Inspector Autocillin Siap Membantu Setiap Saat (Foto: Adira Insurance)

Jakarta – Mudik lebaran sudah di depan mata. Bagi pemudik yang memilih menggunakan mobil pribadi untuk menempuh perjalanan jauh ke kampung halaman, sebaiknya diperiksa terlebih dahulu secara menyeluruh. Pastikan mobil layak jalan dan aman untuk dikemudikan. Selain mempersiapkan kendaraan, pemudik juga perlu mengasuransikannya. Tidak banyak pemudik yang mempersiapkan asuransi. Padahal asuransi, terutama untuk kendaraan sangat penting dalam perjalanan mudik.

Julian Noor, Chief Executive Officer Adira Insurance, menjelaskan ada banyak manfaat dari asuransi kendaraan selama mudik. Di antaranya mengurangi biaya tambahan karena pemudik tidak perlu membuat anggaran tambahan jika sesuatu yang buruk timbul selama perjalanan.

“Risiko yang kemungkinan terjadi selama mudik bisa diminimalisir dengan perlindungan asuransi, Anda sudah membayarkan premi setiap bulan atau tahunnya untuk menjaga kendaraan tersebut. Jadi tidak perlu menyiapkan dana tambahan jika terjadi hal yang tidak diinginkan pada kendaraan,” ujar Julian dalam keterangan resminya.

Asuransi sambung Julian, juga bisa menjadi jawaban dari risiko kehilangan kendaraan. Karena dalam asuransi sudah ada perlindungan untuk kehilangan yang lebih dikenal dengan perlindungan Total Loss Only (TLO) yang melindungi kendaraan yang dibawa mudik maupun yang ditinggal di rumah selama mudik.

“Selama periode mudik lebaran, Adira Insurance selalu menyiapkan contact center Adira Care dan rescue unit yang standby 24 jam di Indonesia,” kata Julian.

Layanan Emergency

Manfaat lain asuransi yang bisa pemilik kendaraan rasakan yaitu layanan emergency. Tanny Megah Lestari, Business Division Development Head Adira Insurance, mengatakan pihaknya mempersiapkan layanan emergency road assistance seperti bantuan derek, jumper, bantuan penggantian ban, kendaraan terkunci secara tidak sengaja, dan berbagai fasilitas rescue lainnya.

“Jika Pelanggan mengalami musibah saat perjalanan mudik, Pelanggan langsung menghubungi contact center Adira Care atau dapat mengirimkan SMS,”kata dia.

Dengan melihat manfaat asuransi di atas, masyarakat diharapkan semakin pemilik kendaraan semakin melek terhadap asuransi. Sejauh ini, Tanny menilai, minat masyarakat terhadap asuransi kendaraan cukup tinggi.
Hingga kuartal I-2019, total premi asuransi kendaraan di Adira Insurance mencapai Rp422 miliar, bertumbuh 12 persen dari periode yang sama tahun sebelumnya. Dari nilai premi tersebut, asuransi kendaraan roda empat masih mendominasi pendapatan premi dengan nilai Rp248 miliar dan bertumbuh 2 persen year on year (yoy). Sementara asuransi kendaraan roda dua mencatatkan pertumbuhan premi 29 persen (yoy) ke angka Rp174 miliar.(dol)

Mitsubishi Xpander
Previous post
Bukan Gara-gara Bermasalah di Filipina, Ini Penyebab Wholesales Xpander Merosot
Next post
Harga Mobil Yaris Bekas Paling Pas Buat yang Mau Awet Muda