Home » Berita » Mazda Umumkan MX-30 Versi Mild-Hybrid Akan Mulai Dijual

Mazda Umumkan MX-30 Versi Mild-Hybrid Akan Mulai Dijual

Mazda MX-30 mild-hybrid (Foto: Paultan)
Mazda MX-30 mild-hybrid (Foto: Paultan)

Tokyo – Masih ingat dengan Mazda MX-30? Ya, mobil bergaya SUV ini pertama kali diperkenalkan di ajang Tokyo Motor Show (TMS) 2019. Mazda MX-30 merupakan kendaraan full listrik terbaru yang unik dan sangat menarik. Rupanya Mazda tak puas hanya memiliki MX-30 bertenaga listrik saja, perusahaan telah memutuskan untuk memasarkan model yang sama dengan teknologi mild-hybrid.

Sebagaimana diberitakan Paultan, Kamis (13/8/2020), Mazda MX-30 akan mulai dijual di Jepang. Sedangkan versi listrik dipasarkan dengan sistem sewa mulai akhir tahun ini.

Mazda MX-30 versi mild-hybrid dibekali mesin bensin 2.0 litre Skyactiv-G. Mesin ini dikombinasikan dengan mild-hybrid drive system. Sayangnya pabrikan mobil asal Jepang itu belum menyebutkan seberapa besar tenaga yang dapat dikeluarkan dari mesin tersebut.

Sementara itu Mazda MX-30 versi full listrik dilengkapi dengan motor listrik bertenaga 141 hp dan torsi puncak 264 Nm. Sumber tenaganya berasal dari baterai lithium-ion 33,5 kWh, dan sudah mendukung sistem pengisian AC-DC. Apabila kondisi baterai terisi penuh, mobil ini diklaim mampu berjalan sejauh 209 km.

Mazda sudah mulai memproduksi MX-30 sejak Mei 2020 di pabrik Ujina 1, Jepang.

Mazda MX-30 mild-hybrid
Konsep pintu Mazda MX-30 mild-hybrid (Foto: Paultan)

Mengusung Konsep Pintu Bunuh Diri

Mazda MX-30 mengadopsi konsep pintu yang unik yaitu suicide door atau dikenal juga dengan pintu bunuh diri. Untuk mengusung konsep pintu bunuh diri ini, Mazda memasang pilar B di tengah sebagai ‘sandaran’ pintu depan dan belakang. Pintu depan dapat dibuka ke arah depan sedangkan pintu kedua ke arah belakang.

Keuntungan mobil dengan konsep suicide door memudahkan penumpang maupun pengemudi masuk atau keluar kabin mobil. Konsep pintu serupa juga pernah diaplikasikan oleh Mazda ke mobil sport RX-8.

Di bagian interior MX-30 mendapatkan sistem infotainment Mazda Connect serta tuas transmisi yang pendek. Pengemudi mendapat instrumen digital, serta setir dengan desain Mazda terbaru.

Mazda MX-30 mild-hybrid
Tampilan interior Mazda MX-30 mild-hybrid (Foto: Paultan)

Belum Masuk Indonesia

Roy Arman Arfandy, Presiden Direktur PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) membenarkan Mazda sudah memperkenalkan MX-30 full listrik di Jepang. Tapi untuk saat ini, apakah mobil tanpa emisi itu akan dibawa ke Indonesia atau tidak, pihaknya belum bisa memberikan kepastian.

“Memang Mazda MX-30 pertama kali di-display di Tokyo Motor Show (2019). Waktu kami lihat itu, kami juga memperkirakan akan segera dipasarkan, tapi kita juga lagi menunggu prinsipal di Jepang bagaimana alokasi ke negara-negara lain setelah MX-30 itu pertama kali diperkenalkan di Jepang. Jadi sementara saya belum bisa jawab kapannya atau bagaimana masuk Mazda MX-30, kami lagi menunggu juga arahan dari Mazda Jepang,” ungkap Roy, di Jakarta, akhir tahun lalu.

Kendati demikian, dirinya sangat berharap mobil listrik Mazda MX-30 bisa diperlihatkan ke masyarakat Indonesia.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Ertiga dan XL7 Menjadi Penyumbang Terbesar Ekspor Suzuki

Previous post
Ertiga dan XL7 Menjadi Penyumbang Terbesar Ekspor Suzuki
Next post
Resmi Meluncur, Harga MG HS Mulai dari Rp369,8 Jutaan