Home » Berita » Keren! Mazda3 Jadi Pemenang Women World Car of the Year Awards 2019

Keren! Mazda3 Jadi Pemenang Women World Car of the Year Awards 2019

All New Mazda3 (Carmudi/Fransiscus Rosano)
All New Mazda3. (Foto: Carmudi/Fransiscus Rosano)

Dubai Mazda3 dinobatkan sebagai pemenang utama dalam ajang Women World Car of the Year Awards 2019. Pengumuman pemenang dilakukan belum lama ini bersamaan dengan Dubai International Motor Show. Setidaknya ada 41 juri dari 34 negara yang dilibatkan dalam ajang tahunan ini.

Selain meraih penghargaan utama, Mazda 3 juga berhasil memperoleh penghargaan pada kategori Family. Mobil asal Jepang itu berhasil mengalahkan para pesaing terberatnya seperti Toyota Corolla dan BMW 3 Series.

Merek mobil lain yang juga turut mendapatkan penghargaan di ajang Women World Car of the Year Awards 2019 yaitu Kia XCeed berhasil memenangkan kategori urban, mengalahkan Renault Clio dan Skoda Scala. Kategori Green dimenangkan oleh Kia Soul EV, menyingkirkan dua pesaing terberatnya yaitu Audi e-tron dan Tesla Model3. Berikutnya BMW 8 Series mendapat penghargaan Women World Car of the Year Awards kategori Luxury mengalahkan Porsche Cayenne Coupe dan BMW X7. Kategori Performance diraih oleh Porsche 911 setelah menyingkirkan Mercedes-Benz AMG A35/45 dan Toyota GR Supra.

Kemudian kategori terakhir yaitu Sport Utility Vehicle (SUV) dan Crossover yang dimenangkan oleh Range Rover Evoque setelah mengalahkan Citroen C5 Aircross dan Lexus UX. Demikian seperti dilansir Autocar India.

Dalam melakukan penilaian, semua juri menilai mobil yang biasanya dibeli oleh kaum perempuan. Selain itu juri juga mengacu pada sejumlah kriteria dan parameter yang sudah ditentukan sebelumnya. Mulai dari aspek keselamatan, value-for-money, penampilan estetika, ruang penyimpanan, ramah terhadap penumpang anak-anak, kemudahan mengemudi, warna, sex appeal, dan sebagainya. Women World Car of the Year Awards diadakan pertama kali pada 2009 dan terus berkembang setiap tahunnya.

Kia Soul EV (Foto: Autocar India)

Pemenang utama Women World Car of the Year Awards tahun lalu adalah Volvo XC40, Hyundai Ioniq pada 2017, Jaguar F-Pace pada 2016, Volvo XC90 pada 2015, Mercedes-Benz S-class pada 2014 dan Ford Fiesta EcoBoost di 2013.

Mazda3 Dipasarkan di Indonesia

Mazda3 merupakan produk global yang dipasarkan di banyak negara termasuk Indonesia. Mazda3 dengan tampilan baru resmi masuk Indonesia pada Juli 2019 bersamaan dengan GAIKINDO Indonesia International Auto Show (GIIAS).

PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Mazda di Indonesia menawarkan dua tipe Mazda3 yaitu sedan dan hatchback. All New Mazda3 sedan dan hatchback telah mendapatkan perubahan total, baik dari sisi tampilan, performa maupun pengendaraannya. Bicara soal harga, tak heran jika pendatang baru tersebut dibanderol dengan harga cukup tinggi, hingga tembus setengah miliar.

Tingginya harga jual Mazda3 baru ini dipengaruhi oleh banyak hal, selain tampangnya yang sudah berubah total dibanding model terdahulu, mobil ini dikenakan pajak impor cukup tinggi karena dibawa secara utuh atau Completely Built Up (CBU) langsung dari Jepang.

desain mazda3
Mazda3 (Foto: Santo/carmudi)

Pada saat peluncuran EMI meniagakan Mazda3 versi sedan dengan harga Rp538,8 juta, sementara Mazda3 hatchback berbanderol Rp489,8 juta.

Mazda3 yang dipasarkan di Indonesia menggendong mesin bensin Sky Activ-G berkapasitas 2,0 liter terbaru yang telah mendapatkan pengembangan teknologi. Mesin ini diklaim mampu menghasilkan performa tinggi, efisiensi bahan bakar dan ramah lingkungan. Tenaga mesin disalurkan ke roda melalui transmisi otomatis 6-speed Sky Activ -Drive.

 

Penulis: Santo Sirait

Editor: Dimas

Baca Juga:

Setelah Meluncur di Thailand, Mazda CX-8 Dipastikan Mendarat di Indonesia

Previous post
DFSK Gelar Glory Day di Lampung, Pererat Pelanggan Glory 580 dan Glory 560
booth Hyundai Giiias 2019-Rizen
Next post
Keputusan Hyundai Bangun Pabrik Mobil Listrik di Indonesia Segera Diumumkan