Home » Berita » Mazda CX-5 Terbaru Sudah Dibekali Turbo, Tenaganya Melonjak

Mazda CX-5 Terbaru Sudah Dibekali Turbo, Tenaganya Melonjak

Mazda CX-5 terbaru (Foto: Paultan)

Tokyo – Dua tahun setelah CX-5 generasi kedua meluncur di Jepang, Mazda akhirnya menyegarkan mobil crossover andalannya itu. Meskipun tidak banyak yang dirubah oleh Mazda, namun paling tidak ada satu perubahan yang pantas untuk dibanggakan yaitu penambahan turbocharged di bagian mesin.

Dengan begitu performa yang dihasilkan dari mesin Mazda CX-5 terbaru lebih bertenaga ketimbang model sebelumnya. Diberitakan Paultan, Mazda CX-5 terbaru ditawarkan dengan mesin bensin SkyActiv-G 4-silinder berkapasitas 2,5 liter dengan turbocharged.

Tenaga yang dihasilkan sekuat 230 PS pada 4.250 rpm dan torsi puncak 420 Nm pada 2.000 rpm. Sekedar informasi Mazda CX-5 model sebelumnya dibekali dengan mesin serupa hanya saja tidak menggunakan turbocharged. Tenaga yang dihasilkannya pun berbanding jauh yaitu 187 PS.

Baca juga: Dimensi Mazda CX-3 Generasi Terbaru Lebih Besar, Kabin Lebih Senyap

Berdasarkan pengujian internal, konsumsi bahan bakar mesin Mazda CX-5 terbaru adalah 12,6 kilometer per liter. Dengan dipasangnya turbocharged, maka CX-5 menjadi model pertama Mazda di Jepang yang menggunakan perangkat tersebut. Sama seperti semua model, mesin ini dipasangkan dengan transmisi otomatis enam percepatan dan pilihan penggerak roda depan atau semua roda.

Selain mesin, Mazda juga memasangkan sistem G-Vectoring Control (GVC) yang telah ditingkatkan kinerjanya. Sehingga dapat meningkatkan penanganan dalam bermanuver, dan dapat menghindari tabrakan.

Perubahan lainnya mencakup fungsi deteksi pejalan kaki terbaru pada malam hari melalui sistem Smart City Braking Support (SCBS), kamera 360 derajat, head unit dapat tersambung ke Apple CarPlay dan Android Auto, dan tweeter baru untuk sistem suara. Ada juga sentuhan Metalik Abu-abu baru untuk velg alloy 17 inci dan kontrol iklim yang dirancang ulang.

Tidak cuma itu saja, ternyata Mazda Jepang juga menawarkan Mazda CX-5 edisi khusus. Varian terbatas satu ini mendapat velg 19 inci dalam lapisan cat berwarna hitam, jok dibungkus kulit Deep Red Nappa, trim interior woodgrain asli, kaca spion tengah tanpa bingkai, instrumen LCD TFT tujuh inci, pencahayaan LED putih di seluruh kabin, dan lainnya.

Mesin Mazda CX-5 terbaru (Foto: Paultan)

Mazda CX-9 Ikut Meluncur

Di samping mendatangkan CX-5 terbaru, Mazda juga menghadirkan CX-9 model 2019 dengan teknologi dan fitur lebih modern. Di antaranya SCBS, head unit bisa terhubung ke Android Auto dan Apple CarPlay dan sekarang menjadi bagian dari sistem konektivitas mobil Mazda Connect.

Pembaruan eksterior termasuk penambahan velg aluminium 17 inci dalam balutan Gray Metallic, lalu di kabinnya terdapat panel kontrol iklim yang dirancang ulang, switch and dial, dan lainnya.

Baca juga: 5 Mobil Berpenggerak Roda Belakang Terbaik Saat Ini

Ada juga Mazda CX-9 Exclusive Mode. Edisi terbatas ini telah dilengkapi dengan velg aluminium 19 inci berbalut Dark Gloss. Di dalamnya, terpasang kulit Nappa, trim woodgrain, layar TFT 7-inci di tengah-tengah instrumen cluster, dan pencahayaan LED putih. Mazda CX-9 bersama dengan Mode Eksklusif akan tersedia pada 22 November 2018.(dol)

Previous post
Infografis Honda Brio 2018 di Indonesia
Dealer Mercedes
Next post
Layanan Mercedes Benz Bertambah Lagi di Jakarta