Berita

Mazda Akan Meluncurkan Mobil Baru Berbasis Toyota Yaris

Mobil Baru Mazda

Mazda2 (Foto: Mazda)

Prancis –Mazda siap menawarkan mobil baru jenis hatchback berbasis Toyota Yaris yang rencananya akan dipasarkan di Eropa dalam dua tahun ke depan atau tepatnya 2023. Kemunculannya berpotensi menggantikan keberadaan Mazda2.

Diberitakan Autocar, Selasa (1/12/2020), kemungkinan besar mobil baru Mazda ini akan mengusung teknologi hybrid.

Seperti diketahui, Mazda dan Toyota memiliki kemitraan teknis jangka panjang yang mencakup pengembangan kendaraan listrik.

Dalam sebuah presentasi dari Mazda belum lama ini, perusahaan ingin memperkuat jalinan kerja sama dengan produsen mobil lain.

Kerja sama ini untuk meningkatkan dan mengembangkan jaringan ke depannya. Termasuk meluncurkan model mobil terbaru yang sebagian besar pengembangannya diambil dari basis Yaris THS (Toyota Hybrid System).

Strategi tersebut menunjukkan bahwa model baru itu akan dibangun oleh Toyota untuk Mazda yang kemungkinan besar proses produksinya bersama dengan Yaris di pabriknya di Prancis Utara.

Hatchback bertenaga hybrid akan membantu Mazda untuk memenuhi target emisi CO2 Uni Eropa. Ini juga akan menguntungkan Toyota, karena kedua perusahaan tersebut telah membentuk kerja sama untuk berbagi platfom.

Mobil Baru Mazda

Toyota New Yaris (Foto: TAM)

Berpotensi Menggantikan Mobil Hatchback Mazda

Model Mazda terbaru berbasis Toyota Yaris berpotensi menggantikan Mazda2 yang telah dijual sejak 2014 dan tidak memiliki teknologi hybrid. Meskipun ada kemungkinan kedua hatchback tersebut tetap dipasarkan secara bersama dalam waktu yang terbatas.

Mazda Inggris menolak berkomentar terkait kapan model baru tersebut akan tersedia.

Dalam sebuah pernyataan yang dikeluarkan untuk Autocar, dikatakan: “Kami melanjutkan pendekatan multi-solusi kami yang menawarkan solusi yang tepat untuk menyesuaikan bauran daya, keunikan, dan kebutuhan pelanggan di setiap negara dan wilayah.”

“Sebagai salah satu langkah multi solusi, kami menyimpulkan bahwa THS merupakan solusi optimal untuk menjawab kebutuhan. Kolaborasi ini adalah hasil diskusi berdasarkan kebijakan kemitraan Toyota-Mazda untuk menggunakan sumber daya bisnis kedua perusahaan secara efisien,” demikian tulis peryataan Mazda Inggris.

Kesepakatan dengan Mazda mengingatkan juga tentang kemitraan yang dijalin Toyota dengan Suzuki.

Toyota baru-baru ini berbagi produk bersama Suzuki untuk membuat versi rebadged. Produk tersebut adalah Toyota Corolla Hybrid Estate dan RAV4 plug-in hybrid yang masing-masing diberi nama Suzuki Swace dan Across.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga: Alami Penyegaran, Mazda3 2021 Lebih Bertenaga

Santo Sirait

Santo Sirait sebelumnya Jurnalis di Okezone.com, pindah ke Carmudi.co.id sebagai Reporter pada November 2017. Fokus di sektor otomotif, terutama meliput tentang mobil, motor dan industri otomotif. Santo dapat dihubungi di [email protected]

Related Posts