HomeBeritaMazda3 Kembali Dinobatkan Sebagai Mobil Terbaik, Kali Ini di China

Mazda3 Kembali Dinobatkan Sebagai Mobil Terbaik, Kali Ini di China

Mazda3 dinobatkan sebagai mobil terbaik di Cina.

BeijingMazda sedang dirundung kabar baik, sebab satu produk andalannya yaitu Mazda3 memperoleh penghargaan sebagai mobil terbaik di China atau dikenal juga dengan China Car of the Year 2020. Mobil yang tersedia dalam versi sedan dan hatchback ini berhasil menyingkirkan lawan-lawannya yang berjumlah lebih dari 190-an mobil. Proses pemilihan pemenang dilakukan oleh 38 juri yang berkompeten di bidang otomotif.

Kemenangan Mazda3 di China merupakan balasan dari hasil kerja tim Mazda selama bertahun-tahun. Keberhasilan Mazda3 meraih gelar China Car of the Year hanya terpaut kurang lebih satu minggu setelah mobil yang sama meraih Car of the Year Thailand. Sebelumnya Mazda3 juga memenangkan Women World of the Year Award 2019, yang diumumkan di Dubai International Auto Show 2019, dan merupakan salah satu model mobil yang masuk nominasi untuk European Car of the Year (ECOTY) 2020 bersama 34 kendaraan lain. Pemenang ECOTY akan diumumkan pada Maret 2020 bersaamaan dengan Geneva Motor Show 2020.

Seperti dilansir oleh Carscoops, Mazda3 hanya tersedia versi sedan saja di China. Mobil asal Jepang ini sudah diproduksi lokal di pabrik Changan Mazda Automobile sejak Agustus 2019.

Sebagai informasi tambahan, China Car of the Year tahun lalu diraih oleh Lexus ES setelah mengalahkan Toyota Camry dan Audi A8 L. Pada 2018 penghargaan tertinggi itu diberikan kepada Volvo S90. Sedangkan, tahun sebelumnya Mercedes-Benz E-Class, 2016 diberikan kepada Geely GC9, dan mahkota 2015 jatuh ke Honda Odyssey, karena lebih mengesankan para juri lebih daripada Mercedes-Benz C-Class LWB dan Infiniti Q50.

Di Indonesia Mazda3 Ada Dua Versi

All New Mazda3 (Carmudi/Fransiscus Rosano)
Mazda3 ada dua versi.

Mazda3 resmi dipasarkan di Indonesia pada Juli 2019. Peluncurannya dilakukan bersamaan dengan penyelenggaraan GIIAS 2019.

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Mazda di Indonesia memasarkan Mazda3 dalam dua versi, sedan dan hatchback. Masing-masing kini dibanderol Rp538,8 juta dan Rp489,8 juta.

Mazda3 sendiri telah mengadopsi desain KODO terbaru yang menampilkan desain “single motion” sederhana dalam tampilan keseluruhan. Ini memberikan efek cahaya dan bayangan yang berefleksi di atas badannya sehingga menghasilkan ekspresi dramatis yang jauh lebih baik dibandingkan bahasa desain sebelumnya.

Tujuan lain dari desain Mazda3 terbaru ini adalah memberikan model hatchback sentuhan desain yang lebih emosional. Sementara pada model sedan, bertujuan untuk menghasilkan proporsi yang lebih elegan. Meski saling berbagi nama sebagai Mazda3, namun kedua model menawarkan kepribadian yang berbeda.

Mazda3 yang dipasarkan di Indonesia menggendong mesin bensin Sky Activ-G berkapasitas 2,0 liter terbaru yang telah mendapatkan pengembangan teknologi. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan performa tinggi, efisiensi bahan bakar dan ramahan lingkungan. Tenaga mesin disalurkan ke roda melalu transmisi otomatis 6-speed Sky Activ -Drive.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Singkirkan Duo Sedan Toyota, Mazda3 Jadi Mobil Terbaik di Thailand

Previous post
Resmi, Penggunaan Skuter Listrik di Jalan Raya Dilarang Polisi
Pameran Otomotif GAIKINDO
Next post
Terungkap! Ini Alasan Daihatsu Menyasar Kaum Milenial