Home » Berita » Mazda CX3 Penantang Baru Segmen Crossover di Indonesia

Mazda CX3 Penantang Baru Segmen Crossover di Indonesia

Jakarta –  Pasar mobil crossover cukup mendapat sambutan positif di pasar Indonesia, bahkan beberapa produsen otomotif bertarung di segmen ini. Tak ketinggalan termasuk Mazda dengan memperkenalkan salah satu andalannya yaitu Mazda CX3.

Model Mazda CX-3 tampil dengan menganut KODO -Soul Of Motion Design. Meskipun mobil ini punya kemiripan dangan Mazda2 Skyactive, tapi tidak terlihat desain siluet yang menjadi ciri khas Mazda2.

Dengan mempunyai tampilan desain yang keren mobil ini bahkan digadang akan menjadi pesaing para produsen besar. Di pasar otomotif nasional, CX-3 ini akan bersaing dengan beberapa rival sebanding, seperti HR-V, Rush, Terios, Juke, EcoSport, dan Trax.

Namun sayangnya dari segi harga apakah Mazda CX3 mampu bersaing dengan kompetitor? Ya, dalam line up Mazda sendiri harga CX3 sudah menyundul harga CX5 yang lebih dulu hadir. Namun saat dikonfirmasi ke pihak Mazda, terkait harga belum ada kepastian.

Mazda CX-3 memiliki dimensi cukup kecil dibandingkan dengan CX-5, bahkan body Mazda CX-3 hampir seperti Honda HR-V. Bila dilihat dari bentuk dari bonnet dan girl meninggi khas kodo design membuatnya sealiran dengan para saudarannya di Mazda yang lain.

Untuk eksteriornya Mazda CX-3 tampilannya mirip dengan Mazda CX-5 sedangkan interiornya sangat mirip dengan Mazda2 bahkan bisa di katakan 100% mirip. Apa yang menarik dari Mazda CX3?

Eksterior Elegan Berkolaborasi dengan Interior yang Mewah

Bodi Mazda CX-3 tampil sporty dengan balutan front gril yang pas, ditambah dengan aksen chrome menambah kesan mewah. Emblem Mazda terpasang di tengah front grill, sementara tampilan headlamp mempunyai desain mata sipit yang tajam.

Sedangkan untuk foglamp mempunyai desain yang berbeda dengan biasanya. Sedangkan mempunyai ground clearance yang cukup tinggi (1.550 mm), membuat Anda aman dan nyaman bila mengendarai pada jalan offroad.

Bagian buritan terkesan sangat garang dengan stoplamp yang terletak pada bagian atas. Selain itu dilengkapi antena “sirip hiu” pada bagian atas ini membuat mirip dengan Honda HR-V. Bumper didesain penempatannya cukup tinggi serta dibalut dengan warna hitam dop.

Mazda CX3
Tampilan yang mewah dan sporty Mazda CX3. Foto/Dok. Mazda

Crossover Mazda yang satu ini memiliki panjang mencapai 4.275 mm, hal ini membuat lebih lega pada kabin mobil. Sedangkan lebarnya 1.765 mm dan tinggi 1.535 mm. Dengan dimensi bodi seperti ini sangat tepat menjadi pilihan tepat untuk berpetualang.

Meskipun Mazda CX3 interiornya tak mengalami perubahan (sama edisi Jepang), namun masih tetap terlihat premium bila dibanding kompetitor sekelasnya.

Performa Mumpuni, Irit dan Kapasitas Tangki Besar

Mobil ini menggunakan mesin 2000 cc 4 silinder mampu menyemburkan tenaga mencapai 104dk. Dengan dua pilihan transmisi yankni 6-percepatan manual dan otomatis.

Diklaim pihak Mazda kalau mobil ini terbilang irit dikelasnya, untuk kapasitas bahan bakar sendiri mencapai 62 liter. Sehingga pengguna tidak perlu bolak-balik mengisi BBM.

Mazda CX3
Menggunakan teknologi mesin Skyactiv. Foto/Carmudi Indonesia/Dok Mazda.

Untuk Mazda CX3 dibenamkan suspensi bagian depan menggunakan suspensi jenis SKYACTIV-CHASSIS independent MacPherson Struts. Pada bagian belakang menggunakan Independent Multi Link, suspensi jenis ini sudah digunakan pada mobil Mazda6 sebelumnya dan terbukti sangat baik untuk meredam getaran.

Fitur Keselamatan

Mazda CX-3 juga menawarkan berbagai fitur wajib keselamatan, seperti fitur pengereman jenis ABS, dual air bag yang akan melindungi pengendara jika terjadi kecelakaan. Ada juga sensor parkir, serta fitur Imobillizer membuat makin nyaman meninggalkan mobil tanpa takut resiko kecurian. (Dol)

Spesifikasi Mobil Mazda CX-3
Mesin

·         Tipe Mesin : SKYACTIV-G , SKYACTIVE-D

·         Cylinder DOHC valve

·         Kapasitas : 2000 CC

·         Rasio Kompresi : 13.0:1

·         Power Maksimum : 104 DK

·         Sistem Bahan Bakar : Electronically

·         controlled direct injection

 

Dimensi

·         PanjangXlebarXtinggi : 4275X1765X1535mm

·         Jarak antara Roda : 2830 mm

·         Jarak Dengan tanah : 165 mm

·         Kapasitas : 1498kg

·         Bahan Bakar : 64 L

 

Suspensi / Kaki-Kaki

·         Jenis Kemudi : Skyactive Drive 6 speed

·         Rem Depan : Ventilated Disc

·         Rem Belakang : Solid Disc

·         Suspensi Depan : SKYACTIVE Chasis Independent MacPherson struts

·         Suspensi Belakang : SKYACTIVE Chasis Independent Multi-link

 

Previous post
20 Menit Inden Online Dibuka, 155 Unit Yamaha All New R15 Langsung Ludes
dana terbatas
Next post
Tips Modifikasi Ringan dengan Dana Terbatas