Home » Berita » Mazda Konfirmasi Akan Luncurkan Mobil Listrik pada 23 Oktober

Mazda Konfirmasi Akan Luncurkan Mobil Listrik pada 23 Oktober

Salah satu gambar di teaser electric vehicle milik Mazda (Foto: Paultan)

TokyoMazda baru saja merilis video teaser terbaru. Dalam teaser berduasi singkat itu Mazda mengkonfirmasi akan meluncurkan mobil listrik pertamanya yang telah siap diproduksi massal. Peluncuran electric vehicle pertama Mazda ini akan dilakukan pada 23 Oktober bersamaan dengan perhelatan Tokyo Motor Show (TMS) 2019. Isi video tersebut tidak mengungkapkan banyak hal terkait mobil listrik Mazda, hanya menunjukkan beberapa bagian luar mobil saja.

Di awal video, Mazda memperlihatkan lekukan bodi mobil depan dan samping. Kemudian memperlihatkan keseluruhan bentuk mobil dalam wujud siluet. Dari situ bisa ditebak bahwa mobil listrik ini berjenis Sport Utility Vehicle (SUV). Itu artinya rumor yang mengatakan mobil listrik Mazda menggunakan basis CX-30 bisa saja benar.

Sementara itu dalam video teaser yang berbeda, Mazda memperlihatkan sedikit bagian interior. Terlihat jelas konsol tengah mengambang. Selain itu, pabrikan mobil asal Jepang itu juga mengungkapkan penggunaan material berkualitas berupa serat alami untuk pelapis jok. Terakhir, Mazda juga menyebutkan akan mengadopsi konsep pintu yang unik.

Mazda konfirmasi akan meluncurkan electric vehicle-nya pada 23 Oktober (Foto: Paultan)

Sejauh ini belum ada pernyataan resmi dari Mazda terkait seberapa besar daya baterai yang akan dibenamkan ke mobil listrik Mazda. Tapi dari informasi yang beredar, Mazda telah mengembangkan e-TPV (Electric Technology Prove-Out Vehicle) yang ditenagai oleh motor listrik berdaya 140 hp dan torsi puncak 264 Nm. Baterainya sendiri punya kapasitas 35,5 kWh. Demikian seperti dilansir dari Paultan.

Mobil Listrik Mazda Belum Akan Masuk Indonesia

Auto News melaporkan bahwa mobil listrik Mazda akan dijual dengan kedok full electric. Di awal, Mazda akan memasarkan mobil listriknya di Jepang, Eropa dan Cina. Setelah itu akan melebar ke negara lain seperti Amerika.

Semua pekerjaan teknis mobil listrik tersebut tengah dikerjakan saat ini. Menurut rumor yang beredar, Mazda akan mulai menjual mobil ramah lingkungan itu tahun depan.

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Mazda di Indonesia belum menunjukkan tanda-tanda akan memasukkan mobil listrik ke Indonesia.

“Mazda saat ini masih fokus di mesin konvensional karena mereka masih mengembangkan SkyActiv-nya sendiri. Mungkin 5 tahun ke depan akan muncul mobil hybrid atau elektrik,” ungkap Roy Arman Arfandi, Presiden Direktur PT EMI, di booth Mazda saat GIIAS 2019.

Jika nantinya Indonesia mendapat kesempatan untuk memasarkan electric vehicle Mazda, Roy mengaku tidak tahu modelnya apa.

“Nanti ada waktunya buat kami untuk masukan (mobil listrik) juga. Kapan? Saya belum bisa beberkan karena masih harus menunggu dari prinsipal di Jepang,” pungkas Roy.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Mazda CX-8 di Indonesia Akan Diluncurkan Bulan Depan

Mahindra Scorpio SUV
Previous post
Mahindra Masih Punya Keinginan Luncurkan SUV ke Indonesia, Model Apa?
Next post
Tahun Depan Luncurkan Mobil Listrik, Nissan Kerja Sama dengan PLN