Home » Berita » Mazda BT-50 Kembali Menggoda, Meluncur Sebentar Lagi

Mazda BT-50 Kembali Menggoda, Meluncur Sebentar Lagi

Gambar teaser Mazda BT-50 terbaru (Foto: Mazda)

Melbourne – Mazda Australia kembali merilis gambar teaser yang diyakini sebagai BT-50 generasi terbaru. Lewat akun media sosial, Mazda berbagi tampilan depan mobil dalam rupa siluet. Tak cuma itu, pabrikan mobil yang bermarkas di Jepang itu juga memberikan informasi terkait jadwal peluncurannya.

Sebagaimana diberitakan Caradvice, generasi terbaru dari Mazda BT-50 akan meluncur untuk kali pertama di dunia pada 17 Juni 2020. Kemungkinan peluncurannya dilakukan secara virtual.

Gambar teaser baru menunjukkan bahwa meskipun Mazda BT-50 dibangun menggunakan basis dari Isuzu D-Max, tetapi soal desain tetap mengikuti bahasa desain tubuh Mazda sendiri.

Seperti yang pernah dijanjikan oleh Mazda, BT-50 dipastikan memiliki wajahnya agak sedikit berbeda dibandingkan dengan Isuzu D-Max. Gambar teaser sebelumnya menunjukkan keseluruhan bentuk mobil mirip dengan perawakan D-Max, begitu juga dengan desain lampu belakang.

Mazda menyebut bahasa desain Kodo pada bagian kap mesin, bumper, dan fender depan BT-50 telah sepenuhnya direvisi. Demikian pula pada lampu depannya yang ringkas dengan lampu senja melingkar sehingga tampak sangat menonjol. Sepasang lampu depan baru mengapit gril besar ditambah desain bilah ganda yang mengingatkan pada CX-9.

Mazda BT-50 memang layak dikaitkan dengan Isuzu lantaran ada kerja sama di antara kedua pabrikan dengan berbagi beberapa komponen mekanis. Itu artinya ada kemungkinan BT-50 menggendong mesin turbodiesel 3 liter milik Isuzu yang baru-baru ini dikembangkan. Mesin tersebut memiliki tenaga sekuat 187 hp dan torsi puncak 450 Nm.

Gambar teaser Mazda BT-50 terbaru (Foto: Mazda)

Datang sebagai model 2021, BT-50 terbaru akan menggantikan pendahulunya yang sudah sembilan tahun lamanya tidak mengalami perubahan besar.

Mazda BT-50 Tak Dijual Lagi di Indonesia

Sebelum jalur distributor utama mobil Mazda di Indonesia berpindah dari PT Mazda Motor Indonesia (MMI) ke PT Eurokars Motor Indonesia (EMI), Mazda BT-50 masih dipasarkan di dalam negeri. Namun tak lama setelah dipegang oleh EMI, pihaknya memutuskan untuk menghentikan impor sekaligus pemasaran dari mobil pikap kabin ganda itu.

Impor Mazda BT-50 sebenarnya sudah dihentikan pada 2018, sampai dengan pertengahan 2019 perusahaan masih menjualnya. Itu pun hanya sebatas menghabiskan sisa stok yang masih ada di diler.

Keputusan untuk menghentikan penjualan Mazda BT-50 di Tanah Air karena pihak EMI ingin fokus memasarkan mobil penumpang kepada konsumen.

Berdasarkan situs web resmi Mazda Indonesia, tercatat ada 11 model yang saat ini ditawarkan. Model-model tersebut adalah Mazda2, Mazda3 (hatchback dan sedan), Mazda CX-3, Mazda CX-30, Mazda CX-5, Mazda CX-8, Mazda CX-9, Mazda6 Elite (sedan dan estate), dan Mazda MX-5 RF.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Modifikasi Ala Rally Look, Sederhana Tapi Fungsional

AP4 rally
Previous post
Modifikasi Ala Rally Look, Sederhana Tapi Fungsional
Next post
Kiat Merawat dan Mempersiapkan Mobil Sebelum Digunakan