Reviews

Mau SUV Murah dan Nyaman? Suzuki Grand Vitara Bekas Bisa Jadi Pilihan

Carmudian yang sedang berniat membeli mobil SUV bekas bisa memilih Suzuki Grand Vitara lansiran 2006 hingga 2012.

Kisaran harganya saat ini sudah ada di angka Rp80 jutaan hingga Rp140 jutaan tergantung kondisi yang ditawarkan.

Salah satu alasan mengapa kami cukup merekomendasikan mobil ini lantaran punya kenyamanan yang cukup oke. Tak heran jika setahun ke belakang banyak orang yang mengincar untuk dijadikan mobil harian.

Spesifikasi Suzuki Grand Vitara

Sebelum membahas mengenai Suzuki Grand Vitara ini, ada baiknya kita sedikit mengupas spesifikasi yang dimilikinya. Langsung saja yuk kita kupas bersama-sama.

Punya Piilihan 2 Mesin

Mobil berkapasitas 5 orang penumpang ini pertama kali diluncurkan pada tahun 2006.

Kala itu ia dibekali mesin berkode J20A dengan kapasitas 2.000 cc, 4 silinder, bertenaga 144 hp @6.800 rpm dengan torsi maksimum 183 Nm @4.000 rpm. 

Suzuki Grand Vitara

(Foto: Auto ABC)

Spesifikasi Mesin Suzuki Grand Vitara 2.000 cc

Kapasitas mesin 

2.000 cc

Jumlah silinder 

4 silinder

Tenaga 

144 hp @6.800 rpm 

Torsi 

183 Nm @4.000 rpm

Transmisi 

Manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan

Suzuki Grand Vitara generasi ini merupakan versi pembaruan total yang dilakukan Suzuki guna menggantikan Vitara dan Escudo era 1990-an.

Ubahannya pun cukup banyak, meliputi sasis, mesin baru, dan sederet fasilitas canggih.

Beberapa di antaranya seperti penggunaan lampu LED di depan dan belakang, airbag, jok kulit, tombol pengaturan setir, spion elektrik, electronic brake distribution, brake assist, dan mesin baru yang lebih bertenaga.

Ubahan inilah yang menjadi senjata utama Suzuki untuk menarik konsumen loyal.

Lalu pada tahun 2009 Suzuki memberikan penyegaran dengan menanamkan mesin baru dengan kapasitas dan tenaga lebih besar.

Mesin tersebut berkode J24B dengan kapasitas 2.400 cc, 4 silinder, dengan tenaga 166 hp @6.000 rpm dengan torsi maksimum 225 Nm @4.000 rpm. 

Spesifikasi Mesin Suzuki Grand Vitara 2.400 cc

Kapasitas mesin 

2.400 cc

Jumlah silinder 

4 silinder

Tenaga 

166 hp @6.000 rpm 

Torsi 

225 Nm @4.000 rpm

Transmisi 

Manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan

Pada eranya, Suzuki Grand Vitara termasuk ke dalam salah satu SUV yang punya performa mumpuni. Di artikel ini kami juga akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan yang dimiliki mobil ini.

suzuki grand vitara

Suzuki Grand Vitara yang tak mampu bersaing di pasar SUV. (Foto: SIS)

Kami pun bertanya kepada Julian Johan atau yang karib disapa Jeje, pembalap off road mengenai kelebihan dan kekurangan mobil ini.

Menurutnya, ada beberapa poin penting yang wajib diketahui Carmudian sebelum meminang mobil ini.

Kelebihan dan Kekurangan Suzuki Grand Vitara 

Kelebihan

  • Nyaman Dipakai Jarak Jauh

Carmudian yang gemar ‘mengukur jalan’ dengan jarak tempuh jauh tentu akan menyukai mobil ini. Pasalnya, kenyamanan yang diberikan benar-benar oke untuk ukuran mobil berusia lebih dari 15 tahun.

Hal tersebut dikarenakan Suzuki Grand Vitara dibekali kaki-kaki independen. Di depan, suspensinya memakai MacPherson Strut dengan coil spring, sementara di belakang memakai multi link.

Karakter bantingannya lembut dan tidak mudah menimbulkan rasa pegal di badan. Hal inilah yang menjadi kelebihan utama mengapa mobil ini masih banyak dicari.

Untuk melaju di kecepatan tinggi juga terbilang stabil dibandingkan dengan SUV lainnya, terlebih ia menggunakan rangka monokok. Kenyamanan lainnya yang dimiliki yakni kabin yang lega, sehingga cocok digunakan bepergian jarak jauh.

  • Mesin Bertenaga

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, Grand Vitara dibekali mesin dengan performa mumpuni.

“Untuk mesin, jelas Suzuki Grand Vitara ini cukup oke yah. Apalagi mesinnya ini juga lumayan bandel, enak buat dipakai harian juga,” kata Jeje kepada kami, Rabu (3/8/2022).

Baik mesin 2.000 cc dan 2.400 cc sama-sama memiliki performa mumpuni. Karakter mesinnya cenderung lebih galak di putaran bawah hingga ke tengah. 

suzuki grand vitara

Suzuki Grand Vitara masih mempertahankan desain lawas

Namun bukan berarti performa mesin di putaran atasnya buruk. Untuk mencapai kecepatan 140 km/jam ternyata cukup mudah diraih.

Tenaga besar ini jadi salah satu modal berharga Grand Vitara menggoda mereka yang hobi melaju kencang. Nggak percaya? Silakan coba sendiri, deh!

  • Spare Part Mudah Didapat

Kelebihan lain dari Suzuki Grand Vitara ini yakni kemudahan mendapatkan spare part. Hingga saat ini Suzuki masih menyediakan spare part mobil ini, sehingga tak perlu khawatir mencarinya ke mana pun.

Harga spare part yang dijual pun terbilang masih terjangkau untuk fast moving maupun slow moving. Misalnya, link stabil untuk bagian kaki-kaki dibanderol Rp370 ribuan, sensor camshaft dijual seharga Rp190 ribuan.

Lalu untuk kampas rem dijual Rp380 ribuan, sokbreker depan Rp1,3-1,8 jutaan sepasang, dan plat kopling Rp1,6 jutaan. Jika sulit mendapatkan di toko, Carmudian masih bisa mencari spare part tersebut di berbagai toko online dengan harga cukup murah.

Kekurangan

  • Mesin Agak Boros

Salah satu kekurangan yang kerap dikeluhkan para pengguna Grand Vitara ini tentunya adalah konsumsi BBM yang tidak irit-irit amat. Tenaga yang besar diimbangi dengan borosnya konsumsi BBM.

Sebagai gambaran, konsumsi BBM Grand Vitara berkisar di angka 1:5 km/liter sampai 1:7 km/liter. Catatan tersebut didapatkan untuk pemakaian harian dalam kota yang sering terkena lalu lintas macet.

Baik mesin 2.000 cc dan 2.400 cc punya konsumsi BBM yang tak berbeda jauh. Makanya, banyak yang lebih memilih varian mesin 2.400 cc yang dinilai jauh lebih bertenaga.

  • Kaki-kaki Agak Ringkih

Kenyamanan suspensi mobil SUV ini ternyata tak diimbangi dengan kaki-kaki yang kuat. Beberapa pemilik kerap mengeluhkan ringkihnya kaki-kaki pada Grand Vitara ini.

Bagian yang cukup sering rusak yakni sokbreker depan. Untuk mengatasi hal tersebut disarankan pemilik menggunakan sokbreker lansiran aftermarket dibanding menggunakan produk orisinil.

“Kaki-kaki ini lumayan sering bunyi. Sokbrekernya dan link stabilnya itu rentan rusak. Penyakitnya itu sih yang biasa ditemui kalau memelihara Grand Vitara,” sambung Jeje.

Disarankan ketika mengendarai mobil ini usahakan tidak menghantam lubang dengan kencang. Sebisa mungkin lakukan pengereman ketika melewati jalan rusak, agar komponen kaki-kaki bisa lebih awet.

  • Oli Mesin Mudah Menguap

Penyakit lain yang ada di Grand Vitara adalah oli mesin yang ternyata mudah menguap. Tak hanya oli mesin, air radiator pun juga dinilai mudah berkurang ketika dipakai.

Hal tersebut diakui beberapa pemilik mobil yang sudah memakai selama beberapa tahun. Kelemahan ini diklaim sudah menjadi penyakit bawaan Suzuki Grand Vitara sejak generasi sebelumnya.

(Suzuki Grand Vitara/autossegredos.com)

Jika pemilik agak malas mengecek oli mesin dan air radiator, bukan tak mungkin mobil lebih gampang overheat. Sebisa mungkin cek kadar oli mesin dan air radiator agar tidak berkurang dari batas normal.

Carmudian yang mau membeli mobil SUV dengan bujet Rp100 jutaan rasanya masih layak meminang mobil ini. Kenyamanan, performa mumpuni, dan kemudahan spare partnya jadi daya tarik yang sulit ditolak.

Apalagi secara desain mobil ini masih terlihat keren dan macho.

Penulis: Rizen Panji
Editor: Dimas

Rizen Panji

Hobinya jelas, menghabiskan bahan bakar mesin 6 silinder di akhir pekan. Seleranya juga sudah jelas, mobil tua yang pintunya cuma dua. Oh iya, dirinya sangat mencintai interior mobil yang bersih dan simpel. Kalau ada yang mau ngasih mobil dengan ciri tersebut, akan diterima dengan senang hati..

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

/